fbpx
Sekilas Info

Info Bermanfaat

Informasi bermanfaat untuk bisnis anda, jangan lupa follow IG kita untuk mendapatkan info tentang bisnis dan marketing

tim-van-der-kuip-CPs2X8JYmS8-unsplash-1200x800.jpg
05/Feb/2022

Apa Itu Riset Pasar?

Tujuan dari riset pasar adalah untuk melihat pasar dalam kaitannya dengan manfaat atau layanan tertentu dan untuk menentukan bagaimana hal itu akan diterima oleh publik. Ini mungkin termasuk mengumpulkan informasi untuk menyegmentasikan pasar dan mendiversifikasi produk yang dapat digunakan untuk menyesuaikan iklan atau menentukan segmen mana yang dianggap sebagai prioritas bagi konsumen

Perusahaan harus melakukan berbagai tugas untuk menyelesaikan proses riset pasar. Ini harus mengumpulkan informasi berdasarkan sektor pasar yang dianalisis. Perusahaan perlu menganalisis dan menafsirkan data yang dihasilkan untuk menentukan keberadaan pola apa pun sebagai titik data yang relevan yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.

Bagaimana Cara Melakukan Riset Pasar

Terdapat 2 jenis data riset pasar: informasi primer dan informasi sekunder.

Informasi primer adalah data tangan pertama yang diperoleh dari sumber asli. Anda dapat mengumpulkan data sendiri atau mempekerjakan seseorang untuk melakukannya untuk Anda. Ini karena Anda mengontrol proses dari A sampai Z.

Informasi sekunder adalah informasi dan data yang dikumpulkan oleh orang lain dan tersedia untuk umum, baik online maupun offline. Data ini dapat dipublikasikan di surat kabar, berita, majalah, dll. Atau dalam informasi yang tersedia online secara gratis. Kelemahannya adalah setiap orang memiliki akses ke informasi ini dan Anda tidak memiliki kendali atas metode pengumpulan.

Jenis informasi yang dikumpulkan melalui sumber primer dan sekunder dapat berupa kualitatif atau kuantitatif.

Informasi kualitatif dapat membantu Anda lebih memahami bagaimana orang memandang topik tertentu. Anda dapat menanyakan pendapat mereka dan bagaimana/mengapa mereka memutuskan. Wawancara mendalam, kelompok fokus dan observasi langsung adalah sumber terbaik untuk mengumpulkan informasi kualitatif.

Informasi kuantitatif merupakan data statistik dan cenderung lebih terstruktur. Pertanyaan tertutup Kuesioner dan survei termasuk dalam jenis informasi ini.

Baca Juga : Ketahui Lebih Banyak Tentang Kuret


merakist-l5if0iQfV4c-unsplash-1200x900.jpg
26/Jan/2022

1. Lakukan Riset Kata Kunci

Selalu sertakan kata kunci yang relevan dalam konten Anda. Tentu saja, kata kunci harus digunakan, tidak termasuk dalam konten yang mengganggu ide utama atau mengalihkan perhatian pembaca. Sangat penting untuk menggunakan kata kunci di seluruh konten, seperti deskripsi meta, judul halaman, URL, judul, dan waktu yang berbeda di seluruh pekerjaan.

Anda dapat menggunakan alat seperti Moz, Ahrefs, dan SEMrush untuk melakukan riset kata kunci. Halaman-halaman ini menunjukkan kata kunci apa yang digunakan pesaing, seberapa sering orang mencari kata kunci, seberapa mahal kata kunci untuk iklan bayar per klik, relevansi kata kunci, dan informasi yang lebih berharga untuk mengelola strategi kata kunci. Menyewa agen SEO juga selalu menjadi pilihan karena dapat memberikan wawasan berharga dan melakukan audit untuk mengidentifikasi masalah yang dapat menghambat tampilan situs Anda.

2. Buat Konten Yang Mengesankan

Tidak cukup hanya mempublikasikan konten; Anda harus membuat interior yang tak terlupakan dan memotong suaranya. Faktanya, konten yang bermanfaat dan mudah diingat adalah salah satu cara terpenting untuk meningkatkan lalu lintas situs web.

Orang-orang menggunakan Google untuk menemukan jawaban yang spesifik, lengkap, dan akurat atas pertanyaan mereka, dan konten Anda harus tersedia untuk memberikan jawaban. Faktanya, situs blog menghasilkan 434% lebih banyak halaman yang diindeks oleh mesin pencari daripada tanpanya. Selain itu, situs yang menerbitkan lebih dari 16 artikel per bulan menerima lalu lintas hampir 3,5 kali lebih banyak daripada situs yang menerbitkan nol hingga empat artikel. Ini karena jika Anda peduli dengan konten yang Anda buat, posting secara teratur, dan teliti apa yang ingin dilihat audiens Anda, lalu lintas situs web Anda akan meningkat.

