fbpx

Tips Ampuh Meningkatkan User Experience di Website Kamu

December 11, 2020 by admin0
3896509-1200x1200.jpg

Dalam dunia digital, website merupakan alat paling efektif dalam melakukan kegiatan pemasaran. Tentunya akan lebih efektif jika kita mengelolanya dengan benar. Sebuah website pasti ditujukan untuk pelanggan, bukan? Maka dari itu, salah satu faktor penting keberhasilan sebuah website yaitu pengalaman pengguna atau User Experience.

Pengalaman mengesankan yang dihasilkan setelah berkunjung ke sebuah website akan selalu diingat oleh pengunjung. Pelanggan tidak sungkan untuk berkunjung kembali, merekomendasikan website tersebut ke orang lain atau bahkan menaruh kesetiaan mereka kepada perusahaan dengan website yang baik. Tentunya hal ini akan berdampak pada meningkatnya engagement dan konversi pada website lho.

Maka dari itu, banyak website yang berusaha sebaik mungkin meningkatkan User Experience pada website mereka. Sebelum membahas lebih jauh, kamu tau nggak sih apa sih User Experience itu? Dan apa saja tips untuk meningkatkan User Experience di website? Yuk simak artikel dibawah!

Baca juga : Cara Menambah Penghasilan dengan #DiRumahAja Melalui Internet

Home Page yang Menarik

Penampilan merupakan hal pertama yang selalu dilrik orang, bukan? Termasuk dengan Home Page. Home Page merupakan halaman pertama yang dilihat oleh pengunjung. Ini berarti Home Page menjadi penentu seseorang akan melanjutkan penelusuran atau tidaknya, lho! Maka dari itu, Home Page harus dibuat simple dan semenarik mungkin.

Hindari memasukkan terlalu banyak konten atau informasi pada halaman Home Page. Siapa yang mau melanjutkan penelusuran jika pada halaman awal sudah disajikan teks yang memusingkan?

Cantumkan informasi terpenting pada bagian atas Home Page. Masukkan logo beserta nama perusahaan. Mencantumkan beberapa informasi terkait perusahaan akan membuat pelanggan merasa lebih nyaman dan percaya dengan website kamu. Banyak orang memilih tampilan yang minimalist dan simple sebagai halaman Home Page, mungkin kamu bisa mencoba mengikutinya.

Manfaatkan White Space

Pernahkah kamu melihat ruang kosong di sekitar konten atau tulisan pada website? Maka kamu sudah mengetahui apa itu white space. White space atau yang sering disebut dengan negative space adalah ruang kosong yang terletak disekitar konten atau tulisan pada website. Ruang ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dalam melihat konten yang ada pada website.

Bayangkan jika kamu mengunjungi website dengan konten yang cukup banyak tanpa adanya celah antara konten satu dengan yang lain. Pasti malas melihatnya, kan? Nah, itulah manfaat penggunaan white space pada website kamu.
Selain memberikan kenyamanan pada penglihatan, objek yang terdapat disekitar white space bisa mendapatkan fokus pengguna yang lebih banyak, lho. Teks atau informasi akan lebih tersorot oleh pengguna. Namun, pastikan ukuran white space pada website kamu ideal. Jangan terlalu besar maupun terlalu kecil.

Hindari Broken Link

Pastikan tautan yang kamu cantumkan bisa dibuka. Pengguna yang mengklik tautan pasti berharap mendapatkan sesuatu yang mereka harapkan. Broken link akan membuat mereka kecewa dan berpikir dua kali untuk melanjutkan penelusuran pada website kamu.

Untuk meminimalisir hal tersebut terjadi, pastikan terlebih dahulu tautan tersebut berfungsi dengan baik. Kamu bisa memanfaatkan tools yang tersedia untuk mengidentifikasi broken link yang mungkin terjadi seperti Google Webmasters.

Website yang Mobile Friendly

Pernahkah kamu berkunjung ke sebuah website, lalu tampilannya berubah pada setiap perangkat yang kamu gunakan? Nah, itulah yang dinamakan website mobile friendly. Website mobile friendly adalah website yang tampilannya dirancang responsif untuk perangkat mobile seperti tablet, smartphone, iPad, dan lainnya.

