fbpx

Prediksi Trend WordPress di Tahun 2021

December 29, 2020 by admin0
20945820-1200x800.jpg

Pandemi COVID-19 memberikan banyak sekali dampak yang bisa kita rasakan. Salah satunya yaitu industri online yang berkembang pesat tahun ini. Terbukti dengan meningkatnya penggunaan website sebagai sarana berbisnis. Hal ini berarti bahwa persaingan akan semakin ketat nih, guys!

Berbicara mengenai website, pasti tidak asing dengan yang namanya WordPress. Sebuah platform pengelolaan website terpopuler di kalangan para blogger atau istilah kerennya adalah CMS (Content Management System). Walaupun banyak fitur mudah yang tersedia di WordPress, kamu juga harus mengetahui trend terbaru agar website kamu tetap up to date nih. Untuk itu kamu perlu tahu tentang trend WordPress terkini.

Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu trend WordPress yang sedang terjadi saat ini, mana yang cocok untuk website kamu, apakah sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dan lainnya. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan yang bagus untuk website kamu juga, lho.

Nah, tahun 2020 sebentar lagi berakhir nih. Para pengguna WordPress sudah saatnya mempersiapkan diri untuk tahun depan. Sudah tahu belum trend WordPress tahun depan seperti apa? Nih, mimin bantu berikan nih prediksi trend WordPress di tahun 2021! Yuk simak bersama pada artikel di bawah.

Baca Juga : Cara Menjadi Pebisnis Yang Konsisten

1.Plugin Page Builder Drag and Drop

Selama ini membuat sebuah website terasa sulit karena perlu keahlian coding. Namun, saat ini sudah banyak plugin page builder pada WordPress yang memudahkan kamu untuk mengatur tata letak pada website. Bahkan hanya dengan drag and drop saja, kamu bisa mengatur layout website sesuai keinginanmu.

Keunggulan plugin drag and drop yaitu penggunanya bisa melihat tampilan website secara jelas walaupun masih melakukan editing. Fakta bahwa seseorang lebih menyukai website yang mudah dipersonalisasi sesuai keinginan mereka menjadikan plugin drag and drop masuk ke dalam prediksi trend WordPress di tahun 2021 mendatang nih, guys.

2.Fokus Kepada Data

Saat ini, data menjadi aset penting sebuah perusahaan. Data ini yang akan kamu gunakan untuk mempersonalisasi berbagai aktivitas pemasaran. Sehingga keputusan yang diambil dapat lebih cepat dan akurat.

Pengguna mulai mempercayai analitik data yang diberikan. Maka dari itu semakin banyak pebisnis yang mulai mengembangkan desain website yang berfokus pada data. Tidak hanya itu, desain yang menarik tersebut juga akan membuat pengunjung betah berlama-lama di website kamu. Tentunya hal ini akan berdampak pada peringkat pengindeksan.

3.Gabungan Grafik dan Foto

Saat ini, data menjadi aset penting sebuah perusahaan. Data ini yang akan kamu gunakan untuk mempersonalisasi berbagai aktivitas pemasaran. Sehingga keputusan yang diambil dapat lebih cepat dan akurat.

Pengguna mulai mempercayai analitik data yang diberikan. Maka dari itu semakin banyak pebisnis yang mulai mengembangkan desain website yang berfokus pada data. Tidak hanya itu, desain yang menarik tersebut juga akan membuat pengunjung betah berlama-lama di website kamu. Tentunya hal ini akan berdampak pada peringkat pengindeksan.

4.Gabungan Grafik dan Foto

Trend WordPress selanjutnya yang diprediksi akan booming adalah akan berfokus dengan visualisasi atau tampilan. Gabungan antara foto dengan grafik pada website akan menciptakan pesan yang lebih spesifik. Entah itu sebuah barang ataupun individu, kamu bisa memberikan kesan branding yang kuat menggunakan integrasi kedua hal ini.

Manfaatkan grafik yang overlapping atau overlaying untuk memberikan efek visual yang lebih unik dan menarik. Pengunjung akan merasa terhibur dan puas dengan desain tersebut. Dengan ini, kamu akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih tinggi dibandingkan kompetitor lain.