3. Beri Guest Posts

Posting ke pengunjung ke situs web lain adalah cara yang efektif untuk menghasilkan backlink, meningkatkan lalu lintas rujukan, dan meningkatkan peringkat mesin pencari (SERP). Anda harus selalu meneliti situs web di sektor Anda untuk mempresentasikannya.

Pertama, lihat konten situs web untuk memastikannya bagus, periksa otoritas domainnya, dan tinjau panduan penempatan untuk pengunjungnya. Tanyakan juga kepada publikasi apakah kiriman tersebut akan dipromosikan di jejaring sosial dan apakah itu akan menandai Anda.

4. Menggunakan Media Iklan

Pencarian berbayar, media sosial, dan iklan gambar dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan lalu lintas situs web. Setiap opsi memiliki pro dan kontra – pengguna dapat memblokir iklan, misalnya, dan rata-rata biaya per klik untuk Google Ads di jaringan pencarian adalah antara $1 dan $2 per klik – jadi penting untuk menetapkan anggaran dan tujuan untuk menginvestasikan banyak uang di dalamnya.

Misalnya, saat membuat iklan bayar per klik (PPC), penting untuk menjalankan kampanye dan menargetkan beberapa grup iklan yang berbeda dengan kata kunci spesifik yang paling ingin Anda targetkan. Setelah Anda meluncurkan kampanye, lihat bagaimana audiens Anda berperilaku pada kata kunci yang berbeda. Mungkin satu kata kunci hanya menghasilkan tayangan yang tidak meningkatkan lalu lintas situs, sementara kata kunci lainnya menghasilkan klik dan konversi.

5. Bertukar Backlinks

Dengan banyak perusahaan yang ingin meningkatkan lalu lintas situs web, ada banyak peluang untuk bertukar tautan balik. Jangkau situs yang relevan dan tawarkan konten Anda sebagai sumber daya lain yang dapat disertakan dalam pos mana pun di web. Jika Anda ingin menambahkan insentif lain, Anda dapat menawarkan pertukaran backlink yang saling menguntungkan dan juga menawarkan untuk menambahkan salah satu tautan mereka ke posting Anda.

Itulah tepatnya yang kami lakukan untuk salah satu klien kami, Rainbow Muffler & Brake. Kami membuat posting blog untuknya yang disebut “Daftar Periksa Jalan untuk Mobil Anda”. Kami segera menemukan situs web yang relevan melalui Pitchbox dan menghubungi mereka untuk mengetahui apakah mereka ingin mempromosikan postingan kami. WheelScene menyetujui tautan balik dan pertukaran berikutnya di jejaring sosial, yang menghasilkan peningkatan tampilan 23,245%! Ketika perusahaan menemukan mitra pertukaran tautan yang tepat, mereka dapat mencetak poin.

Baca juga : Kekurangan Mobil Listrik Di Indonesia


campaign-creators-qCi_MzVODoU-unsplash-1200x796.jpg
19/Jan/2022

Indirect Marketing atau pemasaran tidak langsung adalah metode untuk menjual produk barang atau jasa, tanpa harus terlihat sedang menjual. Pemasar “menjual” produknya lewat konten atau jalur-jalur lainnya.

Jenis – Jenis Indirect Marketing

1. Content Marketing

Jenis pemasaran langsung yang pertama adalah dengan membuat konten unik yang dapat bermanfaat dan menarik target konsumen.

Ketika sudah mendapatkan perhatian yang diinginkan, kamu bisa menjual produkmu pada mereka.

Teknis penjualannya sendiri berbeda-beda. Ada pihak yang langsung memasukkan call-to-action dalam konten. Ada pula yang mengumpulkan alamat email untuk dikirimi konten promosional esok hari.

Dalam content marketing, kamu menawarkan konten berupa:
-artikel blog
-kuis
-dan lain-lain

2. Social Media

Selanjutnya, ada media sosial. Saluran yang satu ini juga tak kalah menjanjikan, lho. Terlebih lagi, ia bersifat gratis. Peran media sosial sudah tidak dapat diragukan lagi saat ini karena hampir semua orang punya akun media sosial, entah itu Facebook, Instagram, Twitter maupun Tiktok.

Usaha yang dapat dilakukan adalah mencari pengikut di media sosial sebanyak-banyaknya, caranya dengan membuat konten yang mereka butuhkan.

Kalau kamu konsisten mengelolanya, brand-mu bisa memikat banyak followers. Tak hanya itu saja, followers-mu juga akan aktif dan punya engagement yang besar denganmu.

Lewat saluran ini, brand recognition dan loyalty audiens pun bisa meningkat.

3. SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan cara untuk mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencari.
Sebenarnya hal ini bisa dikaitkan dengan content marketing yang mana kita bisa memanfaatkan SEO untuk menempatkan konten kita di peringkat pertama mesin pencari.
SEO membantu konten yang dibuat untuk menjangkau banyak orang. Alhasil, jika pengunjung kita tertarik dengan konten yang dibuat akan memudahkan dalam pemasaran.

 

 

Baca Juga : Keunggulan Mobil Listrik Dibanding Mobil Yang Menggunakan BBM


kaleidico-26MJGnCM0Wc-unsplash-1-1200x800.jpg
14/Jan/2022

Dalam dunia bisnis, sepertinya hampir semua pebisnis dan marketer mengetahui istilah pemasaran. Tetapi tahukah Anda bahwa pemasaran juga memiliki salah satu jenis yaitu pemasaran langsung atau dikenal juga dengan direct marketing. Apa itu Direct Marketing? Mari simak artikel kami.

Pengertian Direct Marketing

direct marketing merupakan salah satu metode penjualan yang menggunakan media pemasaran langsung tanpa adanya pihak yang menjadi perantara pemasaran dalam kegiatan transaksi jual-beli dan tawar-menawar suatu produk atau jasa yang ditawarkan.

Pemasaran langsung adalah strategi pemasaran untuk menghasilkan suatu kontak langsung dengan pelanggan dalam melakukan kampanye iklan layanan atau produk.

Salah satu contoh direct marketing adalah pemasaran yang dilakukan dari jarak jauh, email marketing, penjualan pribadi, memberikan katalog secara langsung, dll.

Jenis Direct Marketing

Terdapat banyak sekali jenis direct marketing yang bisa dilakukan oleh perusahaan, yaitu:

1. Direct Mail

Direct mail merupakan suatu surat iklan bisnis atau produk dan layanan kami yang dikirimkan secara langsung pada target pelanggan pada suatu daerah. Beberapa bentuk surat langsung tersebut bisa berupa katalog produk, kartu pos produk, maillers, dll.

2. Telemarketing

Dalam teknik marketing jarak jauh, maka calon pelanggan bisa dihubungi melalui telepon untuk menjual suatu layanan atau produk. Teknik ini cukup ampuh dalam menarik para pelanggan baru ke tingkat yang relatif lebih besar, dan metode ini sangat efektif untuk melacak kampanye iklan marketing secara langsung.

3. Social Media Marketing

Media sosial bisa Anda manfaatkan secara efektif sebagai alat marketing untuk perusahaan, karena sosial media memungkinkan Anda untuk bisa berinteraksi secara langsung dengan pelanggan, dan untuk bertukar informasi yang sesuai terkait layanan atau produk.

Platform media sosial juga akan memudahkan pelanggan untuk membagikan konten Anda dengan seluruh jaringan yang secara eksponensial mampu meningkatkan jangkauan brand Anda.

4. Email Marketing

Email marketing adalah cara yang sederhana, ekonomis, dan bisa diatur skalanya dalam menjangkau pelanggan Anda. Email marketing bisa berupa buleten elektronik, email promosi, atau penawaran baru untuk pelanggan yang sebelumnya sudah pernah membeli, atau iklan yang kemungkinan muncul dalam email perusahaan.

5. Direct Selling

Direct selling adalah cara yang sangat efektif dalam mendirikan bisnis yang lebih terjangkau dan fleksibel. Direct selling akan lebih mudah dipahami oleh calon pelanggan Anda. cara yang bisa dilakukan Adalah dengan mengunjungi rumah atau tempat kerja pelanggan secara langsung.

 

 

Baca Juga : Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil listrik


ant-rozetsky-HXOllTSwrpM-unsplash-1200x675.jpg
06/Jan/2022

Pengertian manajemen pemasaran – Di dalam menjalankan suatu bisnis, baik bisnis produk maupun jasa, kita pasti tak asing dengan istilah manajemen pemasaran. Banyak yang mengira bahwa manajemen pemasaran adalah teori semata yang digunakan saat berbisnis. Tapi lebih dari itu, manajemen pemasaran memiliki pengertian yang lebih luas.

Apa itu manajemen pemasaran?

Seperti yang dijelaskan di atas, secara sederhana manajemen pemasaran adalah proses untuk memastikan produk atau layanan dapat diperkenalkan dan dipromosikan pada target pasar secara efektif agar tujuan perusahaan tercapai. Proses tersebut melibatkan beberapa hal seperti periklanan, promosi, penjualan, dan hubungan masyarakat.

Bisa juga diartikan bahwa pemasaran di dalam manajemen pemasaran merupakan segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa, mulai dari produsen sampai konsumen.

