fbpx
Sekilas Info

Info Bermanfaat

Informasi bermanfaat untuk bisnis anda, jangan lupa follow IG kita untuk mendapatkan info tentang bisnis dan marketing

18/Oct/2021

Pengertian Modal Usaha

Modal usaha adalah uang yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang dan sebagainya atau modal adalah harta benda (uang, barang dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu untuk menambah kekayaan.

Jenis – Jenis Modal Usaha

1. Modal Investasi

Modal ini adalah modal awal untuk membuka usaha dan sifatnya jangka panjang. Modal inilah yang dipakai untuk misalnya, menyewa toko, kendaraan, komputer, KKB dan lain-lain. Modal ini jumlahnya besar, namun nilainya akan menyusut dari tahun ke tahun.

2. Modal Kerja

Untuk pengertian dari modal kerja sendiri adalah modal yang kamu gunakan untuk membiayain kegiatan usaha. Disebut juga dengan modal produksi, modal ini sangat penting untuk memproduksi atau membeli barang usaha. Biasanya modal ini sifatnya jangka pendek dan berfungsi sebagai modal untuk berjaga-jaga untuk berbagai variable yang mungkin terjadi pada suatu usaha.

3. Modal Operasional

Modal operasional adalah modal yang dibutuhkan secara rutin untuk mendukung kegiatan produksi. Contoh dari Modal operasional antara lain seperti pembayaran listrik, air dan beragam keperluan yang penting untuk manjalankan usaha.

Cara Mendapatkan Modal Usaha

a. Pinjaman Koperasi
Koperasi menjadi alternatif meminjam lain dari pengusaha. Umumnya Koperasi Simpan Pinjam (KSP).
Meminjam duit di koperasi, bunganya lebih rendah dibanding bunga kredit bank. Lebih menguntungkan lagi kalau jadi anggota koperasi tersebut, kamu dapat Sisa Hasil Usaha (SHU) yang bisa mengurangi bunga pinjaman.

b. Tabungan Mandiri
Umumnya, orang memang menabung dengan tujuan tertentu seperti untuk dana pensiun, membeli rumah, membeli mobil, pendidikan anak, ataupun untuk kebutuhan di beberapa tahun ke depan.

Jika memang sudah memiliki konsep yang cukup matang untuk membuat sebuah usaha, tidak ada salahnya mengalihkan simpanan tersebut sebagai modal usaha.

c. Ikut Program Pendukung UKM
Cara selanjutnya untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mengikuti program pendukung Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ditawarkan oleh berbagai lembaga.

Banyak lembaga pemerintah maupun swasta yang peduli dengan usaha kecil dan menawarkan pinjaman modal usaha. Kebanyakan program tidak hanya membagikan modal usaha saja, tetapi juga melakukan pelatihan dan pendampingan di awal usaha kita dirintis.

d. Mendapatkan Modal dari Pinjaman Bank

baca juga : informasi tentang mp asi bunda wajib tau


15/Oct/2021

Apa itu marketing? Di dalam setiap usaha bisnis, pemasaran memegang peran yang cukup penting bagi kelangsungan usaha bisnis bersangkutan. Sebuah usaha bisnis dengan hasil produk yang biasa saja bisa jadi sukses hanya karena strategi pemasaran perusahaan terkait yang cukup handal, sebaliknya sebuah usaha bisnis dengan produk yang cukup berkualitas pun tak akan mengalami penjualan yang maksimal jika tidak dilakukan upaya pemasaran yang baik terhadap para konsumen.

Marketing harus memiliki strategi yang baik dalam menangani masalah di pasar. Lakukan perencanaan dan pengamatan yang baik terhadap kondisi pasar pada saat itu. Kenali apa yang sedang dibutuhkan masyarakat pada saat itu.

Hal ini perlu dilakukan agar produk yang dihasilkan nanti dapat diterima masyarakat. Perhatikan juga harga barang di pasaran. Jangan sampai produk yang dipasarkan nantinya menjadi kalah saing dengan perusahaan lain.

Mengapa sebuah proses pemasaran menjadi sesuatu yang sangat penting bagi sebuah kelangsungan usaha bisnis? Lalu, bagaimana cara membangun sistem marketing yang baik di dalam bisnis? Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Menentukan Target Pasar

Menentukan target pasar yang dimaksud adalah mengetahui secara spesifik tentang keinginan pelanggan. Lakukan survei acak di beberapa titik lokasi yang dituju, kemudian wawancara singkat masyarakat setempat. Catat poin-poin penting yang mengarah ke perbaikan produk.

Langkah ini memudahkan penjualan produk karena Anda telah mengetahui sesuatu yang dicari oleh masyarakat. Setelah keberhasilan penjualan telah mencapai target tertentu, maka kembalilah terjun ke lapangan. Hal tersebut guna menanyakan respon pelanggan terhadap kualitas produk dan pelayanan yang telah diberikan.

Pertahankan unsur yang disukai pelanggan dengan komentar positifnya. Sediakan tempat untuk menerima kritik dan saran sehingga bisa memperbaiki kekurangan produk yang kurang disukai.

2. Mempertimbangkan Konsep Produk

Jika sudah memiliki konsep produk, jangan langsung diproduksi. Tunggulah hingga tim penyurvei menyuguhkan data selera calon pelanggan di lapangan. Diskusikan ulang dan inovasikan produk dengan cara menambahkan unsur sesuai keinginan masyarakat berdasarkan data.

Hanya melakukan sedikit perbaikan dan perubahan, tidak perlu mengubah konsep dasar. Perkembangan jaman dapat mempengaruhi selera, cepatlah menghadirkan produk tersebut sebelum pergantian era.

Kalau anda berhasil mengeluarkan suatu produk yang tidak pernah ada, produk akan lebih cepat laris karena konsumen akan tertarik dengan hal baru. Perbaharui konsep produk secara berkala agar pelanggan semakin penasaran dan menunggu inovasi berikutnya. Perbanyak tenaga Marketing guna melancarkan proses pengenalan dan penyaluran produk ke pelanggan.

3. Distribusi

Distribusi adalah salah satu kegiatan penting dalam konsep marketing mix. Tanpa distribusi, proses pemasaran tidak akan berjalan. Sistem distribusi yang baik dapat membuat perusahaan memiliki peluang lebih besar untuk menjual produknya.

Distribusi adalah proses marketing yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Distribusi adalah kegiatan yang sangat penting untuk semua jenis industri atau layanan. Distribusi adalah bagian paling awal dalam proses pemasaran produk.