5.Soft Shadows dan Floating Effect

Agar pengunjung betah di website, kamu bisa menambahkan video di background website juga nih, guys! Manfaatkan penggunaan soft shadows dan floating effect untuk mengarahkan fokus pelanggan ke video atau gambar yang ingin disorot.

Mungkin kamu berpikir penggunaan soft shadows dan floating effects akan memberatkan proses loading pada website. Namun, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, teknik seperti ini semakin mudah dilakukan dengan tetap mempertahankan kecepatan loading website kamu.

6.Dark Mode

Belakangan ini, semakin banyak orang yang menggunakan trend dark mode yang memanfaatkan warna gelap sebagai warna dasar website. Dark mode ini diprediksi akan menjadi trend WordPress di tahun 2021 melihat banyaknya perusahaan yang mulai mengaplikasikan tema ini ke merek mereka misalnya Apple, Mercedes Benz, dan lainnya.

Sejak dark mode diperkenalkan di platform seperti iOS, Android, Windows, tema ini disukai hampir 95% pengguna. Fakta tersebut membuat para pengguna WordPress mulai mengaplikasikan dark mode ke dalam website mereka.

7.Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Tak dipungkiri lagi, kecerdasan buatan telah mendominasi keseharian kita. Salah satunya yaitu dalam kegiatan berbisnis. Penggunaan AI dalam website membantu kita lebih memahami perilaku pelanggan. AI mampu mengambil peluang terbaik untuk mencapai tujuan yang diinginkan sehingga keputusan yang diambil lebih akurat.

Selain itu, pemanfaatan artificial intelligence dapat menghemat waktu dan meringankan pekerjaan kamu, lho! Kamu bisa menghemat waktu yang tadinya digunakan untuk manajemen website dan bahkan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Contoh penggunaan AI pada website yaitu chatbot, voice search, dan lainnya.

8.Desain Yang Lebih Colorful

Saat ini, WordPress telah menghadirkan banyak fitur baru melalui editor block-based Gutenberg. Salah satu fitur yang populer digunakan yaitu fitur penambahan warna background ke blok konten tanpa perlu coding. Fitur ini akan membantu pengguna menyorot bagian-bagian penting untuk menarik perhatian pengunjung.

Berdasarkan hal di atas, terlihat bahwa WordPress sedang berusaha menggiring para penggunanya untuk membuat desain yang lebih unik dan berwarna kedepannya. So, kemungkinan yang besar banget nih trend WordPress di tahun berikutnya akan menggaet desain yang lebih colorful.

9.Desain UI Yang Lebih Mudah Diakses

Desain UI nyatanya memberikan peran penting pada website kamu, lho. Kemudahan aksesibilitas pada website menjadi perhatian besar saat ini. Banyak pebisnis online yang mulai mengoptimalkan desain website mereka agar lebih mudah diakses oleh pelanggan dengan kebutuhan khusus tertentu misalnya pada penyandang disabilitas.

Pengunjung lebih menyukai website yang inklusif, lho! Ketika membuat website, kamu perlu menyesuaikannya dari sudut pandang pengunjung. Perhatikan berbagai aspek mulai dari bagaimana jika pengunjung mengalami buta warna, penglihatan yang rendah, suasana yang berisik ketika berkunjung, disleksia, dan lainnya.

Saat ini sudah banyak pemilik website yang mulai menyediakan beberapa desain UI yang meringankan pelanggan dengan kondisi tertentu. Tentunya dengan memperhatikan ini, pelanggan akan merasa penting dan diperhatikan nih, guys. Kemungkinan besar desain UI yang lebih mudah diakses akan semakin berkembang di tahun depan apalagi didukung dengan banyaknya fitur yang tersedia pada WordPress saat ini

10.Progressive Web Apps

Siapa disini yang sering kali ingin mencoba sebuah aplikasi namun malas mengunduh atau bahkan memori sudah penuh? Nah, Progressive Web Apps bisa menjadi solusi yang tepat nih! PWA memungkinkan pengunjung mendapatkan pengalaman yang sama seperti menggunakan aplikasi walaupun tidak mengunduhnya.