Dalam praktiknya, proses manajemen pemasaran tersebut juga harus melewati beberapa tahapan agar produk atau layanan dari perusahaan dapat diterima dan berkembang di pasar. berikut fungsi-fungsi penting manajemen pemasaran :

1. Riset pasar

Tahapan pertama dalam manajemen pemasaran adalah memulai riset pasar. Ini dilakukan perusahaan harus tahu sebelumnya produk  dan layanan seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan dan dicari oleh target pasarnya. Selain itu riset pasar juga akan sangat berguna untuk menentukan apakah perusahaan harus meluncurkan produk baru atau justru memperluas produk dan layanan yang sudah ada.

2. Mengembangkan strategi pemasaran 

Setelah melakukan riset pasar, tahapan berikutnya dalam manajemen pemasaran adalah membuat strategi pemasaran yang tepat. Pada tahapan ini kamu harus benar-benar mempertimbangkan hasil riset pasar dengan berbagai hal penting seperti segmentasi, target pelanggan, dan positioning brand.

3. Menetapkan Pasar Sasaran

Fungsi manajemen pemasaran yang selanjutnya yakni memberikan nilai keaktifan setiap bagian kemudian memilih salah satu dari bagian pasar atau lebih untuk dilayani. Biasanya, kegiatan menetapkan pasar sasaran meliputi: valuasi bagian pasar atau ukuran dan pertumbuhan bagian seperti data tentang usia nasabah.

Bisa juga mengenai pendapatan, jenis kelamin dari setiap segmen, struktural yang menarik dilihat dari segi profitabilitas dan sasaran serta sumber daya yang dimiliki perusahaan tersebut.

4. Kontrol dan kumpulkan saran

Setelah produk diluncurkan dan dipromosikan berdasarkan strategi dan rencana yang telah ditentukan, maka hal berikutnya adalah tentang mengontrol dan mengumpulkan saran dari para pelanggan. Mengumpulkan saran dari pelanggan dimaksudkan sebagai bahan pertimbangan  pengembangan produk di masa depan. Sementara kontrol dilakukan bila produk tidak diterima secara positif oleh pelanggan. Salah satu contohnya adalah dengan menarik produk kembali sebelum sentimen pelanggan memengaruhi brand perusahaan.

 

 

BACA JUGA : Ketahui Gejala Dan Penyebab Sindrom Polikistik Ovarium


proxyclick-visitor-management-system-s86WhGhp25Y-unsplash-1200x801.jpg
28/Dec/2021

Pengertian Konsep Maketing

Marketing atau pemasaran menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam menjalankan usaha atau bisnisnya. Pemasaran atau marketing seringkali dikaitkan bahkan disamakan dengan penjualan. Namun, konsep yang diusung dalam marketing atau pemasaran tidak serta merta melakukan penjualan yang berdampak langsung pada keuntungan perusahaan.

Konsep marketing berkaitan dengan filosofi yang digunakan bisnis untuk mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan pelanggannya, yang menguntungkan pelanggan dan perusahaan. Filosofi yang sama tidak dapat menghasilkan keuntungan bagi setiap bisnis, karenanya bisnis yang berbeda menggunakan konsep pemasaran yang berbeda

Kesimpulannya, konsep pemasaran atau marketing merupakan serangkaian kegiatan yang memiliki tujuan untuk memasarkan produk yang diproduksi oleh perusahaan. Konsep marketing juga dapat dikatakan sebagai kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pasar.

Lima Konsep Marketing

Lima konsep pemasaran dasar adalah bagian penting dalam menyusun kampanye pemasaran baru. Inilah yang perlu Anda ketahui.

1. Konsep Produksi

Salah satu contoh konsep penting dalam manajemen pemasaran adalah konsep produksi. Perusahaan yang mengadopsi konsep ini, berfikir bahwa barang maupun jasa yang dihasilkan harus murah sehingga dapat dibuat kapan saja dan di mana saja agar tidak terjadi masalah dalam penjualan.

Konsep produksi didasarkan pada pendekatan bahwa perusahaan dapat meningkatkan pasokan karena mengurangi biaya. Selain itu, konsep produksi menyoroti bahwa bisnis dapat menurunkan biaya melalui produksi massal.

Sebuah perusahaan yang berorientasi pada produksi percaya pada skala ekonomi (penurunan biaya produksi per unit), di mana produksi massal dapat menurunkan biaya dan memaksimalkan keuntungan. Secara keseluruhan, konsep produksi berorientasi pada operasi.

2. Konsep Produk

Konsep ini bekerja berdasarkan asumsi bahwa pelanggan lebih menyukai produk dengan kualitas dan harga yang lebih tinggi dan ketersediaan tidak memengaruhi keputusan pembelian mereka. Maka perusahaan mengembangkan produk dengan kualitas lebih tinggi yang biasanya ternyata mahal.

Contoh konsep manajemen pemasaran ini dapat diterima oleh sebagian konsumen. Namun yang tidak boleh dilupakan adalah kualitas yang bagus pasti memengaruhi harga. Sedangkan bagi sebagian konsumen, harga yang murah masih menjadi tujuan utama untuk membeli barang.

