fbpx

Inilah 7 Langkah Efektif Setelah Menulis Artikel Blog

January 13, 2020 by markbro0
artikel-web.jpg

Apa yang Anda lakukan setelah Anda telah menulis artikel di blog? Content marketing bukan hanya tentang menulis artikel di blog dan mempublishnya saja.

Jika Anda menginginkan website atau blog Anda mendatangkan traffic secara instan dan mempunyai banyak pembaca dan dapat mengonversi leads, Anda harus melakukan lebih dari sekedar menulis artikel di blog. Setidaknya ada 7 hal yang bisa lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Berikan Link Dari Artikel Blog Yang Lama

Setelah artikel blog Anda sudah dipublishkan, ada hal yang perlu dilakukan, yakni memberikan link dari artikel lama kita menuju ke artikel yang baru. Setelah kita mempublish artikel blog secara otomatis akan mendapatkan url. Lalu edit artikel blog lama dan sematkan url tersebut dalam bentuk link. Usahakan artikel yang kita edit tersebut adalah artikel yang relevan dengan topik pada artikel blog yang baru.

Tujuan dari memberikan link ini adalah untuk memperkuat internal link. Karena internal link merupakan salah satu hal yang mempengaruhi SEO.

Menanggapi Komentar Bila Ada

Anda pun bisa membalas komentar pembaca Anda pada artikel tersebut setelah menulis artikel blog. Kolom komentar merupakan tempat yang bagus bagi Anda untuk berinteraksi dan menjawab pertanyaan audience Anda.

Usahakan untuk selalu merespon balasan komentar sebab jika komentar mereka tidak ditanggapi, mereka mungkin tidak akan memberikan komentar lagi dan bahkan dapat meninggalkan blog atau website Anda untuk menemukan jawaban mereka di tempat lain.

Hal tersebut bisa dilakukan jika terdapat satu atau lebih komentar yang muncul. Namun sangat sulit didapat dan bahkan dapat menghabiskan berbulan-bulan untuk sebuah artikel yang mendapat komentar.

Membagikan ke jejaring sosial utama kita

Anda pun perlu untuk membagikan artikel tersebut ke jejaring sosial utama yang kita gunakan. Semakin banyak kita mempunyai akun jejaring sosial maka akan semakin bagus hasilnya. Karena orang-orang yang terhubung dengan kita di jejerang sosial akan bisa melihat artikel itu secara langsung.

Anda bisa menggunakan beberapa media sosial seperti : Facebook, Instagram, Youtube, Linkedln, dan Twitter. Media sosial tersebut paling banyak digunakan saat ini.

Diskusikan Dalam Forum dan Group

Sebelum Anda mulai posting link blog Anda di forum, penting untuk aktif terlebih di forum tersebut sebelum memposting link tersebut.

Temukan beberapa forum yang relevan seperti Facebook Groups, WhatsApp Groups, dan forum lainnya dengan artikel atau bisnis Anda, lalu bergabung dalam pada diskusi tanpa posting link atau mempromosikan diri sendiri.

Setelah Anda telah aktif berkomentar pada forum, maka Anda dapat mulai berbagi link ke posting blog atau website Anda asalkan masih tetap berhubungan dengan pembahasan di forum tersebut.

Mention Blogger atau Sumber Lain Jika Menyebutnya

Apabila Anda menyebut, mengambil gambar ataupun video sebaiknya Anda perlu memberikan link menuju website atau videonya dan memberitahukan kalau kita sebut namanya.

Tujuannya agar menghargai karya mereka dan tidak menutup kemungkinan, jika Blogger atau Sumber lain menyebut Anda dan website Anda mendapatkan banyak audience.

Mulai Cari Program Periklanan

Mencari platform atau program periklanan penting dilakukan setelah blog mengalami perkembangan yang cukup baik, biasanya berkisar antara enam bulan sampai satu tahun.

Anda bisa menggunakan layanan Google seperti Google Adsense, namun sebelum itu harus memenuhi syarat terlebih dahulu, seperti harus memiliki konten berkualitas, tema responsif, trafik yang cukup, dan lain sebagainya.

Pantau Peringkat Website Anda

Anda bisa mengecek artikel Anda apakah masuk dalam halaman pertama pencarian organic google dengan search kata kunci yang telah Anda targetkan sebelumnya.

Peringkat ini bisa berubah-rubah, namun jika dalam waktu yang cukup lama peringkat artikel Anda kurang memuaskan mungkin Anda menargetkan kata kunci yang kurang pas, terlalu sulit, atau terlalu berlebihan.

Itulah 7 hal yang bisa Anda lakukan setelah mempublish artikel blog. Mudah-mudahan bermanfaat.

 

markbro


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi Kami


Call us

081231133033


Visit us anytime

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim Email

hai.markbro@gmail.com



About us

Markbro adalah jasa pelayanan design, video, pengelolaan Media sosial dan pembuatan website.


Subscribe


Sign up untuk dapatkan info dari Markbro.




    Social networks


    Facebook

    www.facebook.com/haimarkbro


    Twitter

    #Haimarkbro


    Instagram

    www.instagram.com/haimarkbro



    Hubungi kami


    Telpon Kami

    081231133033


    Kunjungi kami

    Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


    Kirim kami Email

    Hai.markbro@gmail.com



    Instagram Feed




    Subscribe


    Sign up untuk mendapatkan info dari MarkBro.




      Social networks


      Facebook

      www.facebook.com/hai.markbro


      Twitter

      #markbro


      Instagram

      www.instagram.com/haimarkbro