fbpx

Beberapa Tips Beriklan di Sosial Media

December 5, 2020 by admin0
3081627-1200x800.jpg

Dalam dekade terakhir ini, dunia secara global sudah menunjukkan pergeseran paradigma ke digital. Semakin banyak orang mengkonsumsi semua jenis informasi lewat online. Melihat perkembangan internet dan teknologi yang semakin hari semakin canggih dan semua serba digital membuat digital marketing menjadi salah satu peranan yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, hal ini menjadikan pemasaran secara digital adalah cara yang terbaik untuk menjangkau pelanggan yang ditargetkan.
Ketika Internet menjadi terjalin dengan semua yang kita lakukan, pentingnya pemasaran digital menjadi sangat jelas. Digital marketing juga menjadi salah satu strategi yang paling banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan dalam melakukan promosi di zaman sekarang ini. Ditambah lagi dengan banyaknya fitur, cara yang dibagikan secara online membuat para perusahaan berbondong bondong untuk menggunakan digital advertising.

Maka dari itu, mari kita cari tahu juga yuk tips untuk beriklan di sosial media yang bisa kamu terapkan untuk usaha kamu!

Baca Juga : Alasan Pentingnya Beriklan di Sosial Media Untuk Bisnis OnlineCara Jitu Meningkatkan Traffic Website Kamu

Mengenali Objektif Bisnis

Perusahaan akan kesulitan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai jika tidak tahu apa tujuan kita sebenarnya. Memahami tujuan bisnis sangatlah penting. Ini memastikan kita untuk memilih metode, strategi dan platform yang tepat untuk beriklan.

Tentukan target bisnis

Setelah mengenali objektif dari perusahaan kita, kita juga harus memiliki target dari bisnis kita, mau itu target market ataupun tujuan dari bisnis kita sendiri agar marketing perusahaan dapat dicapai.

Dengan menentukan target market yang sesuai, maka kita dapat membuat segmentasi yang baik mengenai produk atau jasa yang akan kita tawarkan. Perusahaan bisa dengan efektif mencari tahu karakter target bisnis kita, decision making mereka dan juga platform iklan di sosial media mana yang cocok dengan target kita. Hal-hal ini dianggap krusial agar terjadi penyampaian iklan yang baik kepada calon pembeli.

Sesuaikan Tema dan Konsep

Setelah mengumpulkan berbagai data dan melakukan research and development, perusahaan akan lebih mudah untuk mengusung tema mana yang ingin digunakan untuk mengiklankan perusahaan kita dan juga platform sosial media mana yang cocok sesuai target market kita.

Cek ulang lagi tema yang akan digunakan karena itu lah yang membangun citra perusahaan dan diskusikan kembali setiap ide dan konsep agar matang dan dapat dieksekusi dengan baik pada akhirnya kepada calon konsumen.

Sesuaikan Tema dan Konsep

Setelah mengumpulkan berbagai data dan melakukan research and development, perusahaan akan lebih mudah untuk mengusung tema mana yang ingin digunakan untuk mengiklankan perusahaan kita dan juga platform sosial media mana yang cocok sesuai target market kita.

Cek ulang lagi tema yang akan digunakan karena itu lah yang membangun citra perusahaan dan diskusikan kembali setiap ide dan konsep agar matang dan dapat dieksekusi dengan baik pada akhirnya kepada calon konsumen.

Pilih Media

Setelah mengetahui tema dan juga konsep apa yang cocok dengan audiens kita, saatnya untuk menyesuaikan sosial media mana yang akan kita gunakan untuk membagikan konten dan desain kita. Hal ini sangatlah penting, sosial media sendiri juga memiliki beberapa perbedaan yang balik lagi akan dieksekusi sebaik apa bagi perusahaan yang menggunakannya.

Dengan mengetahui dan menyesuaikan hal-hal ini, proses penyusunan konten iklan media sosial akan lebih efektif dan sesuai dengan media pilihan perusahaan.

Walaupun semua sosial media zaman ini sudah menawarkan berbagai opsi iklan, namun bukan berarti kita harus memakainya agar banyak menjaring audiens. Jangan lupa kita perlu untuk menganalisis berbagai macam faktor seperti tujuan, konten, dan audiens yang jelas untuk mencari tahu mana yang terbaik untuk bisnis kita. Carilah platform yang sesuai dengan target market agar tidak membuang budget iklan perusahaan.

