fbpx

Media Sosial vs Website: Manakah yang Terbaik untuk Mengawali Bisnis Rumahan?

January 9, 2021 by admin0
21249-1200x798.jpg

Ketika berencana untuk membangun bisnis rumahan. Barangkali Anda berpikir untuk menggunakan platform media sosial. Terutama untuk aktivitas pemasarannya. Tapi, apakah menggunakan media sosial saja sudah cukup?
Selain itu jumlah konsumen yang berbelanja online pun kian meningkat. Di tahun ini saja, jumlah konsumen digital di Indonesia diprediksi sudah mencapai 137 juta orang. Mampukah bisnis Anda menjangkau peluang sebesar itu hanya dengan bantuan media sosial?

Jika Anda merasa belum yakin dengan potensi media sosial, masih ada juga platform lain yang bisa Anda gunakan saat membangun bisnis rumahan, yaitu website.

Di satu sisi, website memang mampu membuat bisnis Anda terlihat lebih profesional. Namun, di sisi lain, mungkin Anda juga belum yakin untuk menggunakan website. Karena Anda belum tahu berbagai kelebihan dan kekurangan website dalam membangun bisnis rumahan.

Jadi, manakah platform terbaik untuk memulai bisnis rumahan? Apakah media sosial? Atau website?Tak usah khawatir, di sini Anda akan menemukan jawabannya. Kita akan mengulas satu per satu keunggulan dan kelemahan dari masing-masing platform.

Penasaran platform mana yang jadi pemenangnya? Yuk simak lebih lanjut!

Baca Juga : 3 Hal Ini Dapat Membuat Bisnis Anda Berkembang

Membangun Bisnis di Awal dengan Media Sosial
Dulu, media sosial umumnya hanya dimanfaatkan sebagai media untuk bersosialisasi. Namun, kini fungsi media sosial sudah berkembang lebih luas. Salah satunya untuk berbisnis.

Tak heran, banyak akun-akun bisnis yang berseliweran di feed Instagram atau Facebook. Mulai dari bisnis rumahan, hingga bisnis-bisnis besar yang mengiklankan produknya.

Lantas, apa sih yang membuat media sosial begitu menarik bagi para pebisnis? Berikut alasannya:

  • Gratis – Anda tinggal mendaftar dan akun Anda langsung siap untuk digunakan. Semuanya bebas biaya, kecuali jika Anda ingin beriklan.
  • Mudah untuk Digunakan – Tak perlu waktu lama untuk tahu cara menggunakan platform media sosial. Mulai dari mengatur akun hingga posting konten bisa dilakukan dengan beberapa klik!
  • Pengelolaannya Gampang – Anda tak perlu mengeluarkan biaya maintenance platform. Cukup update saja aplikasinya untuk mendapat pembaruan sistem.
  • Feedback Langsung dari Calon Konsumen – Berinteraksi dengan calon konsumen di media sosial sangatlah mudah. Anda dapat melihat dan menjawab komentar-komentar mereka di kolom komentar atau di direct message.
  • Jangkauan Pasar yang Luas – Dengan memanfaatkan fitur hashtag, konten Anda bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen.

Sudah gratis, mudah dipakai, tak sulit pula pengelolaannya. Bagi orang-orang yang baru memulai bisnis, tentu media sosial terlihat sangat ideal.

Tak heran jika 54% UMKM memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan penjualan di masa pandemi.

Platform ini punya beberapa kelemahan yang perlu Anda ketahui. Berikut di antaranya:

  • Desain Platform yang Terbatas – Anda tak dapat mengubah tampilan akun Anda sesuka hati. Satu-satunya solusi adalah menyesuaikan desain konten Anda dengan karakter bisnis Anda.
  • Fungsi Platform Tak Fleksibel – Platform ini hanya bisa Anda gunakan untuk menjaring calon konsumen via konten. Tidak ada opsi lain seperti membangun email list.
  • Kontrol Terbatas – Siapapun bebas memberi komentar di postingan Anda. Sehingga Anda tidak dapat mengontrol komentar-komentar yang muncul di akun Anda.

Bila tidak direspon dengan tepat, tentu komentar-komentar negatif seperti ini bisa mengurungkan niat orang-orang yang sudah tertarik menginstall aplikasinya. Nah, inilah salah satu resiko yang kerap muncul di media sosial.

Untungnya, masalah seperti ini bisa diatasi dengan mudah di website. Karena Anda bebas memilih komentar yang tampil di websitenya. Demi kepentingan branding, Anda bisa saja menampilkan komentar-komentar bernada positif di halaman testimonial.

Selain itu, website juga dapat memberi ruang yang fleksibel untuk menampilkan karakter bisnis. Contohnya seperti yang bisa dilihat pada halaman utama website Markbro:

Di halaman utama, mereka bisa memasang desain yang sesuai dengan karakter brandnya. Mulai dari warna, logo, hingga background websitenya.

