fbpx

Pengertian, Konsep, Tujuan, Fungsi, dari Marketing Mix

November 18, 2021 by admin
dylan-gillis-KdeqA3aTnBY-unsplash-1200x800.jpg

Marketing Mix dapat didefinisikan sebagai suatu strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen di dalamnya secara terpadu demi mencapai sebuah tujuan marketing pasar yang telah ditargetkan.

Marketing mix atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan ‘Bauran Pemasaran’ menjadi fondasi model dasar suatu bisnis. Istilah ini dikenalkan pertama kali oleh seorang profesor marketing Harvard pada 1948, Neil Borden, yang terinspirasi dari jurnal koleganya, Prof. James Culliton.

Satu di antara perkembangan konsep marketing mix yang paling banyak dikenal adalah marketing mix 7P. Konsep ini dikenalkan oleh Booms dan Bitner yang berisi empat elemen 4P ditambah tiga elemen baru, yaitu physical evidence, people, dan process.

Berikut ini rangkuman mengenai pengertian marketing mix, konsep, tujuan, fungsi, dan manfaat yang didapat :

Konsep Marketing Mix

1. Konsep Marketing Mix

Place (Tempat)

Tempat dalam marketing mix pada dasarnya adalah suatu bentuk saluran distribusi yang mengacu pada lokasi di mana produk tersedia dan dapat dijual dan dibeli.

Product (Produk)

Produk adalah sesuatu yang memiliki nilai fungsional dan dapat digunakan oleh pelanggan untuk mencapai sesuatu.

Promotion (Promosi)

Promosi dalam marketing mix adalah strategi yang diterapkan oleh pemasar untuk membuat pelanggan sadar akan keberadaan produk atau mereknya.

Price (Harga)

Harga merupakan satu di antara elemen terpenting dalam marketing mix. Harga adalah nilai yang akan didapatkan sebagai pengganti produk.

People (Orang)

People atau aspek orang yang dimaksud bukan hanya konsumen saja. Namun, seluruh sumber daya manusai (SDM) yang terlibat, termasuk pekerja hingga tim bisnis. Khusus untuk aspek ini sangat penting untuk diperhatikan.

Process (Proses)

Aspek proses merupakan gabungan dari keseluruhan aktivitas. Seluruh aktivitas tersebut berhubungan dengan produk yang dihasilkan serta disampaikan kepada konsumen.

Physical Evidence (Bukti Fisik)

Bukti fisik yaitu semua perangkat yang digunakan sebagai pendukung berjalannya sebuah bisnis.

Tujuan Marketing Mix

1. Direct Marketing (Pemasaran Langsung)

Tujuan dilakukannya bauran pemasaran yaitu untuk melakukan direct marketing atau pemasaran langsung. Pemasaran langsung merupakan sebuah bentuk sistem marketing interaktif yang bisa menggunakan media iklan lebih dari satu untuk mendapatkan tanggapan atas transaksi yang bisa diukur di suatu lokasi.

2. Advertising (Periklanan)

Advertising atau periklanan menjadi salah satu bentuk kegiatan promosi yang penting dalam melakukan marketing mix. Tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan periklanan yaitu untuk memberikan dan menyebarluaskan informasi tentang produk atau jasa kepada target konsumen. Tujuannya untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan baru.

3. Sales Promotion (Promosi Penjualan)

Sales promotion merupakan kumpulan strategi promosi yang dirancang untuk mendorong target konsumen melakukan pembelian terhadap suatu barang atau jasa. Kegiatan promosi penjualan biasanya dilakukan dalam jangka pendek dan tidak dilakukan berulang-ulang. Tujuan dilakukan promosi penjualan adalah untuk meningkatkan angka penjualan pada sebuah bisnis yang dilakukan dalam waktu tertentu saja.

Fungsi Marketing Mix

1. Fungsi Pertukaran

Dengan adanya bauran pemasaran, konsumen atau pelanggan bisa membeli produk yang berasal dari produsen. Tujuannya untuk digunakan secara pribadi atau untuk dipasarkan kembali dengan menggunakan uang untuk membeli produk tersebut atau dengan melakukan pertukaran antar produk.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Distribusi fisik sebuah produk dilakukan dengan cara mengirim produk menggunakan ekspedisi dan kemudian menyimpan produk tersebut. Produk yang diproduksi oleh produsen akan disalurkan melalui jalur darat, laut, maupun udara untuk memenuhi kebutuhan para konsumen. Untuk penyimpanan produk dilakukan dengan menjaga ketersediaan pasokan produk agar tidak terjadi kekurangan pada saat dibutuhkan oleh konsumen.

3. Fungsi Perantara

Pemasaran berfungsi sebagai alat perantara dalam menyalurkan produk dari produsen kepada konsumen yang terhubung dengan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik.

Selain ketiga fungsi tersebut, bauran pemasaran juga memiliki fungsi lain di antara yaitu:

  • Berperan sebagai sales, fungsi utama pemasaran adalah untuk meningkatkan angka penjualan pada sebuah bisnis dengan cara melakukan berbagai penawaran.
  • Berperan sebagai promosi, pemasaran berfungsi untuk memberikan informasi sebuah produk kepada masyarakat luas agar lebih dikenal oleh banyak orang.
  • Berperan sebagai riset dan pengembangan, pemasaran juga berfungsi untuk mencari informasi yang bermanfaat untuk mendukung dalam peningkatan kualitas produk maupun kinerja penjualan produk pada sebuah perusahaan.

Marketing mix adalah sebuah strategi pemasaran yang menggabungkan berbagai macam elemen untuk mencapai target yang diinginkan oleh sebuah perusahaan. Setelah mengetahui tujuan dan fungsi marketing mix semoga kamu dapat lebih berkembang lagi dalam membangun strategi pemasaran pada bisnis.

 

Baca Juga : Beberapa Alasan Mengapa Harus Servis Motor Di Bengkel Resmi



Hubungi Kami


Call us

081231133033


Visit us anytime

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim Email

hai.markbro@gmail.com



About us

Markbro adalah jasa pelayanan design, video, pengelolaan Media sosial dan pembuatan website.


Subscribe


Sign up untuk dapatkan info dari Markbro.




    Social networks


    Facebook

    www.facebook.com/haimarkbro


    Twitter

    #Haimarkbro


    Instagram

    www.instagram.com/haimarkbro



    Hubungi kami


    Telpon Kami

    081231133033


    Kunjungi kami

    Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


    Kirim kami Email

    Hai.markbro@gmail.com



    Instagram Feed




    Subscribe


    Sign up untuk mendapatkan info dari MarkBro.




      Social networks


      Facebook

      www.facebook.com/hai.markbro


      Twitter

      #markbro


      Instagram

      www.instagram.com/haimarkbro