Dalam pelaksanaannya, distribusi adalah bagian dari proses pemasaran yang dapat memberikan nilai tambah pada produk. Manfaat distribusi adalah menciptakan kelancaran arus pemasaran. Distribusi adalah penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.


cowomen-hz-6prUpVss-unsplash-1200x800.jpg
12/Oct/2021

1. Selalu Update

Perkembangan dalam dunia digital memang sangat cepat dan sering tidak terpikirkan sebelumnya. Satu-satunya cara menghadapi kondisi ini ialah dengan senantiasa memperbarui informasi dan tren terkini dari waktu ke waktu atau selalu update.
Hal-hal yang perlu Anda update secara berkala diantaranya tren dunia dan negara hari ini, teknik media digital terbaru, strategi teranyar yang dilakukan perusahaan ternama, dan lain sebagainya. Intinya semua hal yang bisa menunjang segala aktivitas pemasaran digital yang tengah Anda lakukan.

2.Pahami Target Audiens

Sebuah perusahaan bisa dengan mudah menentukan target audiens, namun belum tentu bisa memahami audiens. Nah agar kamu bisa memahami target audiens tersebut, kamu harus benar-benar terlibat secara langsung dengan pelanggan agar bisa memahami apa keinginan para pelanggan. Dengan keterlibatan tersebut merupakan salah satu bagian penting dalam praktek digital marketing untuk menghasilkan bisnis yang sukses.

3.Buat Konten yang Berkualitas

Kamu harus mampu menghasilkan konten yang menarik perhatian audience dan tertarik menggunakan produk atau jasa kamu. Seharusnya setelah mengenali target audience akan mempermudah kamu dalam membuat konten.

4.Memahami Cara Kerja Seluruh Jejaring Sosial

Sangat penting untuk Anda pahami bahwa prospek bisnis Anda adalah secara online. Apakah target demografik Anda akan berada di Facebook atau LinkedIn? Dengan seluruh jejaring sosial di dunia maya, terlihat sedikit tidak mungkin untuk masuk ke dalam seluruh media sosial yang ada. Oleh sebab itu, pikirkanlah terlebih dahulu platform mana yang paling sesuai dengan profil perusahaan Anda berdasarkan rating pelanggan yang paling sering berinteraksi dengan perusahaan Anda.

5.mengikuti Workshop

Hal terakhir  untuk sukses menjalankan teknik digital marketing adalah dengan mengikuti berbagai kegiatan workshop. Dengan mengikuti workshop tentang digital marketing, kamu akan memahami dan mengenal lebih jauh tentang digital marketing yang baik seperti apa dan bagaimana bisa membuat kampanye digital yang bisa menarik para pelanggan sebelum kamu terjun langsung melakukan prakteknya.

Baca Juga: Dry Eyes (Sindrom Mata Kering)


11/Oct/2021

1. Google Analytics

Google Analytics adalah platform analisis web yang disediakan oleh Google. Secara umum, ia dipakai untuk mengetahui data berupa trafik dan performa di dalam website. Secara khusus, ada banyak sekali macam data yang bisa didapat dan dibaca dari Google Analytics.

Google Analytics bisa dipakai untuk mengetahui data demografi pengunjung serta perilakunya ketika berselancar di website. Kemudian, ada juga fitur untuk mengetahui sumber trafik paling efektif bagi website. Macam-macam data ini bisa dilihat secara real-time.

Ada lebih banyak bentuk data yang bisa dieksplor. Misalnya, dalam poin perilaku pengunjung. Anda dapat lihat konten yang paling sukses menggait pengunjung untuk pertama kali. Kemudian, Anda juga bisa lihat alur pengunjung ketika menyusuri website. Ada juga bagian untuk melihat halaman terakhir yang diakses pengunjung sebelum meninggalkan website.

2. Hootsuite

Digital marketing tools yang bisa anda coba adalah Hootsuite. Tools satu ini digunakan untuk kepentingan social media management. Hootsuite akan membantu anda untuk melakukan pengelolaan terhadap semua jaringan sosial yang anda miliki pada satu tempat. Selain itu juga dapat membantu meningkatkan kepopuleran anda di dalam dunia sosial media.

Tools ini juga dapat membantu memantau channel anda dan melihat berbagai pendapat orang lain terhadap brand dari perusahan anda. Jika anda memanfaatkan twitter sebagai cotumer service, anda dapat menghindarkan sosial media crisis dengan menghadirkan respon yang cepat dan juga langsung mendelegasikan pesan kepada anggota tim lainnya.

3. Mailchimp

Mailchimp menjadi salah satu solusi terbaik untuk email marketing. Mengingat, email marketing merupakan salah satu cara terbaik agar brand tetap dekat dengan pelanggan. Tools email marketing ini yang satu ini memiliki fitur andalan berupa otomasi gratis untuk semua. Anda bisa mengirimkan ratusan hingga ribuan email secara otomatis.

Namun, tak banyak yang tahu kalau email marketing hanyalah satu di antara banyak fitur Mailchimp punya. Lengkapnya, Mailchimp memiliki layanan customer relationship management (CRM), alat desain untuk brand, pembuat campaign yang terintegrasi, hingga penyedia analytics lengkap. Dengan semua layanan itu, tak heran kalau branding yang dikedepankan Mailchimp ialah The-All-in-One Marketing platform.

4. Google Ads

Bagi pebisnis online maupun Digital Marketer Expert, menjadi nomor satu di search engine atau first page di Google merupakan tujuan utama. Karena itulah, kita menggunakan Search Engine Marketing (SEM) untuk bisa memenangkan persaingan di mesin pencarian.

Google Ads memungkinkan pengiklan menawar kata kunci (keywords) tertentu yang sesuai untuk bisnisnya dengan tujuan agar iklan tersebut bisa muncul pada hasil pencarian Google. 

Tidak hanya itu, ada juga beberapa produk iklan lainnya seperti Google Display Network, Shopping, dan Video. Sama halnya dengan Google Academy, kamu juga bisa belajar secara mandiri segala hal tentang Google Ads melalui laman Google Ads Help.

5. Hubspots

HubSpot merupakan perusahaan penyedia jasa manajemen konten untuk website, , media sosial, web analytics, landing pages dan form yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti untuk capture leads, SEO, CRM, dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda bisa menggunakan HubSpot secara gratis dan juga berbayar.

Jika Anda menggunakan tools ini secara gratis, terdapat beberapa fitur yang sudah dapat mengakomodasi kebutuhan aktivitas pemasaran digital seperti email tracking & notifications, leads tracking, meeting scheduling, live chat, dan lainnya. Namun, jika Anda menggunakan tools berbayar dari HubSpot, Anda bisa dengan mudah memaksimalkan tools marketing automation untuk mengelola konten blog, social media, dan email yang terhubung dengan leads Anda.