3. Konsep Penjualan

Perusahaan yang menggunakan konsep penjualan ini berpikir bahwa pelanggan tidak boleh dibiarkan sendirian. Perusahaan harus mengarahkan konsumen dengan sebuah teknik penjualan yang harus dipikirkan karena barang tidak dibeli tetapi barang harus dijual.

Konsep penjualan menyoroti bahwa pelanggan akan membeli produk-produk perusahaan hanya jika perusahaan ingin menjual produk-produk ini secara agresif. Filosofi ini tidak termasuk membangun hubungan dengan pelanggan. Ini berarti bahwa penjualan berulang jarang terjadi, dan kepuasan pelanggan tidak bagus.

Tetapi hard selling membawa risiko tinggi. Karena kebanyakan teknik ini tidak mengetahui kebutuhan konsumen, teknik ini hanya berfokus pada penjualan dan keuntungan bisnis.

4. Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran adalah konsep persaingan. Ini adalah konsep pemasaran yang percaya bahwa keberhasilan bisnis tergantung pada upaya pemasaran yang memberikan proposisi nilai yang lebih baik daripada pesaingnya.  Ini menjalankan strategi pemasaran sesuai dengan riset pasar mulai dari konsepsi produk untuk penjualan.

Perusahaan yang menggunakan konsep pemasaran menganggap bahwa kepuasan konsumen adalah segalanya sehingga barang atau jasa yang dihasilkan harus sesuai kebutuhan mereka. Dengan kata lain, perusahaan seperti ini tidak membuat apa yang mereka dapat buat, tetapi membuat apa yang konsumen inginkan.

Konsep manajemen pemasaran ini terkesan modern dan dapat bertahan dalam waktu cukup lama. Namun konsep ini hanya bisa dinikmati kalangan tertentu yang memiliki tingkat kesejahteraan lebih.

5. Konsep Pemasaran Sosial

Ini adalah konsep pemasaran yang relatif baru. Sementara konsep pemasaran masyarakat menyoroti kebutuhan dan keinginan pasar target dan pengiriman value yang lebih baik daripada para pesaingnya,

Perusahaan dengan konsep ini percaya bahwa sebuah kesuksesan bisnis akan dipengaruhi oleh kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan artinya akan memiliki dampak baik yang dapat diterima masyarakat umum sehingga konsep ini memungkinkan untuk digunakan dan disukai banyak konsumen.
Saat ini sudah banyak perusahaan yang juga mempertimbangkan aspek etika, lingkungan dan sosial atas aktivitas strategi pemasaran produk mereka.

KESIMPULAN

Semua pola pikir konsep pemasaran ini dapat membantu Anda mencapai tujuan organisasi tergantung pada apakah Anda memahami kebutuhan dan keinginan pasar sasaran Anda sambil memberikan produk berkualitas yang disukai orang.

Namun untuk keuntungan usaha yang optimal, ada baiknya Anda memadukan kedua konsep ini secara terarah agar layanan atau produk pada bisnis Anda bisa dikenal dan digunakan banyak orang. Pastikan juga Anda menghitung budget dari setiap proses penjualan dan pemasaran bisnis Anda.

 

Baca Juga : 3 Macam Jenis Mobil Yang Harus Kamu Ketahui


stephen-phillips-hostreviews-co-uk-zs98a0DtKL4-unsplash-1200x800.jpg
04/Dec/2021

Bagi yang menyukai dunia menulis pasti sudah tidak asing dengan platform satu ini, yaitu WordPress. WordPress merupakan salah satu platform yang didirikan pada tahun 2003 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little.

Sistem manajemen konten oleh platform ini menaungi kurang lebih 35% website yang ada di dunia. Menurut beberapa provider hosting, antara wordpress dan blogspot saat ini memang lebih banyak user yang menggunakan wordpress karena lebih familiar di masyarakat dan Google itu sendiri.

Namun, Sebuah sistem pasti memiliki kekurangan-kekurangannya agar tetap bisa berkembang menjadi besar. Pada poin berikutnya akan kita bahas tentang kekurangan dari WordPress.

1. Keamanan Situs

Pertama, setiap situs pasti memiliki bagi positif dan juga negatifnya, tidak terkecuali kelebihan kekurangan WordPress yang wajib untuk diketahui. Salah satunya adalah persoalan keamanan.

WordPress memang memiliki keamanan yang bisa diandalkan, namun jika pengguna jarang sekali untuk mengupdate faktor keamanan maka estimasi terburuk masih akan tetap terjadi, seperti terjadinya peretasan pada sebuah akun.

2. Masalah Kecepatan

Untuk membuat tampilan user interface menjadi lebih menarik, kadang pengguna melupakan bahwa semakin banyak plug-in yang terpasang dapat berakibat lambatnya kecepatan website tersebut berjalan.

