fbpx

Tips Membuat Web Portofolio Profesional

October 31, 2020 by admin0
ONKJCW0-1200x875.jpg

Saat kita sudah memutuskan untuk terjun menekuni profesi yang sudah menjadi passion kita, dalam hal ini menjadi desainer grafis atau desainer web atau bidang kreatif lain, maka sangat dibutuhkan showcase sebagai tempat kita memamerkan keahlian kepada publik guna mendapatkan calon klien. Web portofolio menjadi pilihan terbaik untuk memajang karya kita diranah online. Fungsinya untuk meyakinkan klien agar percaya pada keahlian kita melalui visual yang kita tunjukkan.

Namun tentu saja tidak lantas membuat portofolio yang asal jadi. Karena konsep visual yang kita tunjukkan, maka sebuah web portofolio harus dibuat sebaik mungkin, efektif dan tentu saja benar-benar meyakinkan orang yang melihat dan klien yang potensial bahwa kita memang profesional dibidangnya.Nah kali ini kta akan memberikan beberapa tips agar portofolio yang kamu terlihat profesional.

Tentukan Tujuan

Menentukan tujuan diawal akan mengarahkan Anda pada apa yang harus disiapkan dan ditentukan serta apa yang diharapkan setelah orang melihat portofolio Anda.

Beberapa kemungkinan tujuan pembuatan web portofolio antara lain:

  1. Mendapatkan pekerjaan. Portofolio yang dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan pekerjaan dari klien sehingga portolio harus dibuat berkesan dan meyakinkan.
  2. Menjual karya. Portofolio untuk tujuan komersial. Dimana Anda memajang karya agar orang tertarik untuk membeli produk kreatif yang Anda tawarkan.
  3. Reputasi. Ada beberapa orang yang membuat portofolio hanya sekedar memamerkan karya untuk menaikkan brand dan reputasi dalam industry yang sedang ditekuninya.
  4. Untuk komunikasi. Portofolio yang dibuat dengan tujuan menemukan koneksi dari orang lain yang terkait dalam profesi atau industri yang sama.
  5. Anda tentu mempunyai tujuan sendiri yang lebih spesifik sehingga bisa mengarahkan portofio Anda bisa lebih segmented dan pesannya sampai dengan efektif.

Kesederhanaan

Keep it simple, stupid! Jargon yang tetap fenomenal dari jaman dahulu kala. Mengungkapkan betapa simple itu penting. Sederhana disini bukan berarti tidak profesional dan asal-asalan. Justru website yang terlalu kompleks bahkan terkesan semrawut akan membingungkan dan membosankan. Terlebih jika layout disusun secara acak-acakan akan mengesankan bahwa pekerjaan Anda tidak profesional.

Tantangan Anda adalah membuat sesuatu yang sederhana namun mengandung nilai kreatif yang tak terbatas. Pertimbangkan penggunaan elemen visual seperlunya untuk menciptakan web portofolio yang efektif dan efisien.

Kemudahan Navigasi

Gunakanlah struktur yang teratur untuk memudahkan pengunjung mengakses segala informasi yang Anda sampaikan. Cobalah Anda menganggap diri sebagai klien atau pengunjung. Anda bisa membayangkan navigasi seperti apa yang mudah menelusuri sebuah website.

Kenyamanan mengakses konten sebuah website sangat berpengaruh seberapa lama seorang pengunjung menikmati informasi didalamnya.  Ketika navigasi sudah sedemikian rumit, bukan tidak mungkin portofio karya Anda yang sebenarnya ingin ditunjukkan justru malah diabaikan,dan yang paling penting adalah user friendly

Perhatikan pengetahuan tentang navigasi dari website MARKBro.

Informasi Kontak

Informasi kontak sangat penting ketika tujuan membuat portofolio adalah mendapatkan klien atau menjual karya. Taruhlah beberapa info penting yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan Anda kapan pun.

Pasanglah form kontak yang memungkinkan pengunjung bisa secara langsung mengirimkan pesan kepada Anda. Selain itu penting juga memberikan info lain seperti alamat email yang valid, nomer telepon, akun media sosial, akun messenger (skype atau YM), sekaligus taruh google map jika perlu.

Testimonial

Kekuatan testimonial akan sangat berpengaruh luar biasa pada profesi Anda. Mintalah testimoni dari klien yang pernah bekerja dengan Anda dan mereka puas dengan karya Anda. Terutama untuk klien-klien besar yang pernah Anda tangani.

Sebuah testimoni ibarat sebuah rekomendasi yang meningkatkan reputasi pada bidang yang sedang Anda tekuni. Kuncinya, sebuah testimoni harus jujur dan tidak dibuat-buat.

Nah itu tadi beberapa tips agar portofolio yang kalian buat terlihat profesional.Eksplorasi kemampuan Anda dan tunjukkan karya agar dunia tahu.

 

Baca juga 5 langkah Jitu Membuat Merk Usaha Mudah Dikenali

 

Silahkan kunjungi www.markbro.com untuk mendapatkan desain yang membuat penjualan meningkat untuk bisnis anda.

Jika anda ingin memulai bisnis dan memerlukan strategi ampuh dalam meningkatkan omset maupun penjualan. Silahkan kunjungi www.markbro.com dapatkan startegi marketing yang dapat mendongkrak bisnis anda sekarang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi Kami


Call us

081231133033


Visit us anytime

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim Email

hai.markbro@gmail.com



About us

Markbro adalah jasa pelayanan design, video, pengelolaan Media sosial dan pembuatan website.


Subscribe


Sign up untuk dapatkan info dari Markbro.




    Social networks


    Facebook

    www.facebook.com/haimarkbro


    Twitter

    #Haimarkbro


    Instagram

    www.instagram.com/haimarkbro



    Hubungi kami


    Telpon Kami

    081231133033


    Kunjungi kami

    Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


    Kirim kami Email

    Hai.markbro@gmail.com



    Instagram Feed




    Subscribe


    Sign up untuk mendapatkan info dari MarkBro.




      Social networks


      Facebook

      www.facebook.com/hai.markbro


      Twitter

      #markbro


      Instagram

      www.instagram.com/haimarkbro