fbpx

4 Tools Populer Untuk Pengembangan Aplikasi Multiplatform

February 25, 2020 by markbro0
multiplatform-device-1200x801.jpg

Dewasa ini banyak aplikasi yang dikembangkan dengan satu alat pengembangan namun dapat dibuat untuk multiplatform. Tentunya hal ini menjadi suatu yang sangat berguna bagi Developer membuat aplikasi android, ios, maupun hybrid dengan menggunakan baris kode yang sama. Berikut tools pengembangan yang banyak digunakan Developer untuk mengembangkan aplikasi multiplatform.

Adobe PhoneGap

Adobe PhoneGap merupakan tools development yang dimiliki oleh perusahaan pengembangan software multimedia, Adobe. Awalnya PhoneGap dikembangkan oleh Nitobi pada 2009 namun beberapa waktu kemudian Adobe mengakuisisi produk tersebut.

Dengan menggunakan PhoneGap ini Developer dapat membuat program dengan HTML, JavaScript, dan CSS. Selain itu tool ini juga memberi akses ke semua API perangkat asli seperti kamera, GPS, accelerometer, dan lainnya. Berikut platform yang bisa dibuat dan dikembangkan dengan Adobe PhoneGap :

  • Android
  • iOS
  • Windows phone
  • Symbian
  • WebOS, dan masih banyak lagi

Apache Cordova

Apache Software Foundation yang telah mempunyai kode sumber PhoneGap dari Nitobi menggunakan nama “Apache Cordova” ini untuk menggantikan nama tool yang telah diakuisisi Adobe. Cordova sendiri merupakan nama wilayah kantor Nitobi sendiri.

Apache Cordova ini banyak membantu Developer untuk mengembangkan aplikasi yang dapat belajar di platform Android, Bada, Blackberry, FirefoxOS, iOS, Mac OS X, Qt, Tizen, Ubuntu, WebOS, Windows (desktop), Windows phone, dan Browser.

Xamarin

Untuk Anda yang menggunakan bahasa pemrograman C#, ada baiknya mencoba untuk membuat aplikasi multiplatform. Semenjak diakuisisi oleh Microsoft, Xamarin terintegrasi dengan Visual Studio ( IDE dari Microsoft ). Beberapa fitur yang dimiliki seperti akses ke API asli, kemampuan untuk menambah komponen secara langsung dari interface dan lain-lain.

Dengan menggunakan Xamarin ini, developer dapat mengembangkan aplikasi untuk platform Windows, Android, iOS, Mac OS X, dan masih banyak lagi.

NativeScript

NativeScript dikembangkan oleh Telerik. Rencananya Telerik akan mengembangkan NativeScript agar dapat membuat aplikasi di platform Windows Phone juga.

Dengan NativeScript, Anda dapat membangun aplikasi mobile untuk Android dan iOS menggunakan JavaScript, Angular, atau TypeScript. NativeScript juga terintegrasi dengan Vue JS dan mendukung ratusan plugin untuk fungsionalitas yang lebih baik.

markbro


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi Kami


Call us

081231133033


Visit us anytime

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim Email

hai.markbro@gmail.com



About us

Markbro adalah jasa pelayanan design, video, pengelolaan Media sosial dan pembuatan website.


Subscribe


Sign up untuk dapatkan info dari Markbro.




    Social networks


    Facebook

    www.facebook.com/haimarkbro


    Twitter

    #Haimarkbro


    Instagram

    www.instagram.com/haimarkbro



    Hubungi kami


    Telpon Kami

    081231133033


    Kunjungi kami

    Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


    Kirim kami Email

    Hai.markbro@gmail.com



    Instagram Feed




    Subscribe


    Sign up untuk mendapatkan info dari MarkBro.




      Social networks


      Facebook

      www.facebook.com/hai.markbro


      Twitter

      #markbro


      Instagram

      www.instagram.com/haimarkbro