Baca ini juga : Macam-Macam Industri


ant-rozetsky-HXOllTSwrpM-unsplash-1200x675.jpg
06/Oct/2021

Kegagalan dalam bisnis adalah salah satu hal yang paling ditakuti oleh pelaku bisnis.
Kemauan dan kemampuan untuk mengambil resiko merupakan salah satu hal utama
yang harus dipertimbangkan sebelum memulai bisnis.Hampir semua pebisnis mengalami kegagalan dalam berbisnis
bahkan pebisnis top sekelas Bill Gates dan Jeff Bezos pun pernah gagal dalam berbisnis.

Sebagai pemilik bisnis ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisnisnya tetap bertahan,
Berikut beberapa kesalahan penyebab bisnis gagal.

Baca Juga: Apa Saja Peluang Bisnis Setelah Pandemi Berakhir?

1.Gagal Dalam Perencanaan

Dalam menjalankan bisnis, perencanaan adalah hal penting yang harus dilakukan pertama kali.
Banyak sekali pebisnis yang ingin sukses namun karena hanya bermodalkan ide bisnis kreatif,
bisnis yang mereka bangun kandas di tengah jalan karena tidak memiliki rencana.Dengan adanya rencana bisnis(Business Plan) akan membuat Anda lebih fokus dan terarah saat menjalankan bisnis.
Dengan begitu, tujuan Anda merintis bisnis akan tercapai sesuai target yang telah ditetapkan.

Komponen perencanaan bisnis bisa mencakup:

  • Deskripsi bisnis, visi, tujuan, dan kunci keberhasilan
  • Kebutuhan tenaga kerja
  • Solusi dan masalah potensial
  • Keuangan, alat modal, neraca keuangan, laporan laba-rugi, analisa aliran dana, penjualan, dan
    perkiraan pengeluaran.
  • Analisa kompetisi
  • Pemasaran, iklan, dan aktivitas promosi
  • Budgeting dan pertumbuhan manajemen perusahaan.

2.Manajemen Bisnis yang Kurang Baik

Banyak kegagalan bisnis berakar pada manajeman yang buruk.Para pemilik bisnis yang masih baru sering kali kurang memiliki keahlian dan manajemen bisnis di bidang seperti keuangan, penjualan, produksi, dan perekrutan dan pengaturan pegawai.
Kecuali mereka menyadari langkah keliru yang ditempuh dan mencari bantuan, pemilik bisnis bisa segera berhadapan dengan ancaman kegagalan.

3.Lokasi yang Kurang Memadai

lokasi yang strategis adalah faktor yang menentukan kesuksesan bisnis.lokasi yang kurang strategis dapat mengakibatkan perusahaan sukar beroperasi karena kurang efisien.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

  • Lokasi pesaing
  • Dimana pelanggan berada
  • Lalu-lintas, aksesibilitas, parkir
  • Kondisi dan keamanan gedung
  • Program insentif lokal untuk bisnis startup di area yang ditargetkan
  • Penerimaan pada bisnis baru di lokasi yang prosepektif.

4.Tidak Memiliki Nilai Jual Unik

Nilai sangatlah penting dibentuk untuk dapat menarik dan membandingkan produk kita dengan produk para kompetitor kita.Nilai bukan hanya berupa perhitungan angka, nilai juga dapat berupa tatapan pertama pada sebuah produk.
Saat kita ingin memberikan nilai tambah pada produk yang kita ciptakan dan kita jual,
kita harus tahu terlebih dahulu apa yang membuat produk kita pantas mendapatkan nilai tambah lebih dari yang lain.

Baca Juga: Pentingnya Kenali Target Pasar Untuk Bisnis Anda!

5.Tidak Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Memperhatikan Kebutuhan Konsumen Itu Penting untuk Kesuksesan Bisnis,Kesuksesan suatu bisnis tergantung pada jumlah konsumen.
Dengan konsumen yang banyak, maka angka penjualan akan terdongkrak secara otomatis, keuntungan menjadi maksimal, dan bisnis dapat melakukan ekspansi.
Bisnis Anda akan gagal bila Anda mengabaikan interaksi dengan pelanggan dan memahami apa yang mereka butuhkan dan feedback yang mereka berikan.


06/Oct/2021

Perkembangan teknologi sangat berdampak pada perubahan perilaku konsumen. Di Indonesia pengguna internet dari tahun ke tahun semakin meningkat. Menurut survei APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), pada 2018 terdapat 171,17 juta jiwa yang menggunakan internet angkanya, naik 10.12% dari tahun sebelumnya. Dari angka tersebut, 96% pengguna internet Indonesia pernah menggunakan internet untuk mencari produk/layanan untuk dibeli secara online.

Tentunya hal ini adalah peluang yang sangat besar bagi pengusaha bukan? Apakah sahabat UKM sudah mulai menggunakan penjualan secara online? Jika belum, saatnya memulai memanfaatkan digital marketing dan bagi yang sudah menggunakan saluran pemasaran digital. Sudah efektifkah media yang digunakan saat ini? Sejauh mana media digital ini dapat meningkatkan penjualan sahabat UKM? Yuk kita bahas apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan dengan digital marketing.

Tujuan dan Jenis-Jenis Digital Marketing

1. Tujuan Digital Marketing

Sebagian besar digital marketing memiliki sasaran untuk mencapai berbagai tujuan, seperti:

  • Meningkatkan pangsa pasar.
  • Meningkatkan jumlah komentar pada sebuah blog atau website.
  • Meningkatkan pendapatan penjualan.
  • Mengurangi biaya, misalnya biaya distribusi atau promosi.
  • Mencapai tujuan merek, seperti meningkatkan kesadaran merek.
  • Meningkatkan ukuran database.
  • Mencapai tujuan Customer Relationship Management, seperti meningkatkan kepuasan pelanggan, frekuensi pembelian, atau tingkat referensi pelanggan.
  • Memperbaiki manajemen rantai suplai, seperti dengan meningkatkan koordinasi anggota, menambahkan mitra, atau mengoptimalkan tingkat persediaan.

2. Jenis-Jenis Digital Marketing

Ada beberapa jenis-jenis digital marketing yang harus kamu ketahui di antaranya:

Push digital marketing

Jenis digital marketing yang satu ini mengacu pada berbagai upaya mempromosikan produk atau jasa tanpa persetujuan awal dari calon konsumen. Beberapa strategi marketing yang masuk kategori ini adalah pembuatan blog, website, beriklan di berbagai website, pengiriman email promosi ke email konsumen dan pengiriman SMS berisi promosi produk ke nomor ponsel orang-orang.

Pull digital marketing

Tidak seperti jenis push digital marketing di mana calon konsumen berada pada sisi pasif atau hanya sebagai penerima, jenis pull digital marketing mengacu pada keaktifan calon konsumen dalam mencari informasi mengenai produk atau jasa yang mereka butuhkan. Para konsumen mencari informasi ini melalui website atau blog yang menyediakan informasi yang mereka cari.

