fbpx

Skill Yang Perlu Kamu Pelajari di 2021 Untuk Bisnis

December 26, 2020 by admin0
20944995-1200x800.jpg

Di tahun 2020 ini, semakin banyak kegiatan beralih ke cara online. Ya, pandemi COVID-19 membuat banyak kegiatan tidak bisa mengandalkan cara offline saja. Salah satu dampak yang bisa kita rasakan yaitu perubahan cara bekerja dan berbisnis. Banyak orang memutuskan beralih ke online untuk mempertahankan diri di tengah situasi seperti ini.

Hal ini juga berarti bahwa penggunaan teknologi dan internet meningkat pesat. Tak dipungkiri lagi, era yang serba digital seperti sekarang menimbulkan banyak trend dan kebutuhan baru yang sebelumnya belum ada. Misalnya saja kebutuhan akan karyawan yang ahli dalam bidang teknologi, content creator, dan lainnya.

Agar tidak ketinggalan zaman, sebaiknya kamu perlu menguasai beberapa skill berikut untuk mencoba tantangan baru di tahun 2021. Karena skill ini diprediksi akan banyak dibutuhkan dari banyak perusahaan lho. Siapa tahu, kamu dengan kamu menguasai skill ini kamu akan berkecimpung dalam pekerjaan ini dan menjadi expert tentunya.

Kira-kira apa aja sih skill yang akan dibutuhkan di tahun 2021? Artikel di bawah ini akan membahas mengenai 13 skill yang perlu kamu pelajari di 2021 nih, guys. Yuk simak bersama!

Baca Juga : Tren Marketing di 2021 Yang Harus Kamu Tahu

Development (Web, Mobile, Software)

Era yang sudah berubah menjadi digital menjadikan banyak bisnis yang beralih secara online. Mulai dari pelanggan bahkan sampai manajemen perusahaan yang terintegrasi oleh sistem. Permintaan pembuatan aplikasi dan website juga semakin meningkat.

Maka dari itu, profesi di bidang development akan semakin dicari oleh banyak orang. Seorang Developer berperan dalam merancang, mengunduh, menguji, dan memelihara sistem yang tepat untuk web, mobile, maupun software. Developer juga memiliki beberapa kemampuan seperti front end, back end developer, full stack developer, database administrator, QA engineer, dan lainnya.

Apakah kamu salah satu orang yang tertarik di bidang ini? Sebaiknya kamu mulai serius untuk memperdalam skill ini karena banyak banget lho perusahaan yang mencari role ini.

UI/UX Design

Berbicara mengenai website, tentunya perlu perencanaan matang agar pelanggan merasa puas dan terhibur ketika melakukan kunjungan. Disinilah letak peran UI/UX Designer untuk melakukan riset, analisis, dan rancangan website sampai ditampilkan ke pelanggan.

UI/UX Design harus dipertimbangkan untuk memberikan kemudahan kepada pengguna yang melakukan kunjungan. Dan juga memberikan pengalaman pelanggan yang baik. Tidak hanya sampai website ditampilkan saja, UI/UX Designer juga tetap bertugas setelahnya, lho. Tidak heran jika kamu sering melihat tampilan website sebuah perusahaan berubah. Itu merupakan hasil pekerjaan UI/UX Designer tuh, guys.

SEO Specialist

Meningkatnya pertumbuhan website menjadikan skill ini patut kamu kuasai nih, guys. Siapa yang tidak ingin website mereka berada pada peringkat atas mesin pencarian? Tentunya jika ingin mencapai hal tersebut, website kamu juga harus memiliki SEO yang baik!

Website yang berada di peringkat atas juga berarti bahwa trafik website akan semakin tinggi. Dan berakhir dengan konversi yang terjadi semakin tinggi pula. Maka dari itu, banyak perusahaan merekrut seorang SEO Specialist untuk mengoptimalkan website mereka agar terindeks baik oleh mesin pencarian dan mendapat peringkat atas.

Menjadi SEO specialist pun bisa menjadi skill baru yang kamu pelajari. Banyak lho course atau online class untuk belajar mengenai ilmu ini.

Cloud Computin

Banyak perusahaan yang mulai berpindah dari server tradisional ke teknologi cloud. Hal ini berarti bahwa peluang kerja untuk seseorang yang ahli dalam bidang cloud computing akan semakin dicari di tahun 2021 nih, guys.

Cloud Computing merupakan sebuah teknologi dimana internet dijadikan sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, dan tentunya pengguna memiliki akses untuk login. Seseorang dengan skill Cloud Computing diperlukan untuk mengembangkan solusi untuk perancangan, perencanaan, pengelolaan, pemeliharaan, dan mendukung penggunaan cloud computing.