Berikut ada dua sosial media populer yang bisa kamu jadikan acuan untuk bisnis kamu:

Facebook
Yang pertama adalah Facebook. Demografi Facebook mencakup wilayah terluas dari jaringan mana pun di luar sana dan ini belum mengalami perubahan yang luar biasa dari tahun ke tahun. Banyak merek besar yang menemukan setidaknya beberapa segmen audiens mereka di Facebook dan menjadi langganan Facebook ads dari lama.

Dengan Facebook Ads, kita bisa menjangkau banyak orang yang sesuai dengan target market yang kita miliki. Hal ini disebabkan karena berdasarkan data statistik, Facebook menunjukkan bahwa setidaknya ada 2 miliar orang di seluruh dunia menggunakan Facebook setiap bulannya loh. Sehingga bisa kita katakan kalau Facebook Ads ini mempunyai akses ke pasar yang sangat besar.

Facebook juga memiliki banyak opsi untuk tujuan, set iklan, dan iklan. Bisnis kita akan memiliki banyak kombinasi untuk diuji dan banyak cara untuk melihat opsi iklan yang tersedia.

Nah, berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki Facebook Ads yang bisa kamu pertimbangkan untuk bisnis kamu:

  • Harganya terjangkau
    Facebook menawarkan harga advertisment yang cukup terjangkau, Facebook menawarkan biaya sebesar $0,5 – $1.
  • Jumlah penggunanya terus meningkat
    Jumlah pengguna Facebook tidak pernah berkurang. Justru semakin bertambah dari tahun ke tahun.
  • Menjangkau lokal dan Internasional
    Facebook menyediakan pengaturan iklan berdasarkan target wilayah tertentu. Jika kita memiliki usaha di satu daerah tertentu, kita bisa menggunakan Facebook Ads untuk menayangkan iklan khusus untuk pengguna Facebook yang berada di wilayah daerah kita atau sekitarnya.
  • Efek berantai
    Saat seseorang melihat iklan bisnis kamu dan memberikan LIKE pada fanspage, maka tindakan tersebut membuat semua teman Facebook-nya akan melihat iklan dari fanpage tersebut. Hal ini seringkali disebut dengan efek berantai yang akan menarik calon pembeli lain dan menguntungkan untuk promosi panjang.

Kita bisa memilih Facebook sebagai platform sosial media kita, dengan melihat statistik penggunanya. Karena walaupun Facebook sangatlah bagus untuk digunakan sebagai media iklan digital, tapi kembali lagi apakah hal ini akan cocok diterapkan ke dalam bisnis yang kamu punya atau tidak.

Instagram
Selain Facebook, kita juga bisa memilih Instagram sebagai platform iklan kita. Instagram ini mengutamakan tampilan visual serta fitur-fitur yang mampu menghasilkan user engagement tinggi yang membuat Instagram sudah sangat layak digunakan sebagai alat advertisement.

Instagram sendiri juga menyediakan layanan Instagram Ads. Banyak sekali bisnis yang menggunakan layanan ini seperti contohnya fashion, food and beverage industry sampai entertainment. Pihak Instagram sendiri mengungkapkan bahwa Instagram Ads ini niscaya dapat membantu meningkatkan brand awareness suatu produk atau layanan yang perusahaan tawarkan.

Berikut adalah beberapa kelebihan dari Instagram Ads untuk bisnis kamu:

  • Mudah Digunakan
    Di Instagram, hanya dalam beberapa tap, kita dapat mengatur iklan kita dengan baik dengan posting atau instagram stories yang ada. Jika kamu tidak menginginkan banyak data rumit dan hanya menginginkan gambaran besar dengan interface yang mudah, Instagram adalah platform manajemen iklan terbaik untuk perusahaan kamu nih.
  • Konten Visual
    Jika perusahaan kita cenderung untuk menggunakan konten visual yang kuat untuk diiklankan, maka Instagram akan menjadi pilihan media iklan yang baik.
  • Targeting iklan yang spesifik
    Saat kita membuat iklan menggunakan Instagram Ads, kita dapat menentukan jangkauan viewers yang diinginkan. Kita juga bisa menetapkan beberapa faktor seperti usia, lokasi, jenis kelamin, maupun hobi viewers yang nantinya akan melihat iklan kita. Ini akan membuat iklan kamu menargetkan secara spesifik.
  • Fitur yang cocok
    Instagram memiliki fitur hashtag dan suggestion for you, yang mana kedua fitur tersebut bisa membantu bisnis kita untuk memperluas jangkauan.