3. Manfaat Digital Marketing

Ada pun manfaat digital marketing, yaitu:

  • Menghubungkan dengan konsumen di Internet.
  • Menghasilkan penjualan yang tinggi.
  • Mengaktifkan layanan pelanggan real-time.
  • Menghubungkan pelaku dengan konsumen yang menggunakan perangkat mobile.
  • Membantu menghasilkan pendapatan tinggi.
  • Menjaga posisi terhadap pesaing.
  • Membantu bersaing dengan perusahaan besar.
  • Mempersiapkan untuk era internet of things.

 4. Langkah Memulai Digital Marketing

Ada beberapa langkah memulai digital marketing yang harus kamu ketahui .di antaranya:

  • Membuat website dengan konsep dan desain yang tepat.
  • Mebuat content website yang sesuai dengan target pemasaran.
  • Membangun aset sosial media.
  • Membuat content marketing untuk website dan sosial media.
  • Menerapkan SEO untuk website.
  • Menggunakan iklan Google atau Facebook.
  • Membangun aset video content seperti Youtube.
  • Selalu belajar dari ahlinya dan mempraktikan.

5. Memanfaatkan Social Media Marketing

Anda dapat melakukan berbagai macam langkah promosi melalui platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Linkedln, dan lainnya. Namun sebagai langkah awal, mulailah terlebih dahulu dengan mempelajari cara kerja tiap media sosial, siapa saja penggunanya, dan bagaimana mereka berinteraksi. Selanjutnya, buatlah konten yang menarik terkait produk dan jasa yang mau Anda tawarkan.

Konten yang dibuat bisa dalam bentuk caption disertai foto produk berkualitas terbaik, video, animasi, infografis, kombinasi video dan captionbanner, dan sebagainya. Lakukan secara rutin untuk memproduksi konten ini sambil terus melakukan pengamatan yang detail di berbagai fitur promosi yang tersedia di masing-masing media sosial.

Nanti sejalan dengan waktu, Anda akan segera tahu mana media sosial yang cocok untuk produk Anda dan bagaimana langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan agar strategi promosi yang Anda harapkan bisa berjalan dengan baik. Jangan lupa mengusahakan agar followers atau pertemanan Anda di sosial media terus bertambah sehingga potensi audiens atau calon pelanggan yang melihat postingan Anda dari waktu ke waktu juga semakin banyak.


Image-Manfaat.png
30/Jul/2021

Anda mungkin mengetahui bahwa Instagram dikenal sebagai platform berbagi foto. Namun, Instagram ingin menanggalkan “label” tersebut. Hal itu diungkapkan CEO Instagram, Adam Mosseri.

“Kami bukan lagi sekadar aplikasi berbagi foto atau aplikasi berbagi foto persegi (rasio 1:1),” kata Mosseri dalam sebuah video yang diunggah di akun Twitter dan Instagram pribadinya. Alasannya menurut Mosseri, kini banyak orang membuka Instagram untuk mencari hiburan.

Oleh karena itu, ke depannya Instagram akan fokus pada empat hal untuk lebih banyak menyuguhkan konten hiburan. Empat hal yang dimaksud yakni kreator, video, belanja, dan perpesanan (messaging). Mosseri tidak mengelak bahwa bergesernya haluan perusahaan ini merupakan respons atas sengitnya persaingan dengan aplikasi media sosial lain.

“Karena jujur saja, persaingan semakin ketat saat ini, TikTok sangat besar, YouTube bahkan lebih besar, dan masih banyak pemula lainnya,” aku Mosseri.

Untuk memulai perubahan ini, Instagram akan mempersiapkan lebih banyak fitur dalam beberapa ke depan. Mosseri membocorkan beberapa fitur baru yang sedang disiapkan, salah satunya fitur rekomendasi.

Sesuai dengan namanya, pengguna akan disodori rekomendasi akun di Feed Instagram yang mungkin belum diikuti pengguna. Fitur ini sudah terendus beberapa waktu lalu.

Fitur tersebut sempat diberi nama “suggested posts”. Mosseri mengatakan uji coba fitur tersebut cukup positif dan pekan ini sedang melakukan uji coba yang baru.

Pengguna juga memiliki kontrol untuk mengatur rekomendasi, mana jenis unggahan yang kira-kira mereka suka dan mana yang tidak. Jika kurang tertarik, mereka bisa menyembunyikan rekomendasi. Kemudian ada fitur “topics” yang akan menampilkan rekomendasi topik apa yang kemungkinan menarik bagi pengguna.

Mosseri juga mengatakan Instagram akan membawa pengalaman baru untuk video. “(Video) layar penuh, imersif, menghibur, dan video yang mengutamakan seluler,” jelas bapak tiga anak ini.

Demi “memanjakan” kreator video, Instagram kini memiliki dua fitur khusus video yang bisa dipilih penggunanya. Bagi yang ingin membuat video pendek seperti TikTok, bisa memilih Reels yang durasinya kurang lebih 15-30 detik.

Sementara bagi kreator yang ingin mengunggah video berdurasi panjang, bisa memilih IGTV yang durasi maksimalnya 60 menit. Selain itu, Mosseri mengatakan akan ada beberapa perubahan lain yang sedang diuji coba oleh tim Instagram untuk beberapa waktu mendatang. Mosseri berjanji akan memginformasikan secara publik tentang apa saja yang sedang disiapkan oleh Instagram untuk penggunanya.

 


Pengertian-Mailing-List-dan-Jenis-Mailing-List-Yang-Bisa-Digunakan-1200x801.jpg
14/Jul/2021

Setiap bisnis pasti pernah mengalami konsumen komplain untuk sesuatu yang kurang memuaskan mereka, entah dari produk atau dari layanan bisnis Anda. Hal ini wajar dan sering terjadi. Untuk itu, Anda perlu yang namanya Customer Relationship Management (CRM).

 

Apa Itu CRM dan Apa Pentingnya CRM dalam Perusahaan?

Customer Relationship Management, atau yang disingkat CRM, adalah strategi manajemen hubungan pelanggan dengan perusahaan yang bertujuan untuk mengelola hubungan baik dengan para konsumen atau pelanggan, mengumpulkan semua data pelanggan, kemudian merekam aktivitas tenaga penjual, terutama dalam berhubungan dengan calon pelanggan atau yang sudah jadi pelanggan tetap.

Jika ada pertanyaan, apa pentingnya CRM dalam perusahaan? Jawabannya, sudah tentu penting karena dalam pekerjaan penjualan secara langsung, interaksi antara tenaga penjual sebagai wakil perusahaan dan calon pelanggan harus dibangun dengan baik.

