fbpx

Cara Membangun Strategi Konten Marketing Untuk Bisnis Kamu

December 8, 2020 by admin0
3704081-1200x1200.jpg

Berbicara mengenai kegiatan pemasaran, konten marketing menjadi salah satu faktor keberhasilan sebuah kampanye pemasaran. Tidak hanya asal dibuat, konten marketing membutuhkan perencanaan yang matang. Sehingga konten yang dibuat dapat memberikan hasil yang sesuai dengan tujuan. Oleh karena itu, kita membutuhkan strategi konten marketing untuk mengembangkan bisnismu lebih luas lagi.
Mungkin kamu yang ketinggalan event MarketingFest atau mungkin banyak dari kamu yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai strategi konten marketing. Pas banget nih! Artikel kali ini akan membahas mengenai 8 cara membangun strategi konten marketing untuk bisnis kamu.

Yuk simak penjelasannya bersama pada artikel di bawah ini! Jangan sampai di skip ya,Bro!

Baca Juga : Beberapa Tips Beriklan di Sosial Media

Tentukan Audiens

Hal pertama dan paling penting dalam membuat strategi konten marketing yang perlu kamu lakukan yaitu mengetahui target audiens. Kalau kamu tidak tahu audiens mana yang ingin ditargetkan, maka konten kamu tidak akan tersampaikan dengan baik ke mereka, lho!

Setiap produk atau layanan pasti memiliki target audiens yang berbeda. Ketahui target mulai dari usia, jenis kelamin, status pekerjaan, kebutuhan, minat, dan lainnya. Setelah itu, lakukan riset atau survei mengenai kebutuhan yang mereka hadapi. Lalu kamu bisa membuat konten marketing untuk memberikan solusi atau jawaban terkait kebutuhan mereka.

Tentukan Topik

Nah, setelah mengenal audiens kamu dengan baik, langkah selanjutnya yaitu menentukan topik konten. Pastikan topik yang kamu ambil didasarkan pada user persona yang kamu miliki. User persona ini merupakan gambaran seperti apa target audiens kamu, apa yang mereka butuhkan, apa yang mereka sukai, bagaimana perilaku mereka, dan lainnya.

Ada beberapa hal yang bisa kamu gunakan sebagai sumber konten kamu. Misalnya dengan memanfaatkan customer feedback sebagai sumber informasi mengenai apa yang mereka inginkan terhadap brand. Kamu juga bisa memperbarui konten yang sudah ada dan memperbaruinya agar lebih relate dengan isu saat ini.

Tentukan Posisi Konten Marketing Dalam Customer Journey

Strategi konten marketing selanjutnya adalah mengetahui dimana posisi brand bagi pelanggan. Setiap tahapan yang berbeda pada customer journey, maka cara mengeksekusikan konten marketing juga berbeda, guys.

Tapi, kamu bisa juga lho membuat konten yang mencakup keempat tahapan customer journey tersebut. Misalnya pada paragraf awal kamu bisa membahas mengenai isu yang terjadi, lalu apa yang mereka perlukan untuk mengatasi hal tersebut. Setelah itu mengkaitkan dengan produk kamu sebagai solusi serta keuntungan yang didapatkan. Lalu, tambahkan Call to Action (CTA) yang mengarahkan mereka untuk melakukan konversi pada tahap akhir.

Walaupun tidak langsung menghasilkan konversi, konten marketing ini akan teringat di pikiran mereka. Sehingga ketika mereka mengalami isu yang sama seperti pada konten di masa depan, mereka akan mengingat brand kamu untuk menjawab permasalahan mereka.

Terdapat 4 tahapan dalam customer journey yaitu online influence, discover, consider, dan decide.

  • Online Influence
    Online Influence merupakan tahap pertama dimana kamu bisa memberikan narasi kepada pelanggan potensial melalui review, komentar, blog, atau forum. Tahap ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness di masyarakat atau bahkan membuat pelanggan melakukan pertimbangan untuk membeli produk.
  • Discover
    Discover merupakan tahapan selanjutnya dalam customer journey. Tahap ini bisa kita lakukan untuk mengedukasi pengguna mengenai solusi untuk permasalahan mereka, apa yang bisa diberikan produk kamu, alasan mereka harus membeli produk seperti itu, dan lainnya.
  • Consider
    Tahap ini merupakan tahap dimana produk kamu sudah masuk ke pertimbangan pelanggan dalam menjawab solusi mereka. Pada tahap ini, kamu bisa memberikan alasan yang kuat mereka harus membeli produk kamu sekarang juga. Berikan solusi kepada pelanggan mengenai apa yang harus dibeli, kapan harus membeli, dimana mereka bisa membeli produk kamu, dan lainnya.
  • Decide
    Tahap decide merupakan tahapan akhir dimana pelanggan sudah menaruh kepercayaan kepada brand kamu. Pelanggan sudah yakin untuk memilih brand kamu sebagai solusi permasalahan mereka. Mereka yakin brand kamu mampu memenuhi ekspektasi mereka. Dan berakhir dengan mereka melakukan konversi.