Nah, itu adalah berbagai kelebihan yang bisa kamu jadikan acuan untuk bisnis kamu. Di bawah ini adalah contoh dari statistik Instagram yang bisa kamu uji ulang apakah cocok dan sesuai dengan konsep perusahaan kamu dan target market perusahaan kamu. Menurut data yang dilansir dari HootSuite, jika target audience kamu adalah wanita dengan umur dari 35 tahun sampai 54 tahun, maka Instagram akan sangat cocok untuk kamu. Pengguna di Instagram juga cukup rata antara perempuan dan laki laki yang bisa banget buat kamu untuk memasarkan produk apa saja ke market ini. Terlebih jika produk kamu adalah produk unisex.

Keberhasilan iklan media sosial ini juga pencampuran dari perencanaan dan juga analisis. Strategi yang perusahaan kita gunakan setahun lalu mungkin tidak berfungsi dengan baik sekarang dan hal yang sama berlaku untuk masa depan. Selain itu, jaringan terus menyesuaikan algoritma dan fitur iklan mereka. Kembali lagi, kita harus dengan cermat memanfaatkan berbagai fitur yang sosial media sediakan agar efektif.

Buat Konten yang Menarik

Selain memilih media kita, maka saatnya kita untuk memilih konten iklan yang dapat menarik perhatian audiens kita. Pastikan juga sosial media kita dapat engage audiens kita dengan baik agar menjadi interaktif dengan kita, seperti contohnya mereka dapat gabung ke dalam topik yang bisnis kita bawakan. Buatlah konten yang ringkas dan memiliki emotional attachment bagi calon pembeli kita.

Fokuskan konten kita terhadap manfaat atau solusi yang dapat membantu konsumen. Agar audiens ingin mencari tahu lebih lanjut tentang produk atau jasa kita.

Selain membuat konten yang menarik, kita juga harus membuat caption dan deskripsi yang selaras dengan konten, copy, dan visual iklan media sosial kita. Usahakan caption yang kita sampaikan ini jelas, ringkas, dan sampai ke calon pembeli kita.

Jangan membuat deskripsi yang terlalu panjang dan bertele-tele karena hal ini akan membuat mereka malas membaca dan kehilangan excitement.

Ukur Perkembangan Hasil

Setelah semua hal dengan baik kita lakukan, hal yang sangat penting untuk kita lakukan selanjutnya adalah mengukur hasil kita. Hal ini akan membantu kita dan memberitahu apakah bisnis kita telah mencapai target atau belum. Hal ini bisa menjadi salah satu feedback untuk perusahaan, yang menunjukkan kepada kita apa yang berhasil dan apa yang tidak sehingga kita dapat meningkatkan ke depan.

Mengukur hasil dari platform yang kita pakai dan memiliki data konkret tentang hal ini adalah bagian penting dari membuktikan ROI (Return of Investment).

Nah, berikut sudah rangkum mengenai berbagai tips untuk berikla di sosial media.Semoga informasi diatas dapat berguna untuk kamu yang sedang ingin menggunakan sosial media sebagai sarana advertising kamu maupun yang sudah lama bergelut di iklan lewat sosial media.

Jangan pernah takut untuk mencoba ya teman-teman Bro! Bisa kamu gunakan tips diatas untuk meningkatkan bisnis kamu juga loh!

Baca Juga : Tren Marketing di 2021 Yang Harus Kamu Tahu

 

Jika anda ingin memulai bisnis dan memerlukan strategi ampuh dalam meningkatkan omset maupun penjualan. Silahkan kunjungi MARKBro dapatkan strategi marketing yang dapat mendongkrak bisnis anda sekarang.

Silahkan kunjungi MARKBro untuk mendapatkan desain yang membuat penjualan meningkat untuk bisnis anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi Kami


Call us

081231133033


Visit us anytime

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim Email

hai.markbro@gmail.com



About us

Markbro adalah jasa pelayanan design, video, pengelolaan Media sosial dan pembuatan website.


Subscribe


Sign up untuk dapatkan info dari Markbro.




Social networks


Facebook

www.facebook.com/haimarkbro


Twitter

#Haimarkbro


Instagram

www.instagram.com/haimarkbro



Hubungi kami


Telpon Kami

081231133033


Kunjungi kami

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim kami Email

Hai.markbro@gmail.com



Instagram Feed




Subscribe


Sign up untuk mendapatkan info dari MarkBro.




Social networks


Facebook

www.facebook.com/hai.markbro


Twitter

#markbro


Instagram

www.instagram.com/haimarkbro