Data Science

Data Science dapat diartikan sebagai perolehan wawasan dan informasi dari data, dengan memanfaatkan perpaduan berbagai alat, algoritma, dan prinsip pembelajaran mesin. Keterampilan ini sangat dibutuhkan perusahaan untuk menentukan peluang yang lebih baik berdasarkan data yang ada.

Kamu bisa mulai mempelajari hal dasar seperti cara menerapkan skill ini ke berbagai pekerjaan mulai dari keuangan, penjualan, marketing, manajemen operasional, manajemen SDM, dan lainnya. Skill ini akan sangat dibutuhkan terutama pada industri utama seperti keuangan, perbankan, dan industri kesehatan.

Cybersecurity

Penggunaan teknologi sebagai sarana berbisnis memiliki beberapa keprihatinan. Salah satunya yaitu keamanan data yang rentan diretas. Semakin banyak serangan hacker yang ingin mencuri data penting perusahaan atau pelanggan kamu. Jika sampai pelanggan tahu, maka kepercayaan mereka akan hilang dan beralih ke kompetitor kamu.

Tak heran, banyak perusahaan membutuhkan seseorang dengan keterampilan Cybersecurity yang bisa mengumpulkan informasi pelanggan dan menjaga keamanan jaringan. Minimnya seseorang dengan keterampilan ini bisa kamu jadikan peluang besar di tahun 2021 nanti nih, guys. Masalah gaji juga nggak main-main, lho.

Business Intelligence Analyst

Strategi yang dibentuk perusahaan juga memerlukan peran Business Intelligence Analyst di dalamnya, lho! BI Analyst sering kali disebut sebagai ahli taktik bisnis. Skill ini dibutuhkan perusahaan untuk menganalisis kompetitor berdasarkan data yang ada dan gambaran akurat mengenai posisi perusahaan dalam industri.

Seorang Business Intelligence Analyst mengumpulkan data dengan banyak cara dan pastinya telah berpengalaman dalam teknologi database, analitik, dan tools laporan. Selain itu, seseorang dengan skill ini dapat membantu perusahaan untuk memberikan solusi pengurangan biaya atau pengalokasian sumber daya yang lebih banyak.

Digital Marketing

Pada zaman serba digital seperti saat ini, kemampuan digital marketing akan sangat diperlukan, lho! Apalagi dengan meningkatnya penggunaan E-commerce dan media sosial sebagai media pemasaran produk. Tentunya cara pemasarannya akan berbeda dengan cara offline, guys.

Kamu bisa mempelajari cara mempromosikan brand menggunakan media digital atau internet. Mulai dari penggunaan blog, website, email, iklan, media sosial, content marketing, dan lainnya. Lakukan riset mengenai tips dan trik melakukan pemasaran secara digital yang ampuh agar bisnis kamu bisa bersaing dengan yang lainnya.

Produksi Konten

Saat ini, internet maupun sosial media menjadi salah satu platform paling efektif untuk kegiatan pemasaran. Kebutuhan akan seorang content creator akan semakin meningkat di tahun 2021 seiring dengan berkembangnya penggunaan media sosial dan internet dalam kegiatan berbisnis.

Hal ini juga berarti bahwa skill membuat konten semakin diperlukan di era saat ini! Perilisan produk, informasi, iklan, dan lainnya bahkan harus dikemas melalui konten yang menarik dan menjual. Kalau kamu mau bisnis tetap bisa bersaing, maka pastinya perlu kemampuan produksi konten yang baik juga. Konten pun tidak hanya terus menerus tentang tulisan tetapi bisa dari visual yang menarik dan interaktif, video dan lainnya.

Skill satu ini wajib banget kamu miliki nih, guys. Meskipun ini terdengar sepele tapi kemampuan public speaking menjadi salah satu skill yang wajib kamu kuasai lho. Tidak hanya digunakan oleh para motivator, pemimpin, maupun pembicara saja. Kemampuan berbicara di depan umum harus banget dimiliki oleh siapapun dari berbagai jenis pekerjaan.

Kemampuan ini akan sangat berguna terutama pada dunia kerja. Ketika melakukan negosiasi, kamu perlu kemampuan public speaking. Bahkan jika ingin melakukan kegiatan pemasaran, kamu juga perlu memiliki skill ini. Jika menguasai kemampuan ini, kamu bahkan bisa mempersuasi pendapatmu kepada orang lain. Dan yang terpenting, kamu bisa meningkatkan kepercayaan dirimu untuk berhadapan dengan banyak orang lho.

Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning

Artificial intelligence telah mengambil peran penting dalam kegiatan manusia sehari-hari. Banyak perusahaan mulai menyadari peran AI untuk perkembangan bisnis mereka. Tak heran, seseorang dengan skill AI dan Machine learning mulai banyak dicari oleh perusahaan saat ini. Mungkin masih banyak nih dari kamu yang bingung apa sih perbedaan keduanya?

Artificial Intelligence merupakan konsep mesin yang bisa melakukan tugas dengan cara “pintar” misalnya mengenali gambar dan suara, klasifikasi gambar, dan pengenalan wajah. Sedangkan machine learning adalah aplikasi pada AI yang merupakan teknik untuk memberitahu komputer cara menggunakan data yang ada untuk pengambilan keputusan berikutnya.

Keterampilan yang cukup dibutuhkan pada AI dan machine learning yaitu TensorFlow, Python, Java, R, dan Natural Language Processing. Fakta bahwa masih sedikit orang yang memiliki skill di bidang ini, maka peluang yang menjanjikan untuk kamu di tahun 2021 yang akan datang nih, guys.

Big Data

Banyak bisnis yang berkembang dan mengolah berbagai informasi dalam jumlah besar setiap harinya. Maka perusahaan pasti membutuhkan seseorang dengan kemampuan mengolah data besar untuk meningkatkan bisnis mereka. Seseorang dengan kemampuan Big Data bisa menjadi solusi tepat untuk bertugas mengetahui cara bagaimana sebuah data dapat digunakan dan dianalisis untuk menghasilkan keputusan akhir yang tepat.

Blockchain

Teknologi Blockchain semakin populer digunakan oleh para pebisnis. Teknologi ini sudah mulai diadopsi oleh banyak perusahaan sebagai strategi pemasaran mereka. Penggunaan blockchain terbukti dapat memotong biaya perantara untuk memproses sebuah transaksi yang dilakukan.

Blockchain menggunakan penyimpanan file, metode transaksi peer-to-peer, crowdfunding, manajemen identitas, dan perbankan. Dengan kemampuan blockchain yang sangat menguntungkan, tidak heran banyak pengusaha mulai mengadopsi teknologi ini pada bisnis mereka.

Seperti itulah skill yang perlu kamu pelajari di tahun 2021, guys! Masing-masing skill di atas memiliki daya tariknya masing-masing. So, kamu bisa pilih beberapa skill yang ingin kamu kuasai dan pastinya sesuai dengan minat kamu.

Tidak harus semua skill kamu pelajari dan kuasai. Kamu bisa memilih salah satu atau beberapa skill di atas dan fokus untuk menguasainya. Karena kita perlu konsistensi untuk bisa mahir dalam 1 hal, bukan? Tidak apa-apa bila kamu tidak bisa menguasai semuanya, 1 skill pun sudah oke kok kalau kamu expert di bidang itu.

“Tidak ada yang susah kalau kita mau berusaha”. Seperti kalimat tersebut, kita bisa mulai belajar dari sekarang, guys! Kalau kamu mulai sekarang, bisa jadi di tahun depan kamu sudah jadi ahlinya tuh, guys.

Sekian dulu artikel kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian.Semangat untuk memulai 2021 dengan awal yang baru dan skill yang baru ya!

Baca Juga : Cara Menjadi Pebisnis Yang Konsisten

 

Jika anda ingin memulai bisnis dan memerlukan strategi ampuh dalam meningkatkan omset maupun penjualan. Silahkan kunjungi MARKBro dapatkan strategi marketing yang dapat mendongkrak bisnis anda sekarang.

Silahkan kunjungi MARKBro untuk mendapatkan desain yang membuat penjualan meningkat untuk bisnis anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi Kami


Call us

081231133033


Visit us anytime

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim Email

hai.markbro@gmail.com



About us

Markbro adalah jasa pelayanan design, video, pengelolaan Media sosial dan pembuatan website.


Subscribe


Sign up untuk dapatkan info dari Markbro.




Social networks


Facebook

www.facebook.com/haimarkbro


Twitter

#Haimarkbro


Instagram

www.instagram.com/haimarkbro



Hubungi kami


Telpon Kami

081231133033


Kunjungi kami

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim kami Email

Hai.markbro@gmail.com



Instagram Feed




Subscribe


Sign up untuk mendapatkan info dari MarkBro.




Social networks


Facebook

www.facebook.com/hai.markbro


Twitter

#markbro


Instagram

www.instagram.com/haimarkbro