fbpx

Mengenal Distribution Channel

July 9, 2021 by markbro
channel.jpg

Mengenal Distribution Channel & Strategi Pemilihannya Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Dalam sebuah rantai bisnis, sebuah barang atau jasa harus melalui beberapa tahap hingga sampai konsumen, dan ini dinamakan distribution channel. Ada 2 jenis channel distribusi yang perlu Anda ketahui. Mungkin, Anda berpikir hanya ada satu tahap yang dilewati, yakni dari manufaktur hingga ke end consumer atau konsumen.

Ternyata, ada proses penyebaran lainnya yang juga berbeda. Secara umum, ada 2 jenis proses dari hulu maupun dari hilir. Terlepas dari proses distribusi yang ada, hal terpenting yang perlu diketahui adalah bagaimana barang bisa sampai ke konsumen. Semakin lancar, maka barang bisa tersampaikan ke konsumen dengan mudah, agar keuntungan makin meningkat. Lantas, apa saja distribution channel yang ada dan bagaimana cara memilihnya?

Jenis-jenis distribution channel yang perlu Anda ketahui
Secara umum, ada 2 jenis distribution channel yang digunakan oleh banyak perusahaan hingga sekarang. Masing-masing kanal tentunya melibatkan banyak pihak mulai dari produsen barang hingga ke konsumen.

Distribusi langsung
Bisa dibilang, model ini adalah yang paling konvensional dan sering digunakan. Proses ini hanya melibatkan banyak pihak, produsen ke konsumen. Biasanya, jenis-jenis produk yang dijual adalah perhiasan dan toko roti.

Distribusi tidak langsung

Berbeda dengan jenis yang pertama, distribusi tidak langsung melibatkan banyak pihak dan terbagi lagi menjadi 3 jenis.

    • One-level channel

Proses ini melibatkan 3 pihak, produsen – retailer – konsumen. Anda kerap melihat bagian ini di toko baju, furniture, mainan, sepatu, dan sebagainya.

    • Two-level channel

Jika sebelumnya hanya melibatkan 3 pihak, proses ini melibatkan banyak pihak seperti produsen – grosir – retailer – konsumen. Biasanya barang yang dijual adalah barang yang tahan lama.

    • Three-level channel

Jenis yang terakhir merupakan jenis distribusi modern dengan banyak pihak. Proses pengiriman barang ke konsumen dimulai dari produsen. Setelah itu, barang akan melalui agen-grosir-retailer hingga konsumen. Grosir dan distributor memiliki peran untuk menyalurkan barang ke daerah-daerah yang terpencil atau jauh dari pusat kota.

Cara memilih distribution channel yang tepat

Setelah melihat jenis-jenis kanal distribusi yang Anda. Kini, saatnya Anda tahu cara memilihnya yang tepat. Yang perlu Anda perhatikan adalah, tidak semua kanal tepat bagi bisnis Anda. Hal ini tentu bergantung kepada bisnis Anda sendiri. Pertama, Anda perlu memperhatikan target penjualan Anda. Dengan begitu, Anda tahu bagian mana saja yang perlu dipilih untuk bisnis Anda.

Kedua, pertimbangkan kecepatan pengiriman produk. Semakin cepat produk sampai ke konsumen, maka produk Anda bisa dinikmati langsung dan semakin untung. Dengan begitu, perhatikan hal tersebut. Melibatkan banyak pihak seperti distributor dan grosir mungkin menjadi solusi yang tepat untuk mengirimkan barang hingga daerah-daerah di luar kota besar. Namun, hal ini tentunya bergantung kepada bisnis Anda sendiri.

markbro



Hubungi Kami


Call us

081231133033


Visit us anytime

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim Email

hai.markbro@gmail.com



About us

Markbro adalah jasa pelayanan design, video, pengelolaan Media sosial dan pembuatan website.


Subscribe


Sign up untuk dapatkan info dari Markbro.




    Social networks


    Facebook

    www.facebook.com/haimarkbro


    Twitter

    #Haimarkbro


    Instagram

    www.instagram.com/haimarkbro



    Hubungi kami


    Telpon Kami

    081231133033


    Kunjungi kami

    Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


    Kirim kami Email

    Hai.markbro@gmail.com



    Instagram Feed




    Subscribe


    Sign up untuk mendapatkan info dari MarkBro.




      Social networks


      Facebook

      www.facebook.com/hai.markbro


      Twitter

      #markbro


      Instagram

      www.instagram.com/haimarkbro