Customer Relationship Management atau CRM adalah sebuah pendekatan atau sistem yang mengelola hubungan antara pihak korporasi (perusahaan) dengan pelanggan pada level bisnis. Sehingga, dapat memaksimalkan komunikasi dan pemasaran melalui kontak dari user yang berbeda.

Pendekatan jenis ini dapat memungkinan untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah kepada customer tersebut. CRM sendiri mengkombinasikan kebijakan, proses, dan strategi dalam satu kesatuan yang diimplementasikan dalam sebuah perusahaan.

Dalam bisnis, Anda sudah jelas tak bisa selalu menyenangkan dan membuat semua orang puas. Pasti akan ada orang-orang yang merasa kecewa, tidak puas, dan sebagainya. Untuk itulah dibutuhkan adanya CRM yang diharapkan dapat membantu Anda lebih dekat dengan pelanggan. Kenapa bisnis perlu dekat dan mendengar suara pelanggan? Karena jika Anda tak mendengarkan mereka, maka mereka akan dengan mudah berpindah ke kompetitor yang bisa jadi memberi layanan pelanggan dengan lebih baik serta mau mendengarkan keluhan dan masukan dari mereka.

Menghadirkan Customer Relationship Management (CRM) di dalam perusahaan Anda sebenarnya tak semata-mata untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, tetapi juga untuk meningkatkan penjualan yang berkesinambungan dan mendapatkan laba. Jika dirumuskan lebih detail, maka keberadaan CRM akan banyak membantu Anda dalam menyediakan berbagai informasi yang Anda butuhkan terkait pelanggan, kebutuhan dan keinginan mereka, yang jika Anda penuhi akan meningkatkan keuntungan bagi usaha Anda.

 

Manfaat Customer Relationship Management dalam Bisnis

Hadirnya aplikasi keluhan pelanggan seperti CRM ini, tentu dapat membantu para pemilik perusahaan menangani semua keluhan dengan penanganan yang cepat dan baik. Namun, di balik itu semua tentu ada manfaat yang nantinya bisa Anda dapatkan dari penerapan CRM dalam bisnis Anda, seperti:

  • Dapat Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Dengan semua informasi mengenai pelanggan yang nantinya dikumpulkan melalui SMS, email, panggilan telepon, website, hingga sosial media, dapat membuat perusahaan memahami para pelanggan secara konsisten, bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan kebutuhan mereka, mudah mencarikan solusi atas permasalahan yang pelanggan hadapi, bahkan bisa memberikan perhatian lebih di momen-momen istimewa pelanggan. Otomatis perhatian yang Anda berikan dapat meningkatkan kesetiaan pelanggan terhadap produk dan brand Anda. Data yang dikumpulkan melalui CRM juga bisa menjadi bekal bagi perusahaan untuk melakukan berbagai perbaikan serta meningkatkan kualitas pelayanan menjadi lebih baik lagi.

  • Efisien dalam Penggunaan Anggaran Perusahaan

Dengan adanya penerapan CRM dalam bisnis, tentu Anda juga akan bisa mengurangi biaya pemasaran. Mengapa demikian? Sebab, setiap produk yang dikeluarkan tentu sudah menemukan pangsa pasarnya masing-masing. Oleh karena itu, Anda tidak perlu melakukan survei lagi.

 

Penggunaan CRM dalam menjalankan bisnis Anda juga bisa membantu peningkatan pelayanan kepada pelanggan, tetapi Anda tetap bisa mengefisiensikan anggaran dana perusahaan agar tak terbuang percuma untuk layanan pelanggan yang kurang tepat sasaran. Skema CRM yang sistematis dalam menargetkan pelayanan yang perlu diberikan kepada pelanggan di saat yang tepat dan memang dibutuhkan pelanggan bisa memberi dampak yang bagus pada terjadinya peningkatan penjualan.

 

Tujuan CRM

Tujuan dari pembuatan sistem informasi berbasis CRM ini adalah, sebagai berikut:

  • Untuk meningkatkan keuntungan bagi sebuah perusahaan melalui terjalinnya hubungan yang baik antara korporasi dengan pihak pelanggan terkait.
  • Menyediakan informasi yang lengkap mengenai data pelanggan untuk memaksimalkan hubungan antara pihak perusahaan dan pelanggan melalui penjualan secara up selling dan cross selling.
  • Menggunakan informasi yang telah terintegrasi sehingga menghasilkan sistem pelayanan yang memuaskan.
  • Menghasilkan konsistensi dalam pembuatan prosedur penyaluran jawaban kepada pelanggan.
  • Fungsi dari CRM

Di dalam sistem CRM juga memiliki fungsi yang harus diterapkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menerapkan falsafah yang berorientasi pada pelanggan (customer centric).
  • Mengidentifikasi faktor penting bagi kebutuhan pelanggan.
  • Membangun proses pelayanan terhadap pelanggan secara maksimal.
  • Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang dari customer.
  • Menyediakan dukungan kepada customer secara penuh.
  • Menangani berbagai keluhan yang berasal dari pelanggan.
  • Melakukan pencatatan terhadap setiap aspek dalam penjualan.
  • Membuat informasi yang berkaitan dengan pusat layanan dan penjualan dari customer.

 

Komponen dari CRM

Customer Relationship Management atau dalam bahasa Indonesia berarti Manajemen Hubungan Pelanggan memiliki tiga komponen penting di dalamnya, yang meliputi:

  1. Manajemen (Management)

Terkait dengan komponen manajemen berfokus pada sistem pengelolaan dan peningkatan hubungan dengan pelanggan. Nantinya akan berdampak pada kemajuan perusahaan dalam meningkatkan pengembangan dari segi keunggulan yang kompetitif.

  1. Hubungan (Relationship)

Komponen yang berikutnya adalah hubungan, dimana sebuah perusahaan atau instansi tentunya membutuhkan komunikasi yang dilakukan secara dua arah. Tujuannya adalah untuk memberikan kepuasan kepada customer dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Pelanggan (Customer)

Untuk komponen pelanggan merupakan orang yang akan, sedang, dan pernah menggunakan jasa sebuah perusahaan. Baik itu dalam proses melihat, melakukan transaksi, maupun perbaikan (maintenance).

Tahapan dalam Customer Relationship Management

Terdapat tiga tahap dalam sistem CRM yang harus dilakukan oleh setiap korporasi, berikut adalah penjelasannya.

  1. Memperoleh Pelanggan yang Baru (Acquired)

Untuk dapat memperoleh pelanggan baru, anda harus memastikan untuk memberikan kenyamanan dari sisi pelayanan kepada pelanggan saat membeli dan menggunakan produk anda.

Kemudian, anda juga dapat mempromosikan produk dengan memberikan kesan pertama yang baik kepada pelanggan. Nantinya, pelanggan akan lebih percaya terhadap perusahaan anda.

