fbpx

Pahami Dulu 5 Konsep Marketing Sebelum Memulai Bisnis!

December 28, 2021 by admin
proxyclick-visitor-management-system-s86WhGhp25Y-unsplash-1200x801.jpg

Pengertian Konsep Maketing

Marketing atau pemasaran menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam menjalankan usaha atau bisnisnya. Pemasaran atau marketing seringkali dikaitkan bahkan disamakan dengan penjualan. Namun, konsep yang diusung dalam marketing atau pemasaran tidak serta merta melakukan penjualan yang berdampak langsung pada keuntungan perusahaan.

Konsep marketing berkaitan dengan filosofi yang digunakan bisnis untuk mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan pelanggannya, yang menguntungkan pelanggan dan perusahaan. Filosofi yang sama tidak dapat menghasilkan keuntungan bagi setiap bisnis, karenanya bisnis yang berbeda menggunakan konsep pemasaran yang berbeda

Kesimpulannya, konsep pemasaran atau marketing merupakan serangkaian kegiatan yang memiliki tujuan untuk memasarkan produk yang diproduksi oleh perusahaan. Konsep marketing juga dapat dikatakan sebagai kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pasar.

Lima Konsep Marketing

Lima konsep pemasaran dasar adalah bagian penting dalam menyusun kampanye pemasaran baru. Inilah yang perlu Anda ketahui.

1. Konsep Produksi

Salah satu contoh konsep penting dalam manajemen pemasaran adalah konsep produksi. Perusahaan yang mengadopsi konsep ini, berfikir bahwa barang maupun jasa yang dihasilkan harus murah sehingga dapat dibuat kapan saja dan di mana saja agar tidak terjadi masalah dalam penjualan.

Konsep produksi didasarkan pada pendekatan bahwa perusahaan dapat meningkatkan pasokan karena mengurangi biaya. Selain itu, konsep produksi menyoroti bahwa bisnis dapat menurunkan biaya melalui produksi massal.

Sebuah perusahaan yang berorientasi pada produksi percaya pada skala ekonomi (penurunan biaya produksi per unit), di mana produksi massal dapat menurunkan biaya dan memaksimalkan keuntungan. Secara keseluruhan, konsep produksi berorientasi pada operasi.

2. Konsep Produk

Konsep ini bekerja berdasarkan asumsi bahwa pelanggan lebih menyukai produk dengan kualitas dan harga yang lebih tinggi dan ketersediaan tidak memengaruhi keputusan pembelian mereka. Maka perusahaan mengembangkan produk dengan kualitas lebih tinggi yang biasanya ternyata mahal.

Contoh konsep manajemen pemasaran ini dapat diterima oleh sebagian konsumen. Namun yang tidak boleh dilupakan adalah kualitas yang bagus pasti memengaruhi harga. Sedangkan bagi sebagian konsumen, harga yang murah masih menjadi tujuan utama untuk membeli barang.

3. Konsep Penjualan

Perusahaan yang menggunakan konsep penjualan ini berpikir bahwa pelanggan tidak boleh dibiarkan sendirian. Perusahaan harus mengarahkan konsumen dengan sebuah teknik penjualan yang harus dipikirkan karena barang tidak dibeli tetapi barang harus dijual.

Konsep penjualan menyoroti bahwa pelanggan akan membeli produk-produk perusahaan hanya jika perusahaan ingin menjual produk-produk ini secara agresif. Filosofi ini tidak termasuk membangun hubungan dengan pelanggan. Ini berarti bahwa penjualan berulang jarang terjadi, dan kepuasan pelanggan tidak bagus.

Tetapi hard selling membawa risiko tinggi. Karena kebanyakan teknik ini tidak mengetahui kebutuhan konsumen, teknik ini hanya berfokus pada penjualan dan keuntungan bisnis.

4. Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran adalah konsep persaingan. Ini adalah konsep pemasaran yang percaya bahwa keberhasilan bisnis tergantung pada upaya pemasaran yang memberikan proposisi nilai yang lebih baik daripada pesaingnya.  Ini menjalankan strategi pemasaran sesuai dengan riset pasar mulai dari konsepsi produk untuk penjualan.

Perusahaan yang menggunakan konsep pemasaran menganggap bahwa kepuasan konsumen adalah segalanya sehingga barang atau jasa yang dihasilkan harus sesuai kebutuhan mereka. Dengan kata lain, perusahaan seperti ini tidak membuat apa yang mereka dapat buat, tetapi membuat apa yang konsumen inginkan.

Konsep manajemen pemasaran ini terkesan modern dan dapat bertahan dalam waktu cukup lama. Namun konsep ini hanya bisa dinikmati kalangan tertentu yang memiliki tingkat kesejahteraan lebih.

5. Konsep Pemasaran Sosial

Ini adalah konsep pemasaran yang relatif baru. Sementara konsep pemasaran masyarakat menyoroti kebutuhan dan keinginan pasar target dan pengiriman value yang lebih baik daripada para pesaingnya,

Perusahaan dengan konsep ini percaya bahwa sebuah kesuksesan bisnis akan dipengaruhi oleh kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan artinya akan memiliki dampak baik yang dapat diterima masyarakat umum sehingga konsep ini memungkinkan untuk digunakan dan disukai banyak konsumen.
Saat ini sudah banyak perusahaan yang juga mempertimbangkan aspek etika, lingkungan dan sosial atas aktivitas strategi pemasaran produk mereka.

KESIMPULAN

Semua pola pikir konsep pemasaran ini dapat membantu Anda mencapai tujuan organisasi tergantung pada apakah Anda memahami kebutuhan dan keinginan pasar sasaran Anda sambil memberikan produk berkualitas yang disukai orang.

Namun untuk keuntungan usaha yang optimal, ada baiknya Anda memadukan kedua konsep ini secara terarah agar layanan atau produk pada bisnis Anda bisa dikenal dan digunakan banyak orang. Pastikan juga Anda menghitung budget dari setiap proses penjualan dan pemasaran bisnis Anda.

 

Baca Juga : 3 Macam Jenis Mobil Yang Harus Kamu Ketahui



Hubungi Kami


Call us

081231133033


Visit us anytime

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim Email

hai.markbro@gmail.com



About us

Markbro adalah jasa pelayanan design, video, pengelolaan Media sosial dan pembuatan website.


Subscribe


Sign up untuk dapatkan info dari Markbro.




    Social networks


    Facebook

    www.facebook.com/haimarkbro


    Twitter

    #Haimarkbro


    Instagram

    www.instagram.com/haimarkbro



    Hubungi kami


    Telpon Kami

    081231133033


    Kunjungi kami

    Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


    Kirim kami Email

    Hai.markbro@gmail.com



    Instagram Feed




    Subscribe


    Sign up untuk mendapatkan info dari MarkBro.




      Social networks


      Facebook

      www.facebook.com/hai.markbro


      Twitter

      #markbro


      Instagram

      www.instagram.com/haimarkbro