fbpx

Pembahasan Lengkap Mengenai Direct Marketing

November 15, 2019 by markbro0
direct-marketing.jpg

Banyak yang mengira Direct Marketing itu sama dengan halnya personal branding, promosi penjualan, dan public relations namun faktanya berbeda. Sebelum itu tahukah Anda mengenai pengertian dari direct marketing itu ? Direct Marketing  atau dikenal sebagai istilah ‘ pemasaran langsung ‘ merupakan proses sistem marketing dimana organisasi atau perusahaan berkomunikasi secara langsung dengan target konsumen untuk menghasilkan respon dan transaksi. Menurut Peret Bennet salah satu ahli di bidang marketing menjelaskan bahwa

Aktifitas total dimana penjual, untuk mengefektifkan pertukaran barang dan jasa dengan pembeli, mengarahkan usaha pada target audience menggunakan satu atau lebih media (direct selling, direct mail, telemarketing, direct-action advertising, catalogue selling, cable TV selling, dll) dengan tujuan menghasilkan respons lewat telepon, surat, atau kunjungan pribadi dari pembeli potensial atau pelanggan”.

Biasanya respon yang dihasilkan dari konsumen yang ditargetkan antara lain :

  • Inquiry – respon dengan memberikan informasi yang penting guna melakukan observasi dan atau eksperimen untuk menemukan solusi terhadap sebuah masalah.
  • Dukungan – respon dalam bentuk dukungan yang diberikan oleh target konsumen terhadap produk dan layanan yang ditawarkan sebagai bentuk apresiasi.
  • Pembelian – respon dari konsumen yang berminat dengan produk yang ditawarkan dan kemudian melakukan pembelian.

Direct marketing berbeda dengan personal branding, promosi penjualan, dan public relations. Kegiatan pada direct marketing/ pemasaran langsung ini dilakukan tanpa adanya perantara sehingga akan memangkas biaya promosi dan bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Tujuan Direct Marketing

Secara umum tujuan Direct Marketing adalah upaya untuk mendapatkan informasi (hasil dari Inquiry), memenuhi target penjualan, dan mendapatkan dukungan dari pelanggan.

Keuntungan Menggunakan Strategi Pemasaran Langsung

Strategi dan penawaran spesifik untuk setiap konsumen. Dengan melakukan pemasaran langsung pengusaha bisa menemukan cara penawaran produk yang spesifik bagi setiap konsumen.

Mudah mengatur waktu promosi karena semuanya dilakukan secara langsung kepada konsumen.

Bisa menjangkau pembeli pada saat yang tepat. Produk yang dipasarkan bisa menjangkau pembeli atau konsumen pada waktu yang tepat.

Menjaga loyalitas konsumen akan lebih mudah. Dengan pemasaran langsung jalinan komunikasi antara pengusaha dan konsumen akan terbuka dan lebih baik.

Bentuk Pemasaran Langsung yang Umum Dilakukan

Menurut Kotler, Amstrong, Ang, Leong, Tan & Tse, ada beberapa bentuk direct marketing yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah:

Dari semua penjelasan di atas bisa disimpulkan pemasaran langsung adalah strategi pemasaran yang sangat mudah dilakukan. Dengan menggunakan pemasaran langsung barang akan lebih cepat sampai kepada konsumen dan feedback bisa didapatkan langsung oleh pengusaha.

markbro


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Hubungi Kami


Call us

081231133033


Visit us anytime

Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


Kirim Email

hai.markbro@gmail.com



About us

Markbro adalah jasa pelayanan design, video, pengelolaan Media sosial dan pembuatan website.


Subscribe


Sign up untuk dapatkan info dari Markbro.




    Social networks


    Facebook

    www.facebook.com/haimarkbro


    Twitter

    #Haimarkbro


    Instagram

    www.instagram.com/haimarkbro



    Hubungi kami


    Telpon Kami

    081231133033


    Kunjungi kami

    Karang Rejo sawah 2 No 29, Surabaya


    Kirim kami Email

    Hai.markbro@gmail.com



    Instagram Feed




    Subscribe


    Sign up untuk mendapatkan info dari MarkBro.




      Social networks


      Facebook

      www.facebook.com/hai.markbro


      Twitter

      #markbro


      Instagram

      www.instagram.com/haimarkbro