Untuk meningkatkan user experience kepada pengguna, kamu perlu menggunakan website mobile friendly. Apalagi saat ini, mayoritas trafik website diakses melalui perangkat mobile.

Tampilan website yang belum mobile friendly akan menyusahkan mereka karena layout yang tidak responsif. Pengunjung harus zoom in dan zoom out pada setiap halaman. Bukannya mendapatkan pengalaman menyenangkan, mereka malah kecewa dan memilih pergi dari website kamu. Nggak mau dong website kamu ditinggalkan begitu saja?

Search Box Untuk Memudahkan Pencarian

Tips lainnya untuk meningkatkan user experience adalah dengan memiliki search box di website. Ketika seseorang berkunjung ke website, mereka pasti memiliki tujuan tertentu yang ingin dicari. Bagaimana jika konten website kamu terlalu banyak? Tentu pengunjung akan kesulitan menemukan apa yang mereka cari. Dan berakhir dengan kekecewaan pelanggan.

Maka dari itu, banyak sekali website yang menyediakan search box untuk memudahkan pengunjung mencari berdasarkan keyword yang mereka input. Semakin mudah mereka menemukan hal yang mereka cari, maka User Experience pada website kamu semakin tinggi.

Cantumkan Kontak yang Bisa Dihubungi

Pengunjung mungkin memiliki beberapa hambatan atau pertanyaan ketika melakukan penelusuran pada website. Kamu bisa mencantumkan beberapa informasi seperti alamat, nomor telepon, email, atau media sosial yang bisa dihubungi oleh pelanggan.

Dengan mencantumkan informasi seperti ini, kepercayaan pelanggan akan lebih besar terhadap website kamu. Semakin mudah akses untuk terhubung dengan kamu, maka semakin tinggi minat beli pengunjung, lho. Tips ini bisa meningkatkan user experience agar pengunjung bisa berkomunikasi dengan mudah denganmu.

Opsi Check Out yang Mudah

Check Out merupakan proses terakhir yang dilakukan calon pelanggan. Jika proses check out rumit, bisa jadi pelanggan malah membatalkan transaksi dan berpindah ke website lain yang lebih mudah! Proses check out yang mudah akan membuat pengunjung merasa senang dan berpotensi kembali untuk melakukan transaksi lainnya.

Pada website bisnis terutama e-commerce, pastikan opsi check out dirancang dengan matang. Buatlah fitur keranjang belanja yang menyajikan jumlah barang apa saja yang dibeli atau bahkan total belanjaan mereka. Setelah itu, pastikan kamu menyediakan beberapa metode pembayaran yang dapat mereka pilih dengan mudah.

Nah, diatas sudah tersedia beberapa tips ampuh dari mimin yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan user experience pada website kamu nih, guys. Pengalaman pelanggan yang baik akan berdampak pada loyalitas, engagement, bahkan konversi website lho.

Semoga beberapa tips di atas mampu membantu kamu untuk menyediakan website terbaik kepada pelanggan setia kamu, ya! Selamat mencoba.

Baca juga : Langkah Mudah Membuat Website Company Profile

 

Jika anda ingin memulai bisnis dan memerlukan strategi ampuh dalam meningkatkan omset maupun penjualan. Silahkan kunjungi MARKBro dapatkan strategi marketing yang dapat mendongkrak bisnis anda sekarang.

Silahkan kunjungi MARKBro untuk mendapatkan desain yang membuat penjualan meningkat untuk bisnis anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi Kami


Call us

081231133033


Visit us anytime

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim Email

hai.markbro@gmail.com



About us

Markbro adalah jasa pelayanan design, video, pengelolaan Media sosial dan pembuatan website.


Subscribe


Sign up untuk dapatkan info dari Markbro.




    Social networks


    Facebook

    www.facebook.com/haimarkbro


    Twitter

    #Haimarkbro


    Instagram

    www.instagram.com/haimarkbro



    Hubungi kami


    Telpon Kami

    081231133033


    Kunjungi kami

    Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


    Kirim kami Email

    Hai.markbro@gmail.com



    Instagram Feed




    Subscribe


    Sign up untuk mendapatkan info dari MarkBro.




      Social networks


      Facebook

      www.facebook.com/hai.markbro


      Twitter

      #markbro


      Instagram

      www.instagram.com/haimarkbro