fbpx

6 Bahasa Pemrograman Populer Beserta Fungsinya

February 5, 2020 by markbro0
bahasa-pemrograman-1200x800.jpg

Sebagai Web Developer tentu tidak lepas dengan kegiatan coding sehingga tidak heran apabila seseorang yang berprofesi sebagai web developer harus mahir terhadap berbagai macam bahasa pemrograman. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasannya berikut.

Javascript

Javascipt

Bahasa pemrograman Javascript sudah ada sejak tahun 1994 yang dikembangkan oleh Brendan Eich. Bahasa pemrograman ini termasuk bahasa pemrograman tingkat tinggi dimana syntak nya mudah dipahami oleh pengguna. Dengan Javascript ini, Developer mampu mengembangkan website yang menarik dan interaktif. Selain digunakan sebagai client-side, Javascript juga dapat diimplementasi di sisi server ( server-side ).

Python

Mengenal Bahasa Pemrograman Python - Immersa Lab

Python merupakan bahasa pemrograman yang bisa digunakan banyak hal mulai dari web development, desktop application, game, bahkan beberapa tahun belakangan ini Python mampu menarik perhatian ruang coding IOT. Bahasa pemrograman ini dikenal banyak developer sebagai bahasa dengan syntak atau penulisannya yang mudah dibaca karena setiap kodenya mendekati bahasa manusia.

Java

Java merupakan bahasa yang dibuat oleh James Gosling pada tahun 1995. Bahasa pemrograman ini dikenal dengan syntak nya yang kompleks dan kental akan konsep OOP ( object – oriented programming ) walaupun bahasa pemrograman lainnya juga mendukung konsep ini. Selain untuk web development, Java juga dapat digunakan untuk membuat program berbasis android.

PHP

PHP termasuk ke dalam bahasa scripting yang berarti kode atau sintaks nya dapat disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak digunakan untuk website dinamis dan bahkan membangun cms seperti WordPress, Drupal, dan lainnya. Saat ini PHP juga memiliki banyak framework sehingga mempermudah Web Developer dalam membuat aplikasi web.

C++

Aprende Programación en C++ - YouTube

Bahasa pemrograman ini dibuat oleh Bjarne Stroustrup sebagai pengembangan lanjutan dari bahasa pendahulunya yakni bahasa C, jadi sintaks yang dimiliki tentu tidak jauh dengannya. C++ sudah akrab di mata para Game Developer mulai dari Nintendo, Playstation, dan konsol lainnya. Walaupun seringkali digunakan untuk pengembangan game, C++ bisa digunakan untuk keperluan lainnya seperti desktop GUI, embedded system, bahkan mobile sekaligus.

Ruby

Ruby pertama kali dibuat oleh programmer Jepang bernama Yukihiro Matsumoto pada tahun 1993 yang merupakan bahasa pemrograman dinamis berbasis script. Meskipun tergolong sebagai bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari, bahasa pemrograman ini memiliki fungsi yang sangat luar biasa diantaranya yaitu dapat digunakan untuk membangun Desktop GUI atau Graphic User Interfaces, membuat aplikasi web, dan mengembangkan web itu sendiri.

markbro


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi Kami


Call us

081231133033


Visit us anytime

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim Email

hai.markbro@gmail.com



About us

Markbro adalah jasa pelayanan design, video, pengelolaan Media sosial dan pembuatan website.


Subscribe


Sign up untuk dapatkan info dari Markbro.




    Social networks


    Facebook

    www.facebook.com/haimarkbro


    Twitter

    #Haimarkbro


    Instagram

    www.instagram.com/haimarkbro



    Hubungi kami


    Telpon Kami

    081231133033


    Kunjungi kami

    Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


    Kirim kami Email

    Hai.markbro@gmail.com



    Instagram Feed




    Subscribe


    Sign up untuk mendapatkan info dari MarkBro.




      Social networks


      Facebook

      www.facebook.com/hai.markbro


      Twitter

      #markbro


      Instagram

      www.instagram.com/haimarkbro