Tidak hanya itu, fungsi websitenya pun luas. Mereka bisa menggunakannya untuk memperkenalkan bisnis, menampilkan daftar produk, menawarkan pendaftaran reseller, dan membuat form pemesanan. Semuanya tersedia dalam satu platform.

Nah, hal-hal inilah yang tidak akan Anda dapatkan di media sosial.

Sekarang Anda tahu bahwa website memiliki berbagai manfaat yang patut untuk dipertimbangkan. Namun, apakah ini berarti website adalah pilihan yang lebih tepat untuk memulai bisnis? Mari kita lihat di bagian selanjutnya!

Mengapa Bisnis Anda Perlu Website?
Bagi pebisnis yang masih awam dengan dunia teknologi, membangun sebuah website mungkin terdengar rumit. Barangkali alasan ini pula yang seringkali mengurungkan niat pebisnis untuk membuat website.

Padahal, manfaat yang ditawarkan website tak bisa dianggap remeh. Agar siap beradaptasi dengan dunia online, sebuah bisnis justru perlu memiliki website.

Jadi, sebenarnya apa saja sih manfaat utama yang dimiliki website? Berikut daftarnya!

  • Membantu Aktivitas Branding – Anda dapat membangun citra positif untuk bisnis Anda. Caranya dengan memperkenalkan nilai-nilai bisnis Anda melalui halaman “Tentang Kami” atau melalui artikel-artikel yang Anda posting di blog.
  • Mendukung Aktivitas Pemasaran – Anda bisa melakukan promosi di banyak tempat, mulai dari slider di halaman utama, hingga di halaman produk.
  • Bebas Menentukan Desain – Anda dapat menyesuaikan desain website Anda sesuai dengan style bisnis Anda. Sama seperti yang ditampilkan pada contoh website Markbro.
  • Fungsi Platform yang Luas – Anda bisa menggunakan website untuk banyak hal, seperti menampilkan katalog produk, membuat artikel blog, atau mengumumkan info promosi.
  • Muncul di Mesin Pencari – Agar bisa muncul di halaman pencarian Google, tentu bisnis Anda harus punya website, bukan?

Di sisi lain, Anda juga harus tahu kelemahan-kelemahan yang dimiliki website, yaitu:

Tidak Gratis – Untuk membuat website, Anda perlu hosting dan domain. Keduanya butuh biaya.

Semuanya Dikerjakan Sendiri – Mulai dari memilih desain, mengelola isinya, hingga update tema dan plugin, semuanya Anda yang handle. Termasuk perihal keamanan dan kecepatan websitenya juga.

Perlu Dipelajari – Karena penggunaannya tidak semudah media sosial, Anda perlu meluangkan waktu untuk belajar cara menggunakannya.

Oke, karena Anda sudah tahu kelebihan dan kelemahan dari masing-masing platform, sekarang saatnya menentukan platform yang lebih baik untuk mengawali bisnis rumahan!

Jadi, jika ditanya manakah platform terbaik untuk mengawali bisnis rumahan? Jawabannya adalah: Keduanya!

Ya, opsi terbaik adalah dengan menggunakan keduanya, karena keduanya saling melengkapi. Media sosial mampu menutupi kekurangan website, dan website mampu menutupi kekurangan media sosial.

Sebagai permulaan, Anda bisa menjaring calon konsumen lewat media sosial. Kemudian, Anda dapat mengarahkan mereka ke website untuk melakukan pembelian.

Baca Juga : Cara Agar Website Tampil Di Halaman Pertama Google

 

 

Jika anda ingin memulai bisnis dan memerlukan strategi ampuh dalam meningkatkan omset maupun penjualan. Silahkan kunjungi MARKBro dapatkan strategi marketing yang dapat mendongkrak bisnis anda sekarang.

Silahkan kunjungi MARKBro untuk mendapatkan desain yang membuat penjualan meningkat untuk bisnis anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi Kami


Call us

081231133033


Visit us anytime

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim Email

hai.markbro@gmail.com



About us

Markbro adalah jasa pelayanan design, video, pengelolaan Media sosial dan pembuatan website.


Subscribe


Sign up untuk dapatkan info dari Markbro.




    Social networks


    Facebook

    www.facebook.com/haimarkbro


    Twitter

    #Haimarkbro


    Instagram

    www.instagram.com/haimarkbro



    Hubungi kami


    Telpon Kami

    081231133033


    Kunjungi kami

    Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


    Kirim kami Email

    Hai.markbro@gmail.com



    Instagram Feed




    Subscribe


    Sign up untuk mendapatkan info dari MarkBro.




      Social networks


      Facebook

      www.facebook.com/hai.markbro


      Twitter

      #markbro


      Instagram

      www.instagram.com/haimarkbro