  1. Menambah Nilai dari Pelanggan (Enhanced)

Terdapat dua cara dalam meningkatkan hubungan dengan pelanggan, yaitu dengan cara up selling dan cross selling. Untuk up selling sendiri adalah menawarkan produk yang sama, akan tetapi mempunyai kualitas yang jauh lebih baik. Sedangkan cross selling merupakan strategi pemasaran dengan menawarkan produk pelengkap terhadap barang yang sudah dimiliki oleh pelanggan.

  1. Mempertahankan Pelanggan (Retain)

Untuk mempertahankan pelanggan, anda harus memberikan pelayanan dan dukungan aplikasi yang bermanfaat. Dan juga, dapat meningkatkan kredibilitas dari perusahaan yang anda miliki.

 

Anda juga harus menyediakan waktu untuk mendengarkan pendapat atau masuk dari pelanggan. Sebagai contoh, melayani ketidakpuasan customer mengenai produk yang ditawarkan. Dengan begitu, pihak perusahaan dapat melakukan evaluasi dan memperbaiki sistem layanan dan fitur aplikasi yang dimiliki.

Manfaat Customer Relationship Management untuk Bisnis

Selanjutnya, masuk pada pembahasan mengenai manfaat dari CRM untuk kebutuhan bisnis.

  1. Mendorong Loyalitas Pelanggan

CRM memungkinkan sebuah perusahaan untuk memanfaatkan informasi pelanggan, baik dari call center, website, maupun melalui staf pemasaran produk. Memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan dapat memberikan hasil yang positif bagi peningkatan bisnis anda.

  1. Meningkatkan Efisiensi Operasional Kerja

Dengan adanya CRM, mampu untuk memberikan kemudahan dalam proses penjualan produk dan layanan. Selain itu juga dapat mengurangi tingkat resiko dari turunnya kualitas pelayanan dan beban cash flow.

  1. Mengurangi Biaya Produksi

Penjualan produk memiliki skema yang lebih spesifik dan berfokus untuk menargetkan pelayanan terhadap pelanggan. Oleh karena itu, biaya yang dikeluarkan akan tercatat dan ditampilkan secara terperinci.

  1. Meningkatkan Time to Market

Penerapan CRM mampu untuk mendapatkan berbagai informasi seperti data trend pembelian yang dilakukan oleh pelanggan. Kemudian, juga menentukan waktu yang tepat dalam memasarkan sebuah produk.

  1. Mendapatkan Pendapatan secara Optimal

Dengan menerapkan sistem CRM yang tepat, maka dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, mengurangi biaya, time to market, dan meningkatkan efisiensi kerja. Yang mana, ke semua hal tersebut sangat berpengaruh dalam memberikan profit (keuntungan) bagi pelaku bisnis.

 

 


channel.jpg
09/Jul/2021

Mengenal Distribution Channel & Strategi Pemilihannya Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Dalam sebuah rantai bisnis, sebuah barang atau jasa harus melalui beberapa tahap hingga sampai konsumen, dan ini dinamakan distribution channel. Ada 2 jenis channel distribusi yang perlu Anda ketahui. Mungkin, Anda berpikir hanya ada satu tahap yang dilewati, yakni dari manufaktur hingga ke end consumer atau konsumen.

Ternyata, ada proses penyebaran lainnya yang juga berbeda. Secara umum, ada 2 jenis proses dari hulu maupun dari hilir. Terlepas dari proses distribusi yang ada, hal terpenting yang perlu diketahui adalah bagaimana barang bisa sampai ke konsumen. Semakin lancar, maka barang bisa tersampaikan ke konsumen dengan mudah, agar keuntungan makin meningkat. Lantas, apa saja distribution channel yang ada dan bagaimana cara memilihnya?

Jenis-jenis distribution channel yang perlu Anda ketahui
Secara umum, ada 2 jenis distribution channel yang digunakan oleh banyak perusahaan hingga sekarang. Masing-masing kanal tentunya melibatkan banyak pihak mulai dari produsen barang hingga ke konsumen.

Distribusi langsung
Bisa dibilang, model ini adalah yang paling konvensional dan sering digunakan. Proses ini hanya melibatkan banyak pihak, produsen ke konsumen. Biasanya, jenis-jenis produk yang dijual adalah perhiasan dan toko roti.

Distribusi tidak langsung

Berbeda dengan jenis yang pertama, distribusi tidak langsung melibatkan banyak pihak dan terbagi lagi menjadi 3 jenis.

    • One-level channel

Proses ini melibatkan 3 pihak, produsen – retailer – konsumen. Anda kerap melihat bagian ini di toko baju, furniture, mainan, sepatu, dan sebagainya.

    • Two-level channel

Jika sebelumnya hanya melibatkan 3 pihak, proses ini melibatkan banyak pihak seperti produsen – grosir – retailer – konsumen. Biasanya barang yang dijual adalah barang yang tahan lama.

    • Three-level channel

Jenis yang terakhir merupakan jenis distribusi modern dengan banyak pihak. Proses pengiriman barang ke konsumen dimulai dari produsen. Setelah itu, barang akan melalui agen-grosir-retailer hingga konsumen. Grosir dan distributor memiliki peran untuk menyalurkan barang ke daerah-daerah yang terpencil atau jauh dari pusat kota.

Cara memilih distribution channel yang tepat

Setelah melihat jenis-jenis kanal distribusi yang Anda. Kini, saatnya Anda tahu cara memilihnya yang tepat. Yang perlu Anda perhatikan adalah, tidak semua kanal tepat bagi bisnis Anda. Hal ini tentu bergantung kepada bisnis Anda sendiri. Pertama, Anda perlu memperhatikan target penjualan Anda. Dengan begitu, Anda tahu bagian mana saja yang perlu dipilih untuk bisnis Anda.

Kedua, pertimbangkan kecepatan pengiriman produk. Semakin cepat produk sampai ke konsumen, maka produk Anda bisa dinikmati langsung dan semakin untung. Dengan begitu, perhatikan hal tersebut. Melibatkan banyak pihak seperti distributor dan grosir mungkin menjadi solusi yang tepat untuk mengirimkan barang hingga daerah-daerah di luar kota besar. Namun, hal ini tentunya bergantung kepada bisnis Anda sendiri.


value-proposition.jpg
09/Jul/2021

Value proposition adalah nilai atau manfaat yang ditawarkan kepada pelanggan. Manfaat ini terwujud dalam bentuk sekumpulan produk atau jasa. Di mata pelanggan, value proposition ini adalah sebagai solusi atau jawaban atas apa yang mereka butuhkan, atau pemecahan dari masalah yang mereka hadapi. Singkatnya, value proposition akan menjadi alas an bagi para pelanggan, kenapa mereka membeli produk atau jasa kita dan bukan membeli dari pesaing
Sebagai contoh value proposition dari restoran cepat saji adalah memenuhi rasa lapar para pelanggannya dalam waktu cepat. Ada juga untuk restoran mewah, mereka menawarkan value proposition berupa sauna rileks, suasana romantic, jadi selain menyajikan makanan dan minuman mereka menyajikan suasana, design ruangan, live music, pertunjukan lain untuk menciptakan suasana

Value proposition dalam organisasi merupakan salah satu bagian dari keseluruhan Bisnis proses perusahaan, yang memiliki peranan sangat penting bagi keseluruhan proses bisnis. Untuk lebih jelas, silahkan Anda pelajari “Bisnis Proses Canvas” yang dikenalkan oleh PPM management dalam bentuk buku yang luar biasa.