PWA bahkan bisa meningkatkan trafik transaksi website hingga 84%, lho! Dengan menggunakan PWA, maka website kamu memungkinkan untuk diakses pada browser manapun. Selain itu PWA juga bersifat responsif yang memungkinkan pelanggan mengakses dari perangkat manapun dengan desain yang tetap terstruktur.

11.Motion Effects Animation

Trend WordPress selanjutnya yaitu penggunaan motion effects animation pada website. Penggunaan motion effects sebagai bagian dari website akan membuat pengunjung terhibur dan betah berlama-lama di website kamu.

Penggunaan motion effects ini mampu membuat website lebih menarik di mata pengunjung. Tidak perlu khawatir, saat ini page builder Elementor sudah menyediakan fitur motion effects seperti scrolling effects, mouse effect, entrance animation, dan lainnya.

12.Penggunaan Chatbot

Pernahkah kamu berbicara dengan layanan pelanggan pada sebuah website? Maka kamu sudah tahu apa itu chatbot. Saat ini, semakin banyak penggunaan chatbot dalam dunia digital. Tak dipungkiri lagi, chatbot telah menjadi opsi yang populer digunakan oleh para pebisnis online atau pemilik website.

Beberapa manfaat chatbot yang bisa kamu rasakan yaitu meningkatkan customer support, monitoring jumlah klik, meningkatkan pengalaman pengguna, dan lainnya. Fitur ini juga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan, lho! Hal ini dikarenakan pelanggan akan merasa diperhatikan kebutuhannya.

Hal yang sangat memungkinkan jika penggunaan chatbot ini akan semakin marak di tahun 2021 nanti. Apalagi sudah banyak plugin WordPress yang memudahkan kamu mengintegrasikan chatbot ke dalam website yang kamu miliki. Chatbot bisa menjadi solusi menarik jika ingin meringankan beban pekerjaan kamu nih, guys.

13.Optimasi Voice Search

Penggunaan suara untuk melakukan pencarian nyatanya semakin populer di masyarakat. Tidak hanya digunakan untuk personal, voice search juga banyak digunakan dalam dunia bisnis online. Sayangnya, penggunaan voice search masih kurang maksimal. Hal ini dikarenakan masih sering terjadi kendala misalnya hasil yang tidak akurat dengan apa yang diucapkan.

Nah, itulah dia prediksi trend WordPress terakhir dari mimin. Sudah diaplikasikan ke website kamu belum? Cobalah beberapa trend di atas agar website atau blog kamu lebih menarik dan unggul. Atau bahkan kamu bisa memanfaatkan semua trend di atas tuh, guys! Yuk pastikan website kita selalu up to date sesuai trend yang sedang terkini supaya kita nggak ketinggalan zaman dan juga bisa meningkatkan kualitas website juga.

Sekian dulu artikel kali ini ya,Sampai berjumpa lagi di artikel selanjutnya~

Baca Juga : Skill Yang Perlu Kamu Pelajari di 2021 Untuk Bisnis

 

Jika anda ingin memulai bisnis dan memerlukan strategi ampuh dalam meningkatkan omset maupun penjualan. Silahkan kunjungi MARKBro dapatkan strategi marketing yang dapat mendongkrak bisnis anda sekarang.

Silahkan kunjungi MARKBro untuk mendapatkan desain yang membuat penjualan meningkat untuk bisnis anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi Kami


Call us

081231133033


Visit us anytime

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim Email

hai.markbro@gmail.com



About us

Markbro adalah jasa pelayanan design, video, pengelolaan Media sosial dan pembuatan website.


Subscribe


Sign up untuk dapatkan info dari Markbro.




    Social networks


    Facebook

    www.facebook.com/haimarkbro


    Twitter

    #Haimarkbro


    Instagram

    www.instagram.com/haimarkbro



    Hubungi kami


    Telpon Kami

    081231133033


    Kunjungi kami

    Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


    Kirim kami Email

    Hai.markbro@gmail.com



    Instagram Feed




    Subscribe


    Sign up untuk mendapatkan info dari MarkBro.




      Social networks


      Facebook

      www.facebook.com/hai.markbro


      Twitter

      #markbro


      Instagram

      www.instagram.com/haimarkbro