Menurunnya kecepatan mengakses seperti ini dapat menurunkan pula kinerja dari suatu website tersebut. Lama kelamaan akan terkubur oleh website-website serupa yang lebih cepat pada mesin pencarian.

3. Keterbatasan Dalam Pengembangan

Meskipun mudah dalam segi penggunaannya, namun dalam pengembangannya terdapat beberapa kendala. Apalagi jika anda membutuhkan pengembangan yang besar.

Untuk mendapatkan tampilan dan fungsi yang benar-benar anda butuhkan, tidak cukup dengan kemampuan dalam bahasa pemprograman php, javascript, atau CSS serta HTML.

Anda harus mempelajari bagaimana WordPress bekerja. Oleh karena itu diperlukan waktu dan usaha untuk mempelajarinya.

4. Tema Dan Warna Yang Monoton

Website-website hasil pengembangan WordPress pada umumnya akan memiliki tema dan warna yang hampir sama. Akibatnya pemilik website kurang memiliki karakter yang kuat dibandingkan dengan menggunakan website yang berbayar. Hal ini akan menyebabkan menurunnya branding dari suatu perusahaan karena tidak memiliki karakter yang kuat.

5. Update Plugin

Kekurangan WordPress adalah pembaharuan plugin kerap bermasalah. Pembaharuan yang dilakukan membuat fitur lain menjadi tidak dapat digunakan.

Padahal pembaruan tersebut dapat menambal dan memperbaiki keamanan website. Akibatnya, pengguna menjadi dirugikan karena tidak berfungsinya fitur tersebut.

Demikianlah beberapa kekurangan WordPress. Meskipun WordPress memiliki beberapa kekurangan dan kelemahan, nyatanya hosting ini masih banyak digunakan di dunia. Bahkan telah menguasai sepertiga pengguna website dunia.

Untuk melakukan pengembangan dengan menggunakan WordPress, berlakulah bijak dan sebaiknya belajarlah bahasa kode. Sehingga dapat mengembangkan website lebih baik dan agar mengetahui celah keamanan website tersebut.

 

Baca Juga : 6 Keuntungan Menggunakan MF di Motor Anda


kaleidico-26MJGnCM0Wc-unsplash-1200x800.jpg
01/Dec/2021

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah iklan. Iklan adalah bentuk promosi yang dapat ditemukan di mana saja. Dalam pemasaran fungsi iklan adalah alat penting untuk mempromosikan sebuah produk. Dewasa ini, dunia periklanan semakin berkembang pesat begitu juga dengan beragam strateginya.

Sadar atau tidak, iklan selalu ada di tengah-tengah kehidupan masyarakat, meskipun banyak orang yang mungkin tidak menyadarinya. Saat ini, periklanan memaksimalkan setiap media yang memungkinkan untuk menyampaikan pesannya. Maka tidak heran, apabila fungsi iklan adalah bagian yang sudah pasti tidak terlepaskan dalam pemasaran.

Iklan biasanya mengandung kalimat yang bersifat persuasif. Kalimat ajakan ditujukan bagi Anda dan masyarakat lainnya agar berkeinginan dan bersedia membeli produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh media iklan. Pada dasarnya iklan bisa muncul dimana saja baik di media cetak maupun di media elektronik. Bagaimanapun bentuknya tetap saja sebuah iklan memiliki fungsi utama yaitu membantu sebuah perusahaan untuk meningkatkan penghasilan. Tentunya penghasilan bisa dicapai melalui adanya minat konsumen untuk melakukan pembelian produk yang diiklankan.

Berikut adalah fungsi iklan :

1. Mempromosikan produk

Salah satu fungsi iklan adalah untuk mempromosikan produk. Pembuatan iklan produk adalah langkah pertama yang penting dalam siklus hidup produk. Iklan berfungsi sebagai pengantar produk untuk para calon konsumennya. Iklan juga bisa menjadi cara yang bagus untuk memperkenalkan nama perusahaan atau merk ke audiens.

2. Memberi informasi

Selanjutnya, fungsi iklan adalah sebagi sumber informasi. Maksudnya, iklan membuat konsumen sadar akan merek atau produk baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat produk, serta memfasilitasi penciptaan citra merek yang positif. Iklan juga memfasilitasi pengenalan produk baru.

3. Membujuk audiens

Kemudian, fungsi iklan adalah sarana untuk membujuk audiens. Salah satu ciri iklan adalah adanya pesan persuasif. Mengingat, tujuan utama iklan adalah membujuk pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan.

4. Pengingat

Jika target pelanggan sudah memiliki sikap positif terhadap produk atau layanan perusahaan, maka tujuan pengingat mungkin diperlukan. Tujuan reminder diperlukan karena pelanggan yang puas dapat menjadi target daya tarik pesaing. Merek yang sudah mapan perlu mengingatkan pelanggan tentang kehadiran mereka di pasar. Misalnya, kampanye ‘Raymond – the complete man’ dirancang untuk mengingatkan pelanggan.