 

Ragam Value proposition

Paling tidak ada sebelas bentuk vakue proposition. Meskipun demikian secara garis besar kita bisa golongkan menjadi 2 besar value proposition, yaitu Kuantitatif dan Kualitataif. Contoh value proposition kuantitaitf adalah : harga murah dan kecepatan pelayanan. Contoh VP kualitatif adalah rasa relaks, rasa kenyang, rasa senang, rasa bangga, status dan sebagainya.

Kesebelas Value Proposition yang disampaikan oleh Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur tersebut adalah : Newness (kebaruan) Performance (kinerja), Customization, Getting the job done (penyelesaian pekerjaan), Design (desain), Brand/Status (merek/status), Price (harga), Cost Reduction (pengurangan biaya), Risk Reduction (pengurangan resiko), Accessibility (akses), dan convenience / usability (kenyamanan / kemudahan penggunaan)

Newness
Propossi nilai kebaruan, adalah proposisi nilai yang sebelumnya tidak pernah ditawarkan oleh perusahaan manapun. Ketika pertama kali meminum teh dalam kemasan botol diperkenalkan, perusahaan menawarkan nilai yang benar-benar baru bagi pelanggannya. Semua orang di Indonesia kalau hendak menikmati teh harus duduk dirumah atau di restoran dan sejenisnya. Kalaupun hendak menikmatinya di perjalanan, harus membawa sendiri dari rumah. Dengan adanya kemasan dalam botol yang didistribusikan secara luas, maka minuman teh bisa dinikmati secara instan

Performance
Umumnya, untuk menciptaka nilai, perusahaan harus melakukan peningkatan kinerja produk . jasanya. Produsen motor , akan menambah nilai dengan cara menambah kapasitas mesin, sehingga motor bisa berlari lebih cepat. Contoh lain adalah produsen prosesor computer. Peningkatan kemampuan prosesor computer bisa menjadi nilai bagi pengguna computer untuk mengolah data atau grafis secara lebih cepat dan akurat

Customization
Customization adalah produk atau jasa yang disesuaikan dengan kebutuhan individual pelanggan. Kita ambil contoh produk sepeda motor kembali. Motor modifikasi adalah contoh produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Sekarang dikembangakn konsep mass customization, yaitu bentuk penyesuaian kebutuhan individual tetapi bisa digunakan secara masal. Sebagi contoh adalah produk sepeda motor matic yang ditujukan untuk pelanggan perempuan

Getting the job done
Nilai dapat diciptakan hanya dengan membantu pelanggan melakukan pekerjaan tetrtentu. Sebagai contoh adalah jasa yang diberikan oleh advertising agency. Mereka akan merancang dan membuat iklan utnuk membantu perusahaan menjalankan fungsi promosinya. Dengan bantuan advertising agency, suatu perusahaan dapat lebih berkonsentrasi menjalankan strategy promosi

Design
Suatu produk . jasa dapat unggul di pasar bisa jadi karena designnya. Contoh paling mudah adalah dunia fashion/ suatu rancangan pakaian akan menentukan keberhasilan atau kegagalan di pasar. Rancangan yang sesuai dengan kebutuhan dan selera pasar, akan sukses. Sebaliknya design pakaian yang tidak sesuai dengan kebutuhsn dan selera pasar, akan gagal di pasar

Brand/Status
Perusahaan dapat memberikan nilai kepada pelanggan dengan cara member status. Status sosial ekonomi seseorang dpaat dilihat dari merek mobil yang dikendarai. Demikian pula, seseorang yang menginap di hotel bintang lima berbeda status social ekonominya dengan merekan yang menginap di hotel bintang tiga. Pelanggan starbuck berbeda status sosial ekonominya dengan pelanggan warung kopi, meskipun sama-sama minum kopi. Perusahaan dapat mendesign value proposition utnuk memenuhi kebutuhan pengakuan status pelanggan.

Harga
Pada segmen pasar yang sensitive terhadap harga, harga yang rendah untuk produk / jasa akan memeberikan nilai tersendiri. RIM mengeluarkan blackberry dengan harga dibawah 2 juta rupiah merupakan upaya untuk memberikan nilai tambah dari aspek harga. Jenis telpon ini mejadi alternative bagi segmen kelas bawah yang membutuhkan alat komunikasi mobile

Cost Reduction
Perusahaan dapat member nilai kepada pelanggan berupa pengurangan biaya dari aktivitas yang dilakukan pelanggan. Sebagai contpoh adalah perusahaan perangkat lunak akutansi, CRM, atau payroll akan sangat membantu penggunanya menghemat biaya maupun tenaga perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya. Perusahaan – perusahaan jasa konsultasi managemen juga menawarkan system yang sasaran akhirnya alalah mengurangi biaya operasional perusahaan

Risk Reduction
Perusahaan dapat member nilai untuk pelanggannya dengan cara mengurangi resiko yang dihadapi pelanggan. Praktik umum yang dilakukan para produsen adalah memberikan garansi dalam bentuk perbaikan atas kerusakan. Produsen mobil atau barang elektronik menawarkan nilai kepada pelanggannya. Jenis perusahaan yang memberikan nilai tambah khusus pengurangan resiko adalah perusahaan-perusahaan asuransi

Accessibility
Cara lain memberikan nilai untuk pelanggan adalah memberikan akses kepada pelanggan yang semula tidak bisa mendapatkan jasa / produk. Di Indonesia kita harus bisa melihat peran perusahaan pembiayaan sepeda motor dan mobil. Dengan bantuan perusahaan pembiayaan, warga masyarakat yang secara ekonomi tidak bisa membeli sepeda motor atau mobil, sekarang bisa membelinya

Convenience/usability
Perusahaan dapat menciptakan nilai untuk pelanggannya dengan cara mebuat mereka dapat melakukan aktivitas menjadi lebih nyaman. Industri penerbitan, baik media maupun buku di Indonesia sekarang sedang berada lama transisi menuju penerbitan digital. Bagi pembaca generasi muda, bacaan yang dapat diakses secara mudah melalui jaringan internet dan dapat dibaca pada perangkat alat baca buku elektronik akan memebrikan kenyamanan dan kepraktisan. Dalam satu alat baca elektronik, sesorang dapat menyimpan ratusan buku yang dapat diakses dengan mudah dimana saja. Kapan saja.

