fbpx

Berikut Adalah Fungsi Iklan Dalam Bisnis dan Marketing!

December 1, 2021 by admin
kaleidico-26MJGnCM0Wc-unsplash-1200x800.jpg

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah iklan. Iklan adalah bentuk promosi yang dapat ditemukan di mana saja. Dalam pemasaran fungsi iklan adalah alat penting untuk mempromosikan sebuah produk. Dewasa ini, dunia periklanan semakin berkembang pesat begitu juga dengan beragam strateginya.

Sadar atau tidak, iklan selalu ada di tengah-tengah kehidupan masyarakat, meskipun banyak orang yang mungkin tidak menyadarinya. Saat ini, periklanan memaksimalkan setiap media yang memungkinkan untuk menyampaikan pesannya. Maka tidak heran, apabila fungsi iklan adalah bagian yang sudah pasti tidak terlepaskan dalam pemasaran.

Iklan biasanya mengandung kalimat yang bersifat persuasif. Kalimat ajakan ditujukan bagi Anda dan masyarakat lainnya agar berkeinginan dan bersedia membeli produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh media iklan. Pada dasarnya iklan bisa muncul dimana saja baik di media cetak maupun di media elektronik. Bagaimanapun bentuknya tetap saja sebuah iklan memiliki fungsi utama yaitu membantu sebuah perusahaan untuk meningkatkan penghasilan. Tentunya penghasilan bisa dicapai melalui adanya minat konsumen untuk melakukan pembelian produk yang diiklankan.

Berikut adalah fungsi iklan :

1. Mempromosikan produk

Salah satu fungsi iklan adalah untuk mempromosikan produk. Pembuatan iklan produk adalah langkah pertama yang penting dalam siklus hidup produk. Iklan berfungsi sebagai pengantar produk untuk para calon konsumennya. Iklan juga bisa menjadi cara yang bagus untuk memperkenalkan nama perusahaan atau merk ke audiens.

2. Memberi informasi

Selanjutnya, fungsi iklan adalah sebagi sumber informasi. Maksudnya, iklan membuat konsumen sadar akan merek atau produk baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat produk, serta memfasilitasi penciptaan citra merek yang positif. Iklan juga memfasilitasi pengenalan produk baru.

3. Membujuk audiens

Kemudian, fungsi iklan adalah sarana untuk membujuk audiens. Salah satu ciri iklan adalah adanya pesan persuasif. Mengingat, tujuan utama iklan adalah membujuk pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan.

4. Pengingat

Jika target pelanggan sudah memiliki sikap positif terhadap produk atau layanan perusahaan, maka tujuan pengingat mungkin diperlukan. Tujuan reminder diperlukan karena pelanggan yang puas dapat menjadi target daya tarik pesaing. Merek yang sudah mapan perlu mengingatkan pelanggan tentang kehadiran mereka di pasar. Misalnya, kampanye ‘Raymond – the complete man’ dirancang untuk mengingatkan pelanggan.

5. Perluasan Pasar

Iklan yang sukses menghasilkan perluasan pasar. Seorang pemasar dapat bermaksud untuk memperluas pasar dari tingkat lokal ke tingkat regional, dari tingkat daerah ke tingkat nasional, dan dari tingkat nasional ke tingkat internasional. Untuk tujuan ini, pemasar dapat melakukan berbagai teknik promosi.

 

Baca juga : Beberapa Faktor Penyebab Bayi Sungsang,Bunda Wajib Tahu!



Hubungi Kami


Call us

081231133033


Visit us anytime

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim Email

hai.markbro@gmail.com



About us

Markbro adalah jasa pelayanan design, video, pengelolaan Media sosial dan pembuatan website.


Subscribe


Sign up untuk dapatkan info dari Markbro.




    Social networks


    Facebook

    www.facebook.com/haimarkbro


    Twitter

    #Haimarkbro


    Instagram

    www.instagram.com/haimarkbro



    Hubungi kami


    Telpon Kami

    081231133033


    Kunjungi kami

    Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


    Kirim kami Email

    Hai.markbro@gmail.com



    Instagram Feed




    Subscribe


    Sign up untuk mendapatkan info dari MarkBro.




      Social networks


      Facebook

      www.facebook.com/hai.markbro


      Twitter

      #markbro


      Instagram

      www.instagram.com/haimarkbro