fbpx

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Framework

February 3, 2020 by markbro0
framework.jpg

Mungkin menggunakan framework merupakan alasan untuk mempermudah dan menghemat waktu pengerjaan. Walaupun framework – framework yang ada saat ini dibuat dengan tujuan sebagai kerangka kerja bukan berarti lepas dari yang namanya coding. Penggunaan tools ini tergantung dari kebutuhan yang diperlukan penggunanya ketika membuat dan mengembangkan suatu aplikasi. Untuk itu berikut ini beragam kelebihan dan kekurangan dari framework ini.

Kelebihan Framework

1. Lebih Cepat dan Efisien

Penggunaan Framework akan lebih terasa apabila saat mengerjakan proyek besar. Hal ini dikarenakan Framework berisi beragam fungsi, plugin, konsep, serta teknologi yang dapat membantu proses pengembangan aplikasi ataupun website menjadi  jauh lebih cepat daripada menulis kode dari awal.

2. Menghemat Biaya Pengeluaran

Sebagian besar Framework saat ini bersifat open source dan gratis untuk digunakan. Oleh sebab itu, biaya yang dikeluarkan client Anda akan menjadi lebih sedikit karena proses pengerjaan yang cepat dan simple.

3. Faktor Keamanan Selalu Diutamakan

Banyak Framework populer saat ini digunakan oleh berbagai Developer di seluruh dunia yang kemungkinan adanya masalah akan keamanan dan bug akan selalu diperbaiki.

4. Memiliki Komunitas yang Besar

Semakin besar komunitas yang menggunakannya maka akan semakin mudah untuk bertanya jika pengguna menemukan kesulitan – kesulitan, seperti bug, error, dan lainnya dalam mengembangkan program dan saat pengguna yang menemukan celah keamanan dapat memberi tahu tim pengembang untuk segera memperbaikinya.

Kekurangan Framework

1. Pemahaman Terhadap Bahasa Pemrograman Berkurang

Terkadang menggunakan Framework boleh – boleh saja saat ada proyek besar namun jika menggunakannya terlalu sering dikhawatirkan pengetahuan dan pemahaman akan bahasa pemrograman yang digunakan menjadi berkurang dan tidak berkembang.

2. Terdapat Batasan

Dalam penggunaannya, kerangka ini juga memiliki beberapa batasan yang tidak dapat Anda modifikasi. Sehingga Anda harus bekerja sesuai dengan standar yang digunakan di dalamnya. Oleh karena itu, ketika mengembangkan sebuah aplikasi, Anda harus menggunakan kerangka kerja yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Dalam memilih suatu framework diperlukan pertimbangan terhadap beberapa hal sebagai berikut.

  • Dokumentasi

Dokumentasi sangat penting, mengingat pada umumnya tidak banyak orang atau perusahaan yang membuat framework sendiri dalam membuat applikasi.

  • Standar – standar

Semakin banyak hal yang di support oleh framework tersebut semakin baik. Karena hal tersebut akan mempengaruhi kualitas dari software yang dikembangkan.

  • Faktor Kemudahan

Standar kemudahan sangat sulit di ukur karena ini berhubungan dengan minat seseorang akan sesuatu. Namun berdasarkan dokumentasinya kita bisa mengira – ngira pola kerja framework tersebut.

Oleh karena itu, pemilihan framework itu sangatlah penting karena jika pemilihan framework yang salah akan menjadi sebuah bencana bagi penggunanya. 

markbro


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi Kami


Call us

081231133033


Visit us anytime

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim Email

hai.markbro@gmail.com



About us

Markbro adalah jasa pelayanan design, video, pengelolaan Media sosial dan pembuatan website.


Subscribe


Sign up untuk dapatkan info dari Markbro.




    Social networks


    Facebook

    www.facebook.com/haimarkbro


    Twitter

    #Haimarkbro


    Instagram

    www.instagram.com/haimarkbro



    Hubungi kami


    Telpon Kami

    081231133033


    Kunjungi kami

    Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


    Kirim kami Email

    Hai.markbro@gmail.com



    Instagram Feed




    Subscribe


    Sign up untuk mendapatkan info dari MarkBro.




      Social networks


      Facebook

      www.facebook.com/hai.markbro


      Twitter

      #markbro


      Instagram

      www.instagram.com/haimarkbro