 

Contoh Kasus : 7-eleven

Pengembangan value proposistion di industry retell consumer good dapat diamati melalui perkembangan took-toko ritel seperti Indomaret dan Afamart. Mereka bersaing melalui harga, kelengkapan barang yang dijual dan aksesibilitas. Persaingan aksesibilitas diantara keduanya, tercermin pada keberadaan gerai mereka disetiap tempat sehingga dapat dikatakan di mana ada Indomaret disitu ada alfamart dan sebaliknya. Ketiga value proposition utama tadi (harga, kelengkapan barang dan aksesbilitas) mampu merebut para pembeli toko-toko kelontong kecil (tradisional) pindah ke minimarket ini

Perkembangan daya belli masyarakat yang terus meningkat menyebabkan pasar minimarket berkembang cukup pesat di kota-kota besar hingga ke kota kecamatan di daerah – daerah. Sangat menarik, di tengah persaingan dua minimarket tersebut muncul 7-eleven. 7-eleven sebenarnya bukanlah minimarket, melainkan convenience store. Convenience store adalah took-toko kecil yang menyediakan kebutuhan sehari-hari seperti makanan ringan, minuman ringan, rokok, mengambil uang atau melakukan transfer. Makanan yang disajikan bisa langsung dikonsumsi ditempat, sehingga convenience store juga menyediakan tempat untuk makan. Umumnya convenience store buka 24 jam. Perbedaan nyata dengan took atau minimarket adalah convenience store menyediakan barang untuk dikonsumsi segera. Bukan untuk disimpan di rumah. Jadi, convenience store merupakan suatu konsep bisnis yang berbeda meskipun produk yang dijual relatif sama dengan toko ritel lain.

Bagi masyarakat Indonesia, konsep bisnis 7-eleven memberikan pengalaman baru, 7-eleven tidak sekedar menjual barang/produk dengan value proposition memenuhi kebutuhan sehari-hari, harga murah, mudah dijangkau, tetapi juga sebagai tempat ngobrol.

Gaya hidup yang ditawarkan sesuai dengan trend perkembangan lingkungan LOHAS (lifestyle of health and sustainability), sehingga gerai mereka lebih mempromosikan produk-produk makanan yang lebih sehat (lighter and healthy food)

Value proposition yang diajukan 7-eleven adalah accessibity, newness, dan convenience. Akses diwujudkan dalam bentuk beroperasi melayani pelanggan terus menerus tanpa henti, 24 jam, sepanjang minggu, bulan dan sepanjang tahun. Accessibility ini juga diwujudkan dalam bentuk membuka akses kaum muda berkantong tipis untuk bisa nongkrong. Bagi kawula muda muda berkantong tipis ini, tertutup aksesnya untuk nongkron di kafe yang biayanya umumnya relative mahal

Newness. Dalam hal ini diwujudkan dengan memunculkan konsep convenience store. Di sini pengunjung bisa menikmati makanan cepat saji yang masih segar. Bukan hanya itu, pengunjung memiliki pengalaman dapat memasak sendiri makanan yang dipesannya

Convenience. 7-eleven juga menawarkan value proposition berupa kemudahan penggunaan dan kenyamanan, diwujudkan dalam bentuk penyediaan makanand an minuman yang dapat dinikmati secara langsung di gerai dengan menyediakan fasilitas alat pemanas makanan dan minuman. Hal ini membuat 7-eleven menjadi tempat nongkrong bagi sebagian pelanggannya (khususnya kawula muda). Customer segmen ini akan meningkatkan recurring revenue di komponen revenue stream dalam Bisnis proses perusahaan

Berikut beberapa contoh Value Proposition, perusahaan di Indonesia :

7-Eleven

  • Pusat makanan minuman Ringan
  • Pusat makana siap saji
  • Tempat Nongkrong
  • Lokasi mudah dijangkau
  • Open 24 jam

Adira Finance

  • Accessibility : Kemudahan kepemilikan kendaraan bermotor
  • Status : Termasuk golongan orang yang mampu

XL

  • Harga rendah volume tinggi
  • Mudah, fleksible, nyaman
  • Banyak gratisnya

Kartu Kredit Mandiri

  • Kemudahan pembayaran dalam perjalanan
  • Gengsi
  • Privilege

Jasa Marga

  • Perjalanan lebih cepat (pengguna jalan tol)
  • Tempat usaha yang menguntungkan (penyewa lahan / property)

Air Asia

  • Harga tiket yang murah
  • Pembelian tiket 24 jam
  • Total bangun Persada
  • Menghasilkan gedung yang berkualitas
  • Tepat waktu penggunaannya
  • Biaya sesuai dengan anggaran

Garuda Indonesia

  • Banyak pilihan penerbangan (jadwal dan route)
  • Tepat waktu
  • Ekslusif, berkelas
  • Program GFF
  • Executive lounge
  • Mahal

Lion Air

  • Banyak pilihan penerbangan (jadwal & route)
  • Minimallis, tidak ada snack / minum
  • Murah

Air Asia Indonesia

  • Banyak pilihan penerbangan (jadwal & route)
  • Minimalis, tidak ada snack / minum
  • Layanan on-line via internet
  • Eksklusif murah

 

Bagaimana Value proposition produk anda??? semoga artikel ini bisa membantu untuk Anda mereview Value proposition produk anda saat ini, sehingga benar-benar menjadi alasan bagi pelanggan untuk menggunakan produk Anda bukan produk pesaing




Hubungi Kami


Call us

081231133033


Visit us anytime

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim Email

hai.markbro@gmail.com



About us

Markbro adalah jasa pelayanan design, video, pengelolaan Media sosial dan pembuatan website.


Subscribe


Sign up untuk dapatkan info dari Markbro.




    Social networks


    Facebook

    www.facebook.com/haimarkbro


    Twitter

    #Haimarkbro


    Instagram

    www.instagram.com/haimarkbro



    Hubungi kami


    Telpon Kami

    081231133033


    Kunjungi kami

    Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


    Kirim kami Email

    Hai.markbro@gmail.com



    Instagram Feed




    Subscribe


    Sign up untuk mendapatkan info dari MarkBro.




      Social networks


      Facebook

      www.facebook.com/hai.markbro


      Twitter

      #markbro


      Instagram

      www.instagram.com/haimarkbro