5. Perluasan Pasar

Iklan yang sukses menghasilkan perluasan pasar. Seorang pemasar dapat bermaksud untuk memperluas pasar dari tingkat lokal ke tingkat regional, dari tingkat daerah ke tingkat nasional, dan dari tingkat nasional ke tingkat internasional. Untuk tujuan ini, pemasar dapat melakukan berbagai teknik promosi.

 

Baca juga : Beberapa Faktor Penyebab Bayi Sungsang,Bunda Wajib Tahu!


georgia-de-lotz-Ebb8fe-NZtM-unsplash-1200x1500.jpg
25/Nov/2021

Hari ini kita akan membahas mengapa untuk sukses di Instagram dan mempertahankan personal brand, bisnis, atau akun pribadi tetap hidup. Anda tidak boleh jatuh kedalam perangkap yang hanya berfokus pada jumlah pengikut.

Ini tidak diragukan lagi merupakan suatu hal yang dapat membuat kesan pertama yang menarik dan menyanjung ego, tetapi sejujurnya: jumlah komentar, bagikan, dan simpan adalah apa yang harus Anda lacak dengan lebih hati-hati.

Terhubung dengan audiens Anda adalah tujuan yang perlu diingat – tanpa itu, Anda akan dibiarkan dalam kegelapan dengan pemikiran: mengapa posting saya mendapatkan sedikit suka, dan tidak ada yang membalas instastories saya?

lebih baik memiliki audiens yang lebih kecil tetapi terlibat daripada sekelompok besar orang acak, yang tidak peduli dengan konten Anda.

Sangat penting untuk dipahami bahwa meskipun Anda memiliki ratusan atau ribuan pengikut, itu tidak akan secara langsung memengaruhi tingkat Engagement Rate Anda. Itu masih bisa sangat rendah.

Jadi apa kegunaan engagement rate?

Engagement Rate Instagram akan menunjukkan kinerja konten anda. Ini mengukur jumlah interaksi yang dihasilkan konten Anda (suka, komentar, bagikan) relatif terhadap jumlah pengikut Anda.

ini membantu Anda melacak apakah audiens Anda merespon postingan Anda dan melihat apakah konten yang Anda buat menarik bagi mereka.

Untuk mengembangkan akun Anda dan mempertahankan pengikut Anda, Penting untuk melibatkan mereka dan memberi mereka nilai.

ini adalah formula objektif, memberi Anda laporan tentang minat audiens atau relevansi merek/bisnis Anda – sehingga Anda dapat mengenal pengikut Anda dan melacak konten apa yang berhasil dan yang tidak.

Jadi, itulah alasan mengapa engagement rate lebih penting daripada follower guys. Semoga tips ini membantu, Cheers!

Baca juga : 

 

 


dylan-gillis-KdeqA3aTnBY-unsplash-1200x800.jpg
18/Nov/2021

Marketing Mix dapat didefinisikan sebagai suatu strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen di dalamnya secara terpadu demi mencapai sebuah tujuan marketing pasar yang telah ditargetkan.

Marketing mix atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan ‘Bauran Pemasaran’ menjadi fondasi model dasar suatu bisnis. Istilah ini dikenalkan pertama kali oleh seorang profesor marketing Harvard pada 1948, Neil Borden, yang terinspirasi dari jurnal koleganya, Prof. James Culliton.

Satu di antara perkembangan konsep marketing mix yang paling banyak dikenal adalah marketing mix 7P. Konsep ini dikenalkan oleh Booms dan Bitner yang berisi empat elemen 4P ditambah tiga elemen baru, yaitu physical evidence, people, dan process.

Berikut ini rangkuman mengenai pengertian marketing mix, konsep, tujuan, fungsi, dan manfaat yang didapat :

Konsep Marketing Mix

1. Konsep Marketing Mix

Place (Tempat)

Tempat dalam marketing mix pada dasarnya adalah suatu bentuk saluran distribusi yang mengacu pada lokasi di mana produk tersedia dan dapat dijual dan dibeli.

Product (Produk)

Produk adalah sesuatu yang memiliki nilai fungsional dan dapat digunakan oleh pelanggan untuk mencapai sesuatu.

Promotion (Promosi)

Promosi dalam marketing mix adalah strategi yang diterapkan oleh pemasar untuk membuat pelanggan sadar akan keberadaan produk atau mereknya.

Price (Harga)

Harga merupakan satu di antara elemen terpenting dalam marketing mix. Harga adalah nilai yang akan didapatkan sebagai pengganti produk.

