fbpx

Inilah 5 Cara Agar Efisien Dalam Berbisnis

January 20, 2020 by markbro0
10-29-47-tips-bisnis-modal-kecil-1200x800-1200x800.jpeg

Tentunya Anda ingin bisnis yang dikelola mencapai suatu target kesuksesan yang dituju, maka diperlukanlah sebuah perencanaan baik berupa cara, strategi, maupun lainnya. Perencanaan bisnis yang baik tentu saja akan membuat bisnis Anda lebih efektif serta efisien dibandingkan dengan pesaing Anda.

Lalu, bagaimana membuat suatu cara maupun strategi untuk meningkatkan efisiensi bisnis perusahaan? berikut 5 cara yang perlu Anda coba.

Mulai Dengan Identifikasi Masalah Dalam Bisnis

Untuk melakukannya, Anda dapat mencoba untuk menilai dan menganalisis penyebab apa saja yang membuat bisnis selama ini berjalan secara tidak efisien.

Anda juga dapat meminta bantuan dari siapapun yang terkait untuk memudahkan entah dalam hal biaya ataupun lainnya. Jika Anda sudah menemukan masalah yang membuat bisnis Anda berjalan kurang efisien, maka telusuri lah penyebab dari masalah tersebut. 

Setelah Anda tahu akar masalah inefisiensi tersebut, kini saatnya Anda memutuskan untuk melakukan perubahan pada sistem kerja perusahaan Anda.

Terapkan Demokratisasi Dalam Bisnis

Sebuah studi dari Aberdeen Group mengungkapkan bahwa sebuah organisasi perusahaan yang menggunakan sistem demokratisasi memiliki tingkat retensi pelanggan sebanyak 30% dan pendapatannya meningkat sekitar 55%.

Seperti hal nya itu, membuat strategi bisnis juga harus melibatkan semua pihak. Tidak ada salahnya bertanya kepada semua pihak yang terlibat. Bahkan masyarakat selaku konsumen pun perlu Anda dengarkan sarannya.

Manfaatkan Integrasi Digital

Perkembangan digital di dunia bisnis sudah semakin maju dan bermacam-macam. Untuk itu diperlukanlah integrasi digital. Melalui integrasi digital yang benar, harapannya akan meningkatkan efisiensi dengan berbagai macam cara.

Anda dapat menganalisis sistem atau keadaan perusahaan yang Anda rasa tidak efektif dan efisien dengan integritas digital. Selain Anda belajar sebuah sistem baru, Anda juga akan mendapat pengalaman baru tentang serunya belajar hal baru.

Ciptakan Hubungan Dengan Berkomunitas

Tujuan dari hal ini yakni menciptakan komunikasi antara perusahaan sebagai pembuat produk atau jasa dan konsumen sebagai pemakai produk atau jasa tersebut. 

Anda juga bisa langsung tahu apa kekurangan dari bisnis Anda dari konsumen Anda sendiri. Selain itu, konsumen akan merasa lebih dihargai ketika mendapat jawaban atau respon dari Anda atas pertanyaan mereka.

Akan tetapi, membangun komunitas seperti itu tidaklah mudah. Selain mencakup anggota di luar struktur bisnis Anda yakni diikuti oleh beberapa orang yang memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Namun dengan hal tersebut, beragam ide dan konsep bisa tercipta.

Siap Dengan Segala Risiko Kedepannya

Setiap usaha pasti memiliki risiko namun dengan adanya risiko, Anda dapat mendapat pengalaman agar bisa menghadapi segala kemungkinan yang terjadi kedepannya. 

Padahal, mengambil risiko merupakan bagian penting dalam menemukan inefisiensi. Anda tidak akan tahu bagian mana dari sistem kerja bisnis Anda yang tidak efektif jika Anda enggan untuk mengambil risiko.

Kesimpulan

Memang, bukan hal mudah untuk membuat bisnis Anda lebih efisien. Namun, akan lebih baik jika Anda perbaiki dari sekarang sebelum semuanya terlanjur berlarut-larut.

markbro


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi Kami


Call us

081231133033


Visit us anytime

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim Email

hai.markbro@gmail.com



About us

Markbro adalah jasa pelayanan design, video, pengelolaan Media sosial dan pembuatan website.


Subscribe


Sign up untuk dapatkan info dari Markbro.




    Social networks


    Facebook

    www.facebook.com/haimarkbro


    Twitter

    #Haimarkbro


    Instagram

    www.instagram.com/haimarkbro



    Hubungi kami


    Telpon Kami

    081231133033


    Kunjungi kami

    Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


    Kirim kami Email

    Hai.markbro@gmail.com



    Instagram Feed




    Subscribe


    Sign up untuk mendapatkan info dari MarkBro.




      Social networks


      Facebook

      www.facebook.com/hai.markbro


      Twitter

      #markbro


      Instagram

      www.instagram.com/haimarkbro