Buat Jadwal

Jadwal merupakan hal wajib dalam perencanaan strategi konten marketing, nih! Kamu bisa merencanakan timeline campaign agar tidak bentrok satu sama lain. Misalnya membuat jadwal bulanan untuk konten yang ingin diunggah di media sosial, youtube, maupun blog. Lalu jika membayar iklan, maka buatlah jangka waktu iklan itu ingin ditayangkan, dan lainnya.
Kamu juga bisa membuat jadwal sebagai pengingat mengenai hari-hari besar, lho. Misalnya Harbolnas, 11.11, Promo Tahun Baru, dan lainnya. Dalam jadwal ini, cantumkan detail lengkap terkait konten mulai dari kategori konten yang dibuat, jenis konten, media yang akan digunakan, dan lainnya.

Publish Konten Berkualitas Secara Reguler

Percuma konten bagus tanpa adanya konsistensi di dalamnya! Kunci penting kesuksesan konten marketing yaitu konsistensi, guys! Percuma brand kamu bagus kalau update kontennya saja malas-malasan. Bulan ini aktif, bulan depan menghilang. Pelanggan akan ragu untuk menaruh kepercayaan kepada perusahaanmu.

Pastikan selalu aktif melakukan update sesuai jadwal. Jangan terlalu sedikit mengunggah konten, namun juga jangan terlalu banyak atau spamming. Buatlah jadwal yang ideal dan tentunya konten yang berkualitas.

Pantau Performance Konten Marketing

Faktor kunci selanjutnya yaitu memperhatikan benchmark dari konten yang kamu unggah. Dimana benchmark ini merupakan perbandingan yang dianggap sebagai tolak ukur keberhasilan sebuah konten.

Pantau performance konten marketing yang dibuat mulai dari jumlah viewers, jumlah klik, durasi orang tersebut berada di halaman, dan lainnya. Benchmark tiap media yang kamu gunakan pasti berbeda satu sama lain.

Gunakan Search Engine Optimization (SEO)

Sering terlupa atau dianggap remeh, SEO! Padahal SEO ini menjadi strategi konten marketing yang paling krusial lho. Jangan lupakan SEO dalam konten marketing yang kamu buat! Wajib banget diingat. SEO merupakan salah satu strategi marketing yang efektif, lho. SEO tidak hanya digunakan untuk blog saja, konten foto atau video kamu juga bisa menggunakan SEO.

Seperti itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun strategi konten marketing untuk bisnis kamu nih guys! Pastikan konten marketing yang akan diunggah telah melewati cara-cara diatas ya.

Baca Juga : Bisnis Yang Tidak Butuh Pemasaran

 

 

Jika anda ingin memulai bisnis dan memerlukan strategi ampuh dalam meningkatkan omset maupun penjualan. Silahkan kunjungi MARKBro dapatkan strategi marketing yang dapat mendongkrak bisnis anda sekarang.

Silahkan kunjungi MARKBro untuk mendapatkan desain yang membuat penjualan meningkat untuk bisnis anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi Kami


Call us

081231133033


Visit us anytime

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim Email

hai.markbro@gmail.com



About us

Markbro adalah jasa pelayanan design, video, pengelolaan Media sosial dan pembuatan website.


Subscribe


Sign up untuk dapatkan info dari Markbro.




    Social networks


    Facebook

    www.facebook.com/haimarkbro


    Twitter

    #Haimarkbro


    Instagram

    www.instagram.com/haimarkbro



    Hubungi kami


    Telpon Kami

    081231133033


    Kunjungi kami

    Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


    Kirim kami Email

    Hai.markbro@gmail.com



    Instagram Feed




    Subscribe


    Sign up untuk mendapatkan info dari MarkBro.




      Social networks


      Facebook

      www.facebook.com/hai.markbro


      Twitter

      #markbro


      Instagram

      www.instagram.com/haimarkbro