People (Orang)

People atau aspek orang yang dimaksud bukan hanya konsumen saja. Namun, seluruh sumber daya manusai (SDM) yang terlibat, termasuk pekerja hingga tim bisnis. Khusus untuk aspek ini sangat penting untuk diperhatikan.

Process (Proses)

Aspek proses merupakan gabungan dari keseluruhan aktivitas. Seluruh aktivitas tersebut berhubungan dengan produk yang dihasilkan serta disampaikan kepada konsumen.

Physical Evidence (Bukti Fisik)

Bukti fisik yaitu semua perangkat yang digunakan sebagai pendukung berjalannya sebuah bisnis.

Tujuan Marketing Mix

1. Direct Marketing (Pemasaran Langsung)

Tujuan dilakukannya bauran pemasaran yaitu untuk melakukan direct marketing atau pemasaran langsung. Pemasaran langsung merupakan sebuah bentuk sistem marketing interaktif yang bisa menggunakan media iklan lebih dari satu untuk mendapatkan tanggapan atas transaksi yang bisa diukur di suatu lokasi.

2. Advertising (Periklanan)

Advertising atau periklanan menjadi salah satu bentuk kegiatan promosi yang penting dalam melakukan marketing mix. Tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan periklanan yaitu untuk memberikan dan menyebarluaskan informasi tentang produk atau jasa kepada target konsumen. Tujuannya untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan baru.

3. Sales Promotion (Promosi Penjualan)

Sales promotion merupakan kumpulan strategi promosi yang dirancang untuk mendorong target konsumen melakukan pembelian terhadap suatu barang atau jasa. Kegiatan promosi penjualan biasanya dilakukan dalam jangka pendek dan tidak dilakukan berulang-ulang. Tujuan dilakukan promosi penjualan adalah untuk meningkatkan angka penjualan pada sebuah bisnis yang dilakukan dalam waktu tertentu saja.

Fungsi Marketing Mix

1. Fungsi Pertukaran

Dengan adanya bauran pemasaran, konsumen atau pelanggan bisa membeli produk yang berasal dari produsen. Tujuannya untuk digunakan secara pribadi atau untuk dipasarkan kembali dengan menggunakan uang untuk membeli produk tersebut atau dengan melakukan pertukaran antar produk.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Distribusi fisik sebuah produk dilakukan dengan cara mengirim produk menggunakan ekspedisi dan kemudian menyimpan produk tersebut. Produk yang diproduksi oleh produsen akan disalurkan melalui jalur darat, laut, maupun udara untuk memenuhi kebutuhan para konsumen. Untuk penyimpanan produk dilakukan dengan menjaga ketersediaan pasokan produk agar tidak terjadi kekurangan pada saat dibutuhkan oleh konsumen.

3. Fungsi Perantara

Pemasaran berfungsi sebagai alat perantara dalam menyalurkan produk dari produsen kepada konsumen yang terhubung dengan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik.

Selain ketiga fungsi tersebut, bauran pemasaran juga memiliki fungsi lain di antara yaitu:

  • Berperan sebagai sales, fungsi utama pemasaran adalah untuk meningkatkan angka penjualan pada sebuah bisnis dengan cara melakukan berbagai penawaran.
  • Berperan sebagai promosi, pemasaran berfungsi untuk memberikan informasi sebuah produk kepada masyarakat luas agar lebih dikenal oleh banyak orang.
  • Berperan sebagai riset dan pengembangan, pemasaran juga berfungsi untuk mencari informasi yang bermanfaat untuk mendukung dalam peningkatan kualitas produk maupun kinerja penjualan produk pada sebuah perusahaan.

Marketing mix adalah sebuah strategi pemasaran yang menggabungkan berbagai macam elemen untuk mencapai target yang diinginkan oleh sebuah perusahaan. Setelah mengetahui tujuan dan fungsi marketing mix semoga kamu dapat lebih berkembang lagi dalam membangun strategi pemasaran pada bisnis.

 

Baca Juga : Beberapa Alasan Mengapa Harus Servis Motor Di Bengkel Resmi




Hubungi Kami


Call us

081231133033


Visit us anytime

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim Email

hai.markbro@gmail.com



About us

Markbro adalah jasa pelayanan design, video, pengelolaan Media sosial dan pembuatan website.


Subscribe


Sign up untuk dapatkan info dari Markbro.




    Social networks


    Facebook

    www.facebook.com/haimarkbro


    Twitter

    #Haimarkbro


    Instagram

    www.instagram.com/haimarkbro



    Hubungi kami


    Telpon Kami

    081231133033


    Kunjungi kami

    Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


    Kirim kami Email

    Hai.markbro@gmail.com



    Instagram Feed




    Subscribe


    Sign up untuk mendapatkan info dari MarkBro.




      Social networks


      Facebook

      www.facebook.com/hai.markbro


      Twitter

      #markbro


      Instagram

      www.